Pengertian Dan Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Yang Penting Untuk Diketahui

Inilah pengertian dan ciri-ciri hutan hujan tropis yang dilengkapi dengan manfaatnya – Keberadaan hutan sangatlah penting sekali bagi kehidupan semua makhluk hidup di bumi, karena manfaatnya sangat besar. Banyak sekali jenis hutan di bumi ini mulai dari Hutan bakau, hutan sabana, hutan rawa, hutan musim, dan hutan hujan tropis. Pada kesempatan kali ini kita akan memahami bersama-sama apa itu hutan hujan tropis, lebih lengkapnya silahkan baca dibawah ini.

A. Apa yang dimaksud hutan hujan tropis?

Pengertian Hutan Hujan Tropis adalah ekosistem besar yang berupa hutan keadaannya selalu lembab, yang letaknya kurang lebih antara lintang 0°-10° ke utara dan selatan garis katulistiwa. Hutan hujan tropis (Dalam bahasa Inggris: Tropical Rainforest) umumnya dapat ditemui di benua Asia, Australia, Amerika bagian Selatan, Amerikan bagian Tengah, Negara Meksiko, Kepulauan Pasifik, dan Benua Afrika. Hutan hujan tropis merupakan hutan yang sangat penting terutama sebagai tempat hidup setengah spesies hewan dan tumbuhan di seluruh dunia, dan hampir seperempat tumbuhan obat herbal modern terdapat di hutan hujan tropis oleh karena itu sering dijuluki sebagai “Farmasi Terbesar Dunia”.

Hutan hujan tropis terdapat pada area beriklim tropis dan mempunyai curah hujan tahunan antara 200-400 cm, dengan temperatur suhu 25-32 derajat celcius, sedangkan untuk temperatur saat malam hari jarang turun melebihi 5 derajat celcius dari temperatur suhu saat siang hari. Umumnya kelembaban yang dimilikinya jarang turun hingga dibawah 80 persen. Sehingga kondisi iklim tersebut sangat mendukung untuk kehidupan keanekaragaman hayati. Ciri-ciri hutan hujan tropis yang utama yaitu banyaknya pepohonan yang tinggi, berdaun lebar, dan warnanya hijau.

ciri-ciri hutan hujan tropis

Sumber gambar: www.nasa.gov

Tingkat keanekaragaman hayati di hutan hujan tropis sangatlah tinggi, banyak jenis spesies tumbuhhan yang belum diketahui didalamnya. Penebangan pohon dilakukan secara liar/sembarangan yang dilakukan oleh “Manusia” akan menyebabkan pertumbuhan tanaman dan kehidupan hewan di hutan hujan tropis akan terganggu, sehingga tanaman dan tanah tidak mampu lagi menyerap air dan akibatnya jika turun hujan akan terjadi banjir maupun longsor. Penebangan secara liar juga akan mempengaruhi iklim global, sehingga iklim menjadi tidak stabil dan mengakibatkan pemanasan global (global warming). Oleh karena itu kita sebagai Manusia harus menjaga dan berupaya untuk melestarikan hutan hujan tropis, karena sangat penting untuk kehidupan di bumi. (Baca Juga: Pengertian Global Warming Serta Faktor, Akibat Dan Cara Mengatasinya).

B. Ciri-Ciri hutan hujan tropis

Setelah mengetahui pengertian hutan hujan tropis, maka pahami juga ciri-ciri hutan hujan tropis secara umum, diantaranya:

a. Terdapat banyak Pohon Tinggi, Berdaun Lebat, dan Berwarna Hijau

Ciri utama yang dimiliki hutan hujan tropis dalah memiliki pepohonan yang tinggi, daunnya lebat dan berwarna hijau. Efek dari cahaya matahari yang terjadi sepanjang tahun dan tanah yang subur dapat membuat pepohonannya tumbuh secara baik sehingga memiliki batang yang tinggi, berdaun lebat dan hijau. Rata-rata tinggi pohonnya kurang lebih 40 meter dan diameternya cukup besar.

b. Vegetasi Tanaman Yang Berlapis

Maksudnya di hutan hujan tropis sulit menemukan celah kosong antara lantai hutan dan pepohohon. Karena di dalamnya terdapat juga jenis tanaman dengan ketinggian yang beragam. Terdapat tingkatan dari A sampai E. Dimana pada tingkatan A terdiri dari pepohonan yang memiliki tinggi kurang lebih 40 meter. pada tingkat B terdapat pepohonan yang bercabang banyak dan saling bersinggungan kentinggian kurang lebih 20 meter. Pada tingkat C tersusun tanaman pohon yang rapat memiliki ketinnggian antara 4 sampai 20 meter. Pada tingkat D terdiri dari anak pohon yang memiliki ketinggian kurang lebih 4 meter, dan pada tingkat E merupakan lapisan yang menutupi lantai hutan hujan tropis seperti lumut, jamur, dan lain-lain.

