Pengertian Apresiasi Seni, Tahapan, Fungsi, dan Manfaatnya Secara Umum

Pengertian apresiasi seni, tahapan, fungsi, dan manfaatnya secara umum. Pernahkah kita melihat suatu karya seni, lalu menghayatinya dan memberikan penilaian yang pantas? Kegiatan tersebut dapat didrbut dengan apresiasi seni. Jika kalian ingin membacanya dan memahaminya secara lebih lengkap berikut dibawah ini penjelasannya.

A. Apa Yang Dimaksud Apresiasi Seni

Kata “Apresiasi” berasal dari bahasa Latin yaitu “Appretiatus” yang dapat diartikan Mengerti dan menyadari sepenuhnya lalu dapat menilai sesuatu dengan semestinya. Jika di hubungkan dengan suatu karya seni maka memiliki arti mengerti dan menyadari hasil suatu karya seni sehingga peka terhadap nilai keindahannya, mampu menikmatinya, dan dapat memberikan nilai yang pantas terhadap karya seni tersebut.

Dari penjelasan di atas maka Pengertian apresiasi seni adalah proses dalam menghayati suatu karya seni dan memberikan penilaian atau penghargaan yang pantas pada karya seni tersebut. Atau apresiasi seni yaitu suatu proses kegiatan yang merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai keindahan dari suatu karya seni. Kegiatan pada apresiasi seni yaitu dengan cara melakukan pengamatan, lalu memahami dan menulai dengan memberikan suatu penghormatan, kriti dan juga evaluasi. Tujuan umum dalam melakukan apresiasi karya seni yaitu untuk memberikan suatu pengetahuan kepada orang lain mengenai tujuan dari karya seni tersebut di buat, dan supaya orang lain dapat menanggapi, menghayati dalam menilai suatu karya seni.

Baca Juga: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Prinsip, dan Jenis atau Cabangnya Terlengkap.

B. Tahapan-tahapan apresiasi seni

Setelah membaca pengertian apresiasi seni, berikut ini tahapan-tahapan apresiasi seni diantaranya:

a. Persepsi

Pada tahapan Persepsi maka akan mengenali berbagai bentuk karya seni yang akan di apresiasi, banyak sekali bentuk karya seni seperti seni tarian, seni rupa, seni musik, dan seni teater (teater tradisional ataupun modern). Pada tahapan ini maka akan meningkatkan kemampuan dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dari karya seni.

b. Pengetahuan

Pada tahap pengetahuan maka akan diketahui dasar-dasar dalam menapresiasi baik itu sejarah karya seni yang akan di apresiasi, maupun ilmu-ilmu yang harus digunakan untuk mengatahui karya seni tersebut secara lebih dalam.

definisi apresisi seni

Sumber gambar: pxhere.com

c. Pengertian

Pada tahap penngertian maka akan di pahami tentang suatu wujud seni yang akan di apresiasi, berdasarkan pengalaman dalam kemampuan menghayati karya seni.

d. Analisis

Pada tahapan analisis maka akan di deskripsikan suatu bentuk kaya seni yang sedang di pelajari, dan menafsirkan objek karya seni tersebut.

e. Penilaian

Pada tahapan penilaian maka akan dilakukan penilaian terhadap karya seni yang diapresiasi, penilaian tersebut dilakukan baik secara subjektif maupun secara objektif. Tentunya berdasarkan analisis yang sudah dilakukan sebelumnya.

f. Apresiasi

Tahap terakhir yaitu apresiasi, pada tahapan ini terdiri dari nilai, empati dan filing. Nilai yaitu melakukan penilaian tentang keindahan karya seni, baik itu dari fungsi maupun maknanya dalam masyarakat. Empati yaitu kegiatan untuk memahami dan menghargai karya seni. Dan Feeling yaitu menghayati, sehingga karya seni tersebut dapat di nikmati

C. Fungsi dan Manfaat Apresiasi Seni

a. Fungsi apresiasi seni

Fungsi utama dalam melakukan apresiasi terhadap suatu karya seni yaitu: 1). Untuk meningkatkan dan semakin menimbulkan rasa kecintaan terhadap karya seni, terutama karya seni bangsa sendiri dan sekaligus saling mencintai maupun menghormati sesame manusia. 2). Dan Untuk menikmati keindahan, melakukan penilaian, rasa empati,dan sebagai hiburan.

b. Manfaat apresiasi seni

  • Dapat menanamkan rasa empati terhadap keindahan seni, pengalamana yang didapatkan dari hasil mengamati karya seni akan mempengaruhi sikap dan perilaku seorang pengamat seni.
  • Dengan apresiasi seni maka pandangan masyarakat akan terbuka tentang dunia seni yang kongkrit, unik, indah dan menakjubkan.
  • Apresiasi seni bermanfaat juga bagi kesenian di Indonesia, dengan kegiatan apresiasi seni maka kesenian Indonesia akan lebih di hargai dan dikenal oleh bangsa sendiri.

Baca Juga: Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya.

D. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian apresiasi seni adalah proses dalam menghayati suatu karya seni dan memberikan penilaian atau penghargaan yang pantas pada karya seni tersebut.

Adapun tujuan utama apresiasi seni yaitu untuk memberikan suatu pengetahuan kepada orang lain mengenai tujuan dari karya seni tersebut di buat, dan supaya orang lain dapat menanggapi, menghayati dalam menilai suatu karya seni.

Berikut tahapan apresiasi seni yaitu:

  • Persepsi, yaitu tahapan yang mengenali bentuk dari karya seni yang akan di apresiasi.
  • Pengetahuan yaitu tahapan yang mengenali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan apresiasi seni dan bentuk karya seni tersebut.
  • Analisi yaitu tahapan yang mendeskripsikan atau menafsirkan bentuk karya seni tersebut.
  • Penilaian, yaitu tahapan melakukan penilaian yang pantas secara subjektif maupun objektif terhadap karya seni tersebut.
  • Dan Apresiasi, yaitu tahapan yang terdiri dari nilai, empati dan filing.

Itulah penjelasan tentang apresiasi seni secara umum yang dilengkapi juga dengan tahapan, fungsi dan manfaatnya. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dalam menambah pengetahuan kamu. Jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Apresiasi Seni, Tahapan, Fungsi, dan Manfaatnya Secara Umum"

Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya
Inilah pengertian seni patung dilengkapi dengan fungsi,
Pengertian Ilustrasi: Fungsi, Jenis, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian ilustrasi dilengkapi fungsi, jenis, dan Contohnya
Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, dan Karakteristiknya Secara Umum
Pengertian seni grafis dilengkapi dengan manfaat, jenis/macamnya,