Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contohnya

Mempelajari tentang pengertian seni rupa murni, fungsinya, serta beberapa contohnya yang ada di sekitar kita. Arti seni rupa sendiri yaitu suatu cabang seni yang diapresiasikan dengan menggunakan suatu media yang dapat ditangkap oleh mata dan juga dapat diraba, diciptakan menggunakan unsur titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan.

Jika secara umum seni rupa dibagi menjadi tiga bagian yaitu seni rupa murni, kriya, dan desain. Lalu pada kesempatan kali ini kita akan membahas bersama-sama mengenai arti seni rupa murni, silahkan simak baik-baik dibawah ini penjelasannya.

Pengertian Seni Rupa Murni

Pengertian seni rupa murni adalah suatu karya seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan segi kegunaannya, jadi hanya dinikmati keindahannya saja. Dari penjelasan tersebut maka dapat di ambil kesimpulan bahwa seni rupa murni termasuk cabang seni rupa yang hasil karyanya hanya untuk di pajang saja, fungsi seni rupa murni hanya terletak pada keindahan dan hanya sebagai pemuas batin saja, hasil karyanya tidak dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan sehari-hari manusia.

Hasil karya Seni rupa murni berguna untuk memuaskan batin, sehingga mengutamakan unsur keindahan. Diapsesiasikan dengan media, dengan konsep seperti unsur titik, garis, bidang, bentuk, warna tekstur, dan gelap-terang ditata menggunakan perinsip tertentu sehingga menciptakan suatu karya yang sangat indah dan memiliki makna, hasil karyanya bisanya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

BACA: Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, dan Contohnya

Contoh Seni Rupa Murni

Setelah memahami pengertian seni rupa murni, maka kenali juga contoh seni rupa murni yang ada di sekitar kita, diantaranya:

1. Seni Lukis

pengertian seni rupa murni
gambar: pixino

Yaitu cabang seni rupa murni, yang hasil dari karyanya berwujud dua dimensi. Seni lukis biasnya di buat dalam kertas ataupun kanvas, dengan menggunakan cat minyak atau cat lukis lainnya. Dalam seni lukis yang bergaya naturalis dibuat sesuai persis dengan objek aslinya, seperti lukisan alam, manusia, binatang, dan benda.

Sedangkan seni lukis yang bergaya ekspresionis dibuat berdasarkan ekspesi emosi dari pelukisnya. Lalu ada juga gaya lukisan abstrak dimana bentuknya tidak nyata atau samar sesuai dengan khayalan pelukisnya, sehingga hasil lukisan abstrak maksudnya susah dimengerti oleh orang awam.

2. Seni Patung

seni patung
Gambar: aroengbinang.com

Yaitu hasil karya seni rupa murni yang bentuknya tiga dimensi, bahan baku yang digunakan dalam seni patung biasanya batu dan kayu. Dalam membuat karya seni patung menggunakan teknik memahat. BACA: Pengertian Seni Patung

3. Seni Grafis

pengertian seni rupa murni
gambar: pixino

Yaitu cabang seni rupa murni yang hasil karyanya berwujud dua dimensi, seni grafis umumnya di buat dengan teknik sablon, cukul kayu, etsa, dan lito. Jadi dalam membuat karyanya menggunakan teknik tertentu. BACA: Pengertian Seni Grafis

4. Fotografi

fotografi
gambar: fotografi

Yaitu seni rupa murni yang bentuknya dua dimensi, hasil karyanya merupakan ungkapan dari seorang fotografer. Biasanya hasil dari fotografi dapat di jadikan hiasan yang dicetak dan di pajang di dinding dilengkapi dengan figura, atau bahan baku untuk media massa.

5. Topeng

seni topeng
gambar: pxhere

Yaitu karya seni rupa yang hasilnya dapat digunakan untuk menutupi wajah. Topeng biasanya digunakan untuk pertunjukan seni tapi bisa juga untuk hiasan yang di pajang pada dinding. Topeng terbuat dari kayu, kertas, plastik, kain, ataupun dari logam.

6. Seni kaligrafi

seni kaligrafi
gambar: pxhere

Yaitu karya seni yang memfokuskan pada keindahan bentuk suatu abjad dengan melakukan banyak modifikasi sehingga abjad tersebut menjadi indah dan enak untuk di pandang.

7. Relief

relief
gambar: pxhere

Yaitu gambar atau lukisan dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi yang biasanya terdapat dalam kuil, ataupun dalam monument. Relief mengandung unsur diorama dan nilai sejarah.

8. Mozaik

mozaik
gambar: pixabay

Yaitu seni rupa murni yang terbuat dari pecahan kaca, pecahan kaca tersebut di susun lalu di kreasikan, bersama batu dan kramik. Biasanya seni rupa ini banyak di temukan di bangunan yang bergaya romawi.

9. Keramik

seni kramik
gambar: pxhere

Yaitu seni rupa yang dibuat dengan teknik tertentu, berbagan utama dari Tanah liat (clay), Pasir, Feldspar, Kaolin, dan Kuarsa. Keramik memiliki nilai seni yang sangat tinggi, misalnya seperti piring atau guci untuk hiasan ruangan.

Kesimpulan

Jadi yang dimaksud dengan seni rupa murni adalah suatu karya seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan segi fungsi atau kegunaannya, jadi hanya dinikmati keindahannya saja. fungsi seni rupa murni terletak pada keindahan dan hanya sebagai pemuas batin saja, jadi hasil karyanya tidak dapat di gunakan untuk membantuk kegiatan sehari-hari manusia. Beberapa contoh seni rupa murni misalnya seni lukis, seni grafis, seni patung, seni kaligrafi, foto grafer, dan sebagainya.

Demikian penjelasan tentang arti seni rupa murni, yang dilengkapi dengan jenis dan contohnya. Semoga penjelasan ini dapat dimengerti, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: