Pengertian Sumber Daya Alam, Jenisnya, Contohnya, dan Pemanfaatannya di Sekitar Kita

Memahami pengertian sumber daya alam, jenisnya, contohnya dan beragam pemanfaatannya yang ada di sekitar kita. Semua makhluk hidup di bumi tentunya membutuhkan sumber daya alam untuk kelangsungan hidupnya, terutama manusia. Untuk itu mari kita pahami bersama-sama tentang sumber daya alam secara lebih jelas di pembahasan kali ini.

A. Apa itu Sumber Daya Alam?

SDA (Sumber Daya Alam) selalu berhubungan dengan berbagai macam materi ataupun potensi yang dimiliki oleh alam yang ada di bumi. Alam memiliki potensi yang besar untuk memberikan manfaat bagi seluruh makhluk, hidup terutama umat manusia. Materi atau potensi yang di berikan oleh alam dapat berupa benda hidup maupun benda mati. Selain itu alam juga selalu menghasilkan energi yang bermanfaat bagi kehidupan. Sehingga semua potensi yang berada di alam yang dinilai sangat berguna bagi makhluk hidup disebut dengan Sumber Daya Alam.

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan alam di bumi yang dapat memberikan manfaat sehingga berguna untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, trutama manusia. Atau Sumber daya alam yaitu semua kekayaan alam bumi, baik itu biotik dan abiotik yang dapat memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan manusia. Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia dan Peranannya Pada Organisasi.

B. Jenis – Jenis Sumber Daya Alam dan Contohnya

Sumber daya alam yang terdapat di bumi tentu memiliki berbagai macam jenis maupun bentuknya, baik itu yang berada di daratan maupun di perairan. Sumber daya alam yang terdapat di daratan disebut Sumber daya Alam Terastrial, sedangkan yang terdapat di wilayah peraiaran disebut Sumber Daya Alam Akuatik .

definisi sumber daya alam

gambar: www.maxpixel.net

Berikut ini dapat kamu pahami jenis sumber daya alam berdasarkan pengelompokannya, diantaranya:

a. Menurut Sifat Pembaruannya

1. Sumber Daya Alam Selalu Ada (Sustainable Resources)

Merupakan Sumber Daya Alam yang selalu ada di alam dan tidak pernah habis, karena siklusnya sepanjang masa, contohnya seperti energi cahaya matahari, udara, dan lain-lain.

2. Sumber Daya Alam Bisa Diperbarui (Renewable Resources)

Merupakan sumber daya alam yang kalau sudah habis dapat di perbarui kembali, dengan cara reproduksi atau pengembangbiakan. SDA ini contohnya seperti tumbuhan, hewan, air, zat hara tanah, dan lain-lain.

3. Sumber Daya Alam Tidak Bisa Diperbarui (Non Renewable Resources)

Merupakan sumber daya alam yang jika habis tidak dapat di perbarui lagi, atau sangat sulit untuk di perbaharui karena membutuhkan waktu yang sangat lama sekali untuk menyediakannya kembali. Contohnya hasil pertambangan seperti batu bara, minyak bumi, emas, nikel, besi, dan lain-lain.

b. Menurut sumber asalnya

1. Sumber daya alam biotik.

Disebut juga sebagai sumber daya alam hayati, sangat bermanfaat terutama bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. SDA biotik dapat di perbarui, karena tergolong mudah di reproduksi, contohnya seperti hewan dan tumbuhan.

2. Sumber daya alam abiotik

Disebut juga sebagai sumber daya alam nonhayati, jadi merupakan benda mati yang bisa di manfaatkan oleh manusia, contohnya seperti hasil tambang, air, tanah, batuan, dan lain-lain.

c. Menurut Kegunaan / Penggunaannya

1. Sumber daya alam yang menghasilkan bahan baku

Sumber daya alam ini berguna sebagai bahan utama untuk membuat produk atau barang yang memiliki nilai guna lebih tinggi. Contohnya seperti hasil hutan berupa kayu yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat furniture rumah, atau hasil tambang seperti emas dan perak yang berguna sebagai bahan baku untuk membuat perhiasan.

2. Sumber daya alam yang menghasilkan energi

Sumber daya alam ini berguna untuk menghasilkan energi, dan energi tersebut sangat berguna bagi makhluk hidup. Misalnya seperti energi cahaya matahari yang sangat penting bagi semua mahkluk hidup terutama bagi tumbuhan, karena tumbuhan saat proses fotosintesis memerlukan energi cahaya matahari. Lalu ada juga minyak bumi yang saat ini menjadi sebagi penghasil energi yang sangat penting bagi manusia, minyak bumi yang telah di olah dapat menjadi bahan bakar dan berguna untuk menghidupkan mesin kendaraan bermotor maupun mesin produksi industri. Selanjutnya energi Angin dan arus sungai yang berguna untuk pembangkit tenaga listrik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

