Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, dan Tujuannya Secara Umum

Berikut pengertian psikologi pendidikan secara umum, ruang lingkupnya, dan tujuan atau manfaatnya. Apa kalian pernah mendengar istilah atau kata Psikologi? Kata ini selalu dihubung-hubungkan dengan kejiwaan seseorang. Saat ini ilmu psikologi sudah banyak di pelajari terutama perguruan tinggi. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan atau membahas secar singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Psikologi Pendidikan, yang dimana penjelasannya dapat kamu baca dibawah ini.

A. Pengertian Psikologi Pendidikan

Kata Psikologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Psychology” merupakan gabungan dari kata “Psyche” artinya Jiwa dan “Logos” artinya Ilmu. Jika diartikan secara harfiah Psikologi yaitu Ilmu Kejiwaan. Psikologi sendiri sering dihubungkan dengan kehidupan manusia, seperti manusia cara mereka melakukan sesuatu, memahami bagai mana manusia berfikir dan berperasaan serta hubungannya dengan lingkungannya.

Beberapa ilmuan ada juga yang mengartikan Psikologi sebagai suatu ilmu yang membahas tingkah laku terbuka maupun tertutup dari manusia, baik itu secara individu atau kelompok dan hubungan dengan lingkungannya.

Sedangkan pendidikan dapat diartikan sebagai pembelajaran mengenai pengetahuan dan terampilan untuk mengembangkan potensi diri.

Dari penjelasan diatas kikira-kira definisi Psikologi pendidikan adalah studi, latihan, dan bimbingan secara sistematis terhadap proses dan berbagai macam faktor yang berkaitan dengan ilmu kejiwaan.

Baca Juga: Pengertian Karakter Dan Pendidikan Karakter Secara Umum

pengertian psikologi pendidikan secara umum

Sumber gambar: pxhere.com

B. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Pada dasarnya ruang lingkup dari psikologi pendidikan yaitu mempelajari semua tingkah laku manusia yang terlibat dalam suatu proses pendidikan. Manusia yang yang terlbat dalam proses pendidikan tersebut yaitu pengejar/guru dan murid. Maka dalam psikologi pendidikan yang dibahas yaitu tingkah laku murid yang berkaitan dengan proses belajar dan juga tingkah laku proses pembelajaran.

Tapi Jika bertanya ruang lingkup psikologi pendidikan yang lebih mendalam lagi, maksudnya bertanya tentang apa saja yang dibicarakn oleh psikologi pendidikan, maka berdasarkan beberapa buku yang membahas tentang psikologi pendidikan akan didapatkan jawaban yang berbeda-beda. Sebagian buku menunjukan ruang lingkup yang luas, sedangkan ada juga buku yang menunjukkan ruang lingkup yang lebih sempit.

Maksud dari ruanglingkup psikologi pendidikan yaitu tentang apa saja yang dibahas oleh psikologi pendidikan. Terdapat ruang lingkup yang luas biasanya membahas selain proses belajar, tapi membahas juga tentang perkembangan, lingkungan, kesehatan mental, evaluasi belajar, dll. Sedangkan ruang lingkup yang sempit biasanya hanya melakukan pembahasan pada proses belajar mengajar saja. Tapi secara umum biasanya psikologi pendidikan selalu melakukan pembahasan seperti:

  1.  Hereditas & Lingkungan.
  2. Pertumbuhan & Perkembangan.
  3. Potensi & Karakteristik tingkah laku murid.
  4. Hasil dari proses pendidikan, dan apa pengaruhnya terhadap setiap individu.
  5. Higiene Mental & Pendidikan.
  6. Menevaluasi Hasil dari Pendidikan.

