Pengertian Danau, Jenisnya, dan Manfaatnya Untuk Kehidupan

Berikut ini pengertian danau, jenisnya, dan manfaatnya untuk kehidupan – Apa kalian pernah berwisata ke danau atau bendungan? Mungkin sebutan danau untuk tempat yang berair sudah tidak asing lagi saat ini. Tapi apakah kalian apa tau definisi danau yang sebenarnya? Bagaimana proses terbentuknya suatu danau? Nah… jika ingin mengetahui secara lebih lengkap baca penjelsannya di bawah ini.

A. Apakah Pengertian Danau ?

Danau adalah cekungan yang besar pada permukaan bumi dan digenangi air yang sangat banyak. Sumber air yang mengisi danau bisa berasal dari berbagai macam sumber, seperti mata air, air tanah, air hujan, dan air sungai yang bermuara ke danau tersebut. Perlu kamu ketahui juga bahwa kebanyakan danau di isi oleh air tawar.

B. Jenis-Jenis danau berdasarkan proses pembentukannya

Berikut ini jenis-jenis danau berdasarkan proses terbentuknya, diantaranya:

a. Danau Tektonik

Merupakan danau yang terbentuk dari peristiwa tektonik (gempa bumi). Akibatnya terjadi suatu patahan pada permukaan bumi, lalu ambles menjadi cekungan yang cukup besar dan cekungan tersebut terisi oleh air sehingga terbentuklah danau. Beberapa contoh danau tektonik seperti: Danau Tempe, Danau Tondano, dan danau Towuti di Sulawesi, ada juga Danau Singkarak, danau Maninjau, dan Danau Takengon di Sumatera.

b. Danau Vulkanik

Merupakan danau yang umumnya terdapat pada kawah bekas letusan gunung berapi, saat gunung merapi meletus batuan yang menutupi kawasan gunung berapi akan rontok dan meninggalkan bekas speri lubang / cekungan. Saat terjadi hujan lubang tersebut akan terisi oleh air sehingga membentuk danau. Beberapa contoh danau vulkanik seperti: Danau Kelimutu di Flores, Kawah Bromo, Danau Gunung Lamongan di Jawa Timur. Ada juga Danau Batur di Bali, danau Kerinci di Sumatera Barat.

pengertian danau

Danau Toba – Sumber gambar: maritim.go.id

c. Danau Tektono – Vulkanik

Merupakan danau yang terbentuk akibat proses gabungan antara teknonik dan vulkanik. Saat gunung berapi meletus dan menimbulkan gempa bumi maka tanah dan batuan akan patah dan amblas sehingga membentuk sebuah cekungan. Cekugan tersebut akan terisi air sehingga terbentuklah suatu danau. Contohnya seperti danau Toba di Sumatera Utara.

d. Danau Karst

Merupakan danau yang terbentuk dari adanya erosi pada batuan kapur. Sehingga bekas erosi tersebut membentuk suatu cekungan lalu terisi air dan terbentuklah danau. Contohnya seperti danau Doline, dan Uvala.

e. Danau Glasial

Merupakan danau yang terbentuk karena peristiwa erosi gletser. Es yang mencair akan mengisi cekungan yang dilewatinya sehingga membentuk suatu danau. Contohnya sepeti danau Michigan dan Danau Ontario.

f. Waduk atau Bendungan

Merupakan danau yang di buat oleh manusia. Umumnya danau yang dibuat oleh manusia sering disebut dengan Waduk atau Bendungan. Bendungan di buat untuk berbagai macam kepentingan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air, Sumber air untuk Irigrasi, Perikanan, dan lain-lain. Contohnya seperti: Waduk Cirata dan Jati Luhur yang terdapat di Jawa Barat.