C. Pemanfaatan Sumber Daya Alam

a. Hewan

Merupakan makhluk hidup yang dapat memberikan manfaat bagi manusia, biasanya manusia membuat peternakan untuk memperbanyak/membudidayakan hewan. Seperti peternakan ayam, sapi, dan kambing, yang dimana dagingnya dapat di konsumsi. Atau manusia membuat perikanan untuk membudidayakan ikan, biasanya ikan yang suka di budidayakan seperti ikan nila, gurame, mas, lele, belut, dll. Hewan yang di budidayakan tentunya yang memiliki nilai jual tinggi dan sangat bermanfaat untuk di konsumsi.

b. Tumbuhan

Sama seperti hewan tumbuhan juga bermanfaat bagi manusia, terutama yang dapat di konsumsi seperti sayuran dan buah-buahan. Manusia membudidayakan tumbuhan biasanya dengan membuat pertanian atau perkebunan. Tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan yang suka di budidayakan seperti sayuran kangkung, bayam, sosin, seledri, dll. Lalu Tumbuhan yang buah-buahannya dapat di konsumsi seperti apel, melon, semangka, tomat, belimbing, dll.

Ada Tumbuhan juga berguna sebagai penghasil bahan baku untu industri seperti pohon karet yang diambil getahnya, lalu pohon pinus yang di ambil kayunya. Tumbuhan juga berguna untuk reboisasi atau penghijauan di daerah yang terkena polusi udara, tentunya dengan penanaman kembali pohon-pohon sehingga udara menjadi bersih dan segar. Baca Juga: Pengertian Budidaya, Manfaatnya dan Contohnya.

c. Air Sungai dan danau

Air Sungai dan danau bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Air yang bersih di sungai maupun danau dapat di manfaatkan oleh manusia. Air sungai dan danau berguna untuk pengairan pertanian, lalu arus sungai berguna untuk pembangkit tenaga litrik. Danau bisa digunakan untuk beternak ikan, karena ikan memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan dapat dikonsumsi.

b. Energi cahaya matahari

Cahaya matahari sangat berguna bagi semua makhluk hidup yang ada di planet bumi, energi cahaya matahari berguna untuk menghangatkan bumi dan membentuk iklim. Tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk proses produksinya (fotosintesis) dalam menghasilkan oksigen, dimana oksigen sangat berguna untuk bernafas setiap makhluk hidup terutama manusia dan hewan. Energi cahaya matahi juga berguna untuk pembangkit listrik tenaga surya. Dan masih banyak lagi pemanfaatan lainnya.

c. Minyak Bumi

Minyak bumi saat ini menjadi SDA yang sangat penting, banyak negara-negara di dunia yang memperebutkannya. Umumnya negara yang memiliki SDA minyak bumi yang melimpah negara tersebut akan menjadi negara yang kaya raya, karena harga minyak bumi yang mahal dan keberadaanya semakin langka seiring di eksploitasi oleh manusia untuk membuat bahan bakar. Pemanfaatan minyak bumi yang telah di olah menjadi Bahan bakar sangat berguna untuk menjalankan kendaraan bermotor, dan mesin-mesin produksi industri.

d. Logam (Emas, perak, nikel, dan besi)

Logam seperti emas dan perak meruapakan sumber daya alam yang berguna sebagai bahan baku perhiasan. Tentunya perhiasan memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Lalu besi berguna untuk membuat peralatan, mulai dari peralatan rumah tangga hingga sebagai bahan dasar mesin. Nikel digunakan sebagai campuran logam besi atau campuran untuk membuat stainless steel.

e. Angin

Contoh pemanfaatana Angin yaitu untuk pembangkit tenaga listrik, angin akan menggerakan benda yang dikenal dengan kincir angin sebagi pembangit tenaga listrik. Dengan menggunakan energi angin sebagai pembangkit tenaga listrik maka pencemaran udara dapat dikurangi, dan dapat menghemat bahan bakar. Angin juga bermanfaat sebagai penggerak kapal layar di laut, dengan angin maka kapal layar dapat bergerak untuk beroperasi. Dan masih banyak lagi pemanfaatan sumber daya alam lainnya.

Itulah uraian tentang pengertian sumber daya alam yang dapat kami berikan, semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat dalam menambah pengetahuan kamu. Jika di temukan kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Sumber Daya Alam, Jenisnya, Contohnya, dan Pemanfaatannya di Sekitar Kita"

Pengertian PPN beserta: Kategori Barang Mewah dan Cara Menghitung Pajaknya
Bagi sebagian besar warga Indonesia harus mengetahui
Awan Cumulus dilengkapi: Pengertian, Ciri, Proses Terbentuk, dan Jenisnya
Berikut ini pengertian awan cumulus yang dilengkapi
Awan Nimbostratus dilengkapi: Pengertian, Dampak, Ciri-Ciri, dan Jenisnya
Inilah pengertian awan nimbostratus yang dilengkapi dengan