Ekosistem Buatan dilengkapi Pengertian, Ciri, Contoh, dan Manfaat Yang Didapatkan

Mempelajari pengertian ekosistem buatan dilengkapi juga ciri-ciri, contoh dan manfaatnya. Berbagai jenis ekosistem yang dapat kita temui di bumi ini misalnya ekosistem hutan, sungai, rawa, danau, laut hingga gurun. Tapi secara umum jenis ekosistem dibagi kedalam dua bagian yaitu ekosistem alami dan buatan. Untuk memahami yang buatan mari kita baca penjelasannya di bawah ini.

A. Apa itu Ekosistem Yang Dibuat Oleh Manusia?

Secara umum ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara organisme hidup dan lingkungan tempat tinggalnya. Lalu pengertian Ekosistem Buatan adalah suatu ekosistem yang dibuat oleh manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Biasanya komponen yang terdapat didalamnya hasil bawaan dari luar, yang disusun sedemikian rupa oleh manusia, sehingga keanekaragamannya rendah atau terbatas, jadi intinya ekosistem ini terbentuk karena campur tangan manusia.

B. Ciri-Ciri Ekosistem Buatan Secara Umum

Cirinya yaitu memanfaatkan keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang dilakukan oleh manusia yang tidak langsung di ambil dari alam, tapi di pelihara atau di budidayakan terlebih dahulu sehingga sebelum di ambil manfaatnya. Ciri lainnya seperti membudidayakan hewan dan tumbuhan untuk kebutuhan sandang, pangan dan papan. Membuat ekosistem sebagai sarana untuk hiburan dan media pembelajaran, dan upaya untuk melestararikan hewan maupun tumbuhan.

C. Contoh Ekosistem Buatan Di sekitar Kita

Adapun beberapa contoh ekosistem buatan yang ada disekitar kita, misalnya:

a. Bendungan / Waduk

Bendungan (Danau Buatan) merupakan sumber air yang dibuat oleh manusia, tentunya di sekitar bendungan dapat ditanami berbagai jenis pohon supaya bendungan tersebut lestari dan airnya tetap bersih. Baik itu di air dan hutan sekitarnya dapat hidup berbagai jenis hewan. Bendungan juga sering di jadikan sarana hiburan oleh masyarakat, lalu energi yang dihasilkan airnya dijadikan pembangkit tenaga listrik, dan sering dijadikan sebagai sumber air irigrasi untuk pertanian. Baca Juga: Pengertian danau, jenisnya, dan manfaatnya.

ekosistem buatan

sumber gambar: pxhere.com

b. Hutan Tanaman Produksi

Hutan disini maksudnya hutan yang sengaja dibuat dan ditanami oleh manusia untuk tujuannya. Biasanya terdapat lahan kosong yang sangat luas, lalu ditanami berbagai jenis pohon seperti pohon pinus, jati, dan jengjeng, sehingga kayu dari pohon tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan papan / membuat rumah sepeti bagian kusen, pintu, dll.

c. Sawah

Saat ini sawah merupakan ekosistem yang mudah untuk ditemukan. Sawah dibuat oleh manusia untuk kebutuhannya, yaitu dengan menanam tanaman padi yang hasilnya sangat bermanfaat untuk makanan pokok. Selain terdapat tumbuhan padi di sawah juga dapat hidup berbagai jenis binatang terutama ikan-ikan kecil, belut, serangga, dll.

d. Perkebunan teh

Selain sawah, perkebunan teh merupakan jenis ekosistem yang dibuatan oleh manusia yang dapat kita temui dengan mudah. Manusia membuat perkebunan teh bertujuan untuk memanfaatkan daun teh, yang selanjutnya diolah  menjadi minuman yang khas. Tentunya di dalam perkebunan teh terdapat berbagai macam hewan juga mulai dari serangga, burung, ular, kelinci liar, musang, dll.

e. Aquarium

Ekosistem ini mudah kita temui dimana saja, manusia membuat aquarium untuk memelihara ikan hias dan sebagai hiasan rumah. Manusia sering mempercayai jika di dalam rumah ada aquarium maka suasana rumah akan terasa tenang, terutama hati.

f. Kolam Ikan

Ekosistem Kolam ikan di buat oleh manusia dengan tujuan untuk membudidayakan ikan yang hasilnya dapat di jual dan dikonsusmsi. Berbagai jenis ikan air tawar yang sering di budidayakan yaitu ikan nilai, ikan mas, ikan gurame, dan ikan lele. Baca Juga: Pengertian Budidaya, Manfaatnya Dan Contohnya.

D. Manfaat Ekosistem Buatan

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan, misalnya:

a. Memenuhi kebutuhan manusia

Manfaat yang paling utama tentunya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya manusia membuat bendungan yang bermanfaat sebagai sumber air, lalu manuisa membuat tambak yang berguna untuk membudidayakan berbagai jenis ikan dan udang. Adapun manusia yang membuat hutan buatan yang ditanami dengan pohon jati, jengjeng, pinus dll, yang dimana hasilnya berguna sebagai kebutuhan papan. Lalu manusia yang membuat sawah untuk menanam padi yang hasilnya berguna sebagai makanan pokok.

b. Sebagai tempat rekreasi

Manfaat selanjutnya berguna sebagai sarana rekreasi / tempat wisata, seperti bendungan / danau buatan yang sering dijadikan sarana wisata air dan memancing. Adapun seperti kebun bunga yang dijadikan sebagai sarana rekreasi juga terutama berfoto.

c. Sebagai hiasan

Bisa dijadikan sebagai hiasan misalnya aquarium dan aquaspace. Bedanya aquarium dengan aquaspace yaitu jika aquarium didalamnya didominasi oleh ikan-ikan hias, maka aquaspace di dominasi oleh tumbuh-tumbuhan air yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk seperti hutan di dalam air. Aquaspace disebut juga sebagai seni mengatur dan menanam tanaman air. Di dalam aquaspace juga biasanya terdapat ikan-ikan kecil yang dijadikan sebagai pelengkap tanaman.

Itulah tuliasan tentang pengertian ekosistem buatan, semoga dapat bermanfaat dan dapat kamu pahami. Jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Ekosistem Buatan dilengkapi Pengertian, Ciri, Contoh, dan Manfaat Yang Didapatkan"

Tanah Aluvial dilengkapi Pengertian, Ciri, Pemanfaatan, dan Persebarannya Yang Diketahui
Memahami pengertian tanah aluvial dilengkapi dengan ciri-cirinya,
Contoh Resensi Novel: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Format Penulisannya Terlengkap
Berikut contoh resensi novel dilengkapi dengan pengertian,
Pengertian Geopolitik: Konsep, Peranan, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian geopolitik dilengkapi dengan konsep, peranan,