c. Kelembapan Udara Sangat Tinggi

Kelembapan udaranya sangat tinggi, hal tersebut disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi sepanjang tahun, karena banyaknya air dari pdedaunan yang menguap ke atmosfer. Di hutan hujan tropis umumnya musim kemarau hanya terjadi beberapa bulan saja, karena curah hujan yang tinggi sehingga tanahnya menyimpan banyak cadangan air.

d. Sinar Matahari sulit Menjangkau Dasar Hutan

Karena struktur hutan yang berlapis, maka sulit sekali bagi sinar matahari untuk sampai ke lantai hutan. Oleh karena itu lantai hutan hujan tropis selalu di tumbuhi lumut, jamur, dll. karena kelembaban hutan sangat tinggi.

e. Selalu Terdapat Genangan Air

Pada bagian lantai atau dasar hutan sealu terdapat genangan air, hal tersebut disebabkan tingginya curah hujan yang selalu terjadi sepanjang tahun sehingga membasahi hutan hingga ke lantainya.

f. Regenerasi Cukup Cepat

Hutan hujan tropis memiliki daya regenerasi yang tinggi/cepat jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh Alam. Seperti jika terdapat pohon yang tumbang karena kejadian Alam makan sinar matahari yang sebelumnya tidak bisa mencapai lantai hutan maka akan mencapai lantai hutan dan menyebabkan tumbuhnya semak-semak dan anak pohon baru yang menjadi cikal-bakal pohon tinggi seperti sebelumnya.

TAPI jika kerusakannya cukup besar terutama disebabkan penebangan secara liar yang dilakukan oleh MANUSIA maka regenerasi hutan hujan tropis akan sangat sulit bahkan bisa terhenti. Maka oleh karena itu mari kita hentikan dan jangan melakukan penebangan liar terhadap pohon-pohon di hutan hujan tropis. Jagalah hutan supaya tetap lestari jadi keseimbangan ekosistem, iklim, dll. tetap terjaga. (Baca Juga: Pengertian Reboisasi Dan Manfaatnya).

C. Manfaat Hutan Hujan Tropis

Berikut ini beberapa manfaat hutan hujan tropis yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

a. Sebagai penyeimbang ekosistem

Manfaat yang pertama dari hutan hujan tropis adalah sebagai penyeimbang ekosistem di bumi. Jika hutan hujan tropis dijaga kelestariannya maka hewan dan tumbuhan akan slalu terjaga juga dengan baik, karena di sana merupakan ekosistem yang baik tempat mereka hidup. Hal tersebut menjadikan hutan hujan tropis berguna untuk menjaga keseimbangan ekosistem di dunia. (Baca Juga: Pengertian Keanekaragaman Hayati: Contoh, Tingkat, Manfaat, dan Upaya Pelestariannya Paling Lengkap).

b. Sebagai tempat tinggal hewan liar

Hutan hujan tropis dapa berguna sebagai tempat tinggal sekaligus sebagai tempat berlindung hewan-hewan liar yang hidup di sekitarnya. Para hewan tersebut dapat tinggal dan bertahan hidup karena hutan hujan tropis dapat menyediakan segala kebutuhannya, sepeeti makanan, minuman, dan tempat berlindung.

c. Penghasil Oksigen

Di hutan hujan tropis banyak tumbuh tumbuhan hijau yang dapat melakukan fotosintesis untuk menghasilkan oksigen dalam jumlah besar yang berguna untuk kehidupan di bumi. Perlu di ketahui sebagain besar penghasil oksigen di bumi adalah hutan hujan tropis, karena banyaknya ragam atau jenis pepohonan disana. Dengan begitu iklim dan udara di bumi juga dapat stabil sehingga tidak terjadi pemanasan global.

d. Sebagai daerah resapan air dan menjaga siklus air

Karena terdapat banyak pepohonan sehingga tempatnya menjadi subur, tentunya baik untuk daerah resapan air, dan siklus air tetap terjaga. Hutan hujan tropis memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga daerahnya tidak mengalami kekeringan saat musim kemarau.

e. Mencegah bencana banjir dan longsor

Hutan hujan tropis dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor, karena mampu menjadi daerah resapan air yang baik, dan tetap menjaga kontur tanah. Dengan menjaga hutan hujan tropis tetap lestari maka resiko timbulnya bencana alam dapat terhindarkan.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan ciri-ciri hutan hujan tropis yang dapat kamu ketahui. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan jika ada kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Dan Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Yang Penting Untuk Diketahui"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang
Keseimbangan Lingkungan dilengkapi: Pengertian, Suksesi, dan Segala Upaya Pelestariannya
Berikut pengertian keseimbangan lingkungan dilengkapi dengan pengertian,