Baca Juga: Pengertian cagar alam dan contohnya serta fungsinya

C. Manfaat Danau

Berikut ini beberapa manfaat danau yang bisa kita rasakan, diantaranya:

a. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)

Danau berfungsi sebagai pembangkit listrik, karena danau memiliki jumlah air yang besar sehingga kekuatan air yang dimilikinya dapat di ubah menjadi salah satu jenis pembangkit listrik. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi manusia yang membutuhkan energi listrik untuk aktivitasnya sehari-hari.

b. Pengendali Banjir

Danau dapat berguna sebagai pengendali banjir, karena air pada danau tidak hanya berasal dari mata air dan air tanah saja, tapi dari air hujan yang turun pada kawasan tersebut. Terdapat beberapa danau yang dibuat hanya untuk mengendalikan air hujan saja yang berpotensi menimbulkan banjir pada suatu kawasan. Sehingga danau serguna sebagai penampung dan resapan air hujan. Sehingga bencana banjir dapat di cegah dan di kurangi.

c. Sumber air untuk Irigasi

Fungsi dari danau selanjutnya yaitu sebagai sumber air irigasi, sehingga kebutuhan air pada irigasi dapat terpenuhi untuk pengairan area pertanian. Dengan begitu area pertania tidak akan kekurangan air untuk memenuhi kebutuhan bebagai jenis tanaman, sehingga pertanian menjadi subur dan bisa menghasilkan.

d. Perikanan

Fungsi danau selanjutnya yaitu untuk perikanan. Karena Danau berisi air tawar, maka berguna juga untuk membudidayakan berbagai jenis ikan-ikan air tawar. Banyak orang yang berusaha membudidayakan ikan air tawar di danau, dengan begitu ikan tersebut mudah untuk di pelihara, terutama dari segi makanannya yang sebagian langsung tersedia dari alam. Hasilnya dari perikanan tersebut bisa di jual untuk di konsumsi oleh masyarakat dengan begitu perekonomian juga semakin meningkat.

e. Rekreasi / Karyawisata

Danau dapat menjadi tempat untuk destinasi wisata yang terjangkau oleh semua kalangan masyarakat, umumnya danau memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk karena dikellingi oleh banyak pohon.

f. Sumber air bersih

Danau yang terjaga kelestariannya, maka airnya akan selalu bersih dan tentunya air bersih sangat bermanfaat bagi semua makhluk hidup terutama manusia untuk kebutuhannya sehari-hari.

D. Cara Menjaga Kelestarian Danau

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kelestarian danau, diantaranya:

  • Menjaga kelestarian hutan di bagian hulu danau/ sumber air yang mengarah ke danau.
  • Membuat sabuk hijau di sekitar tebing danau atau waduk (menanami pinggir danau dengan tumbuhan / pepohonan).
  • Jangan membuang sampah atau limbah ke danau.
  • Mengadakan konsrvasi tanah di atas waduk.

Baca Juga: Pengertian sumber daya alam, jenisnya, contohnya, dan pemanfaatannya

E. Kesimpulan Pembahasan

Dari pembahasan di atas maka dapat di simplkan bahwa pengertian danau adalah cekungan yang besar pada permukaan bumi dan digenangi air yang sangat banyak.

Jenis-jenis danau berdasarkan terbentuknya:

  • Danau tektonik, yaitu danau yang terbentuk dari peristiwa tektonik (gempa bumi).
  • Danau vulkanik, yaitu danau yang umumnya terdapat pada kawah bekas letusan gunung berapi.
  • Danau Tektono-Vulkanik, yaitu danau yang terbentuk akibat proses gabungan antara teknonik dan vulkanik.
  • Danau Karst yaitu danau yang terbentuk dari adanya erosi pada batuan kapur.
  • Danau Glasial, yaitu danau yang terbentuk karena peristiwa erosi gletser.
  • Waduk atau Bendungan, yaitu danau yang di buat oleh manusia, umumnya danu yang dibuat oleh manusia.

Manfaat danau diantaranya:

  • Untuk PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
  • Pengendalian Banjir.
  • Sumber air untuk Irigasi.
  • Rekreasi.
  • Sumber air bersih.

Itulah pembahasan mengenai definisi danau, beserta jenisnya dan manfaatnya untuk kehidupan, sekian pembahasan kali ini jika ada kesalahan mohon maaf.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Danau, Jenisnya, dan Manfaatnya Untuk Kehidupan"

Pengertian NPWP Beserta Fungsi dan Cara Membuatnya Lengkap
Hampir semua orang sudah pernah mendengar istilah
Pengertian PPN beserta: Kategori Barang Mewah dan Cara Menghitung Pajaknya
Bagi sebagian besar warga Indonesia harus mengetahui
Awan Cumulus dilengkapi: Pengertian, Ciri, Proses Terbentuk, dan Jenisnya
Berikut ini pengertian awan cumulus yang dilengkapi