Adapun beberapa ruang lingkup psikologi pendidikan yang lebih lengkap, seperti:

  1. Pengeahuan ruang lingkup, tujuan mempelajarinya, dan sejarah psikologi pendidikan.
  2. Lingkungan fisik & psikologis.
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses belajar.
  4. Perkembangan dari murid.
  5. Proses tingkah laku individu.
  6. Hakekat & ruang lingkup belajar.
  7. Hukum & teori-teori belajar.
  8. Pengukuran pendidikan.
  9. Aspek praktis pengukuran pendidikan.
  10. Transfer belajar.
  11. Ilmu statistik dasar.
  12. Kesehatan mental setiap individu.
  13. Pendidikan dalam membentuk kepribadian individu.
  14. Kurikulum pendidikan sekolah, dll.

C. Tujuan dan manfaat Psikologi Pendidikan

  1. Untuk memahami perbedaan para murid, maksudnya setiap individu dilahirkan dengan potensi yang berbeda-beda. Jadi seorang pengajar harus dapat memahami keanekaragaman antara murod yang satu dengan yang lainnya, seperti perbedaan tingkat pertumbuhan, perkembangan maupun masing-masing potensi yang dimiliki setiap murid.
  2. Untuk membantu para pengajar supaya menjadi lebih bijaksana dalam membimbing muridnya dalam hubungannya dengan proses belajar.
  3. Supaya para pengajar memiliki pengetahuan dasar-dasar yang lebih luas dalam hal mendidik murid maupun dalam bidang keahliannya, sehingga murid yang di didik dapat semakin baik dalam proses belajarnya.
  4. Supaya para pengajar dapat menciptakan suatu sistem dalam pendidikan yang lebih efektif maupun efesien dengan cara mempelajari dan menganalisis tingkah laku murid dalam proses belajar. Untuk meningkatkan iklim belajar mengajar yang lebih kondusif, dengan mempelakari psikologi pendidikan maka seorang pengajar dapat berusaha menciptakan iklim maupun kondisi pembelajaran yang lebih kondusif, sehingga belajar mengajar lebih efektif dan efesien.
  5. Untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Dengan mempelajari psikologi pendidikan tentunya di harapkan seorang pendidik dapat memberikan penilaian maupun evaluasi secara adil sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap masing-masing murid, tanpa membeda-bedakan antara satu sama lain.

Baca Juga:  Pengertian Manajemen Pendidikan Dan Fungsinya Serta Ruang Lingkupnya.

D. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa yang pengertian psikologi pendidikan yaitu suatu ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi di dalam pendidikan.

Pada dasarnya ruang lingkup dari psikologi pendidikan yaitu mempelajari semua tingkah laku manusia yang terlibad dalam suatu proses pendidikan. Manusia yang yang terlbat dalam proses pendidikan tersebut yaitu pengejar/guru, dan murid. Maka dalam psikologi pendidikan yang dibahas yaitu tingkah laku murid yang berkaitan dengan proses belajar maupun tingkah laku proses pembelajaran.

Tujuan dan manfaat dari psikologi pendidikan, seperti:

  1. Pengajar mampu memahami masalah anak didik dan sebab-sebab timbulnya masalah tersebut.
  2. Memahami perbedaan para murid, maksudnya setiap individu dilahirkan dengan potensi yang berbeda-beda.
  3. Membantu para pengajar supaya menjadi lebih bijaksana dalam membimbing muridnya.
  4. Supaya para pengajar dapat menciptakan suatu sistem dalam pendidikan yang lebih efektif dan efesien.
  5. Untuk mengevaluasi hasil pembelajaran.

Itulah tulisan singkat yang membahas tentang pengertian psikologi pendidikan, yang dilengkapi juga dengan runglingkup, tujuan atau manfaatnya. Semoga Tulisan ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan mohon di maafkan cukup sekian dan terimakasih

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, dan Tujuannya Secara Umum"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang
Keseimbangan Lingkungan dilengkapi: Pengertian, Suksesi, dan Segala Upaya Pelestariannya
Berikut pengertian keseimbangan lingkungan dilengkapi dengan pengertian,