Pengertian Program Kerja dan Tahapan Penyusunannya Yang Perlu di Ketahui

Berikut ini pengertian program kerja yang menjadi komponen penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya. Di dalam sebuah organisasi perusahaan atau lainnya, terdapat program kerja yang dimana program ini telah di susun sedemikian rupa untuk dilaksanakan, sehingga membantu organisasi dalam mencapai tujuan utamanya. Dengan adanya program kerja maka setiap anggota atau tim yang melakukan pekerjaan dapat bekerja secara lebih efektif dan terstruktur. Untuk memahaminya silahkan baca penjelasannya lebih lanjut di tulisan ini.

A. Apa pengertian program kerja?

Yang dimaksud Program Kerja adalah susunan rencana kegiatan kerja yang sudah di rancang dan telah disepakati bersama untuk dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Program kerja harus dibuat secara terarah, sebab akan menjadi pegangan organisasi dalam mencapai tujuannya. Selain itu program kerja juga dapat menjadi tolak ukur dalam pencapaian target saat melakukan pekerjaan, dan hasilnya akan di evaluasi pada masa akhir kepengurusan.

B. Tujuan dan Manfaat Perencanaan Program Kerja

a. Tujuan umum program kerja

1. Membantu Pencapaian visi dan misi

Jika program kerja dilaksanakan secara baik maka organisasi akan menjadi efektif dalam menjalakan kegiatannya, sehingga dapat membantu dalam mencapai tujuan organisasi tersebut. Memang kepengurusan dalam organisasi memiliki jangka waktu tertentu, sering bergonta-ganti kepengurusan dan tujuannya tidak dapat tercapai dalam waktu yang dekat, tapi dengan program kerja yang dilaksanakan dengan baik maka akan mendekatkan organisasi tersebut kepada tujuan utamanya.

2. Membantu menjawab kebutuhan organisasi

Program kerja yang terencana dan tepat akan memberikan solusi bagi semua persoalan yang dihadapi oleh organisasi, baik itu persoalan yang datangnya dari dalam maupun dari luar organisasi. Sehingga organisasi dapat membuat strategi yang tepat untuk memecahkan persoalan sehingga targetnya dapat tercapai.

3. Membantu organisasi bekerja secara sistematis dan terstruktur

Dengan program kerja yang baik, maka dapat membantu setiap anggota pada organisasi bekerja secara sistematis dan terstruktur, sehingga kinerja organisasi dapat meningkat. Baca juga: Pengertian Organisasi dan Unsur-Unsurnya Lengkap.

gambar: pixabay.com

b. Manfaat dari program kerja

1. Memunculkan rasa kebersamaan di dalam organisasi

Setiap anggota organisasi akan memiliki rasa kebersamaan dalam melakukan kegiatannya