Pengertian Pencemaran Air, Sumber, Komponen, Dampak dan Cara Menanggulanginya

Ketahuilah pengertian pencemaran air, sumber, komponen, dampak dan cara untuk menanggulanginya – Air merupakan sesuatu yang sangat penting sekali bagi semua makhluk hidup di bumi ini. Air berguna untuk di konsumsi dan aktivitas sehari-hari manusia. Tapi sering sekali kegiatan yang dilakukan oleh manusia dapat menimbulkan pencemaran air, sehingga air tidak dapat di layak digunakan. Pencemaran air dapat menimbulkan banyak kerugian bagi semua makhluk hidup, oleh sebahb itu maka jaga kelestarian air sebagi sumber kehidupan.

A. Pengertian Pencemaran Air

Yang dimaksud dengan pencemaran air adalah berubahnya suatu tempat penampungan air seperti sungai, danau, laut, dan lain-lain sehingga air tersebut menjadi tidak layak digunakan. Penyemabnya yaitu masuknya berbagai macam zat atau komponen yang berbahaya ke tempat penampungan air tersebut, zat tersebut umumnya berasal dari aktivitas yang dilakukan manusia.

B. Sumber Pencemaran Air

Beberapa sumber yang menjadi penyebab pencemaran air dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari, misalnya:

a. Kegiatan rumah tangga

Kegiatan rumah tangga bisa bermacam macam misalnya seperti mencuci, memasak dan tentunya dari kegiatan tersebut selalu menghasilkan limbah. Seperti mencuci dimana air bekasnya jika dibuang secra sembarangan dapat menyebabkan pencemaran air, atau membuang sampah sembarangan ke sungai akan menyebabkan pencemaran juga.

b. Kegiatan Industri

Baik itu industri kecil atau besar selalu menghasilkan limbah dalam berbgai macam bentuk, misalnya seperti limbah asap, cairan, dan padat jika dibuang secara sembarangan ke perairan maka akan mengakibatkan pencemaran air.

Sumber gambar: www.bbc.com – Limbah plastik mencemari air laut dan mengancam kehidupan biota laut.

c. Kegiatan Pertanian dan Peternakan

Misalnya seperti penggunaan pestisida, penggunaan pupuk kimia, dan pupuk kotoran hewan secara sembarangan dan berlebihan maka akan menakibatkan pencemaran air.

d. Kegiatan Dari Fasilitas Umum

Seperti kegiatan di rumah sakit yang tentunya akan menghasilkan limbah seperti cairan lab, air bekas pencucian peralatan operasi, hal seperti itu tentunya jika di buang sembarangan dan tidak di tangani secara tepat dapat mencemari air.

e. Kegiatan Perdagangan

Seperti pada bengkel yang menghasilkan limbah berupa oli bekas, atau di pasar-pasar yang menghasilkan berbagai limbah seperti berupa libah sayuran, buah-buhan yang busuk jika tidak di tangani secara tepat dan di buang sembarangan dapat mencemari air.

f. Kegiatan Pertambangan

Kegiatan pertambangan dapat menghasilkan limbah berupa limbah cair dari proses produksi yang dilakukan seperti lumpur bor, dan emulsi minyak maupun logam atau di kenal dengan merkuri.

Baca Juga: Pengertian Polusi Udara Atau Pencemaran Udara Secara Jelas

C. Komponen Pencemaran Air

Setelah mengatauhi pengertian pencemaran air dan sumbernya, maka berikut ini beberapa komponen pencemaran air:

a. Limbah Padat

Misalnya seperti sampah plastik yang di buang sembarangan ke perairan akan menyebabkan pencemaran air. Limbah padat yang di buang tentunya akan mengendap di dalam air, dan akan mengganggu organisme perairan. Endapan limbah padat juga akan menyebabkan air menjadi keruh.

b. Limbah Organik dan Limbah Olahan Makanan

Bahan yang mudah membusuk seperti olahan makanan, sayuran, buah-buahan, bangkai hewan yang di buang ke perairan akan meningkatkan jumlah mikroorganisme di per airan tersebut, hal tersebut tentunya akan menimbulkan bau tidak sedap yang menyengat, dan perairan akan tercemar serta mengganggu organisme air.

c. Zat kimia

Berikut ini beberapa zat kimia yang dapat mencemari perairan misalnya:

Air sabun detrgen, dan bahan pembersih lainnya yang habis digunakan lalu di buang sembarangan.

Pembasmi hama / Insektisida yang digunakan secara sembarangan atau berlebihan, bekas pengguaannya akan mengalir melalui air sawah, air di kebun yang menuju ke sungai sehingga sungai menjadi tercemar.

Zat pewarna kimia misalnya seperti zat pewarna tekstil, tentunya zat pewarna kimia ini sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup jika sampai terkonsumsi. Limbah zat pewarna yang digunakan untuk industri tekstil sangat berbahaya jika dibuang ke perairan, dan takan mengakibatkan pencemaran air serta banyak organisme air yang mati.

D. Dampak Pencemaran Air

Banyak sekali dampak pencemaran air, misalnya seperti dapat meracuni air minum, meracuni sumber makanan makhluk hidup, menyebabkan ekosistem menjadi tidak seimbang, rusaknya hutan dan lingkungan. Adapun beberapa dampak lainnya:

a. Dapak pada kehidupan biota air

Akibat dari pencemaran air kadar oksigen yang terlarut dalam air akan menurun sehingga perkembangan biota air akan terganggu dan bisa saja mati. Karena perairan yang menjadi tempat tinggal bota air maka jika tercemar maka banyak biota air yang akan teracuni dan mati.

b. Dampak terhadap kualitas air tanah

Dampak pencemaran air juga akan berakibat pada kualitas air dalam tanah, misalnya yang di sebabkan oleh pencemaran air tinja, sehingga kualitas air tanah menurun dan tidak layak untuk di konsumsi.

c. Dampak bagi kesehatan

Air yang tercemar tentunya tidak baik untuk kesehatan. Air yang tercemar dapat menjadi sarang penyakit, misalnya akibat air bersih yang tersedia kurang cukup manusia menjadi sulit untuk membersihkan diri, tentunya akan mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit misalnya penyakit yang timbul pada kulit.

d. Dampak terhadap estetika lingkungan

Seperti semakin banyak zat organik yang di buang ke lingkungan perairan makan perairan tersebut akan tercemar, biasanya di tandai dengan banyaknya tumpukan sampah dan bau tidak sedap yang menyengat, lalu libah bekas industri yang di buang ke perairan, sehingga warna air akan brubah dan baunya menyangat, tentunya hal seperti itu akan mengurangi estetika lingkungan.

Baca Juga: Pengertian Limbah Organik Dan Contohnya Serta Prinsip Pengolahannya

E. Cara menanggulangi pencemaran air

Berikut ini beberapa cara menanggulangi pencemaran air, diantaranya:

  • Tidak membuang limbah ke sumber air, seperti sungai, danau, dan laut.
  • Tanam pohon di daerah yang menjadi sumber air.
  • Bijaksana-lah dalam menggunakan air.
  • Kelola sampah atau limbah dengan baik.
  • Kurangi penggunaan barang yang sulit terurai.
  • Kurangi penggunaan bahan yang mengandung zat kimia, yang dapat mencemari air.
  • Melakukan filtrasi terhadap air yang tercemar.

Itulah pembahasan tentang pengertian pencemaran air, yang dilengkapi dengan sumber, komponen, dampak dan cara menanggulanginya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat jika ada kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terumakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Pencemaran Air, Sumber, Komponen, Dampak dan Cara Menanggulanginya"

Awan Nimbostratus dilengkapi: Pengertian, Dampak, Ciri-Ciri, dan Jenisnya
Inilah pengertian awan nimbostratus yang dilengkapi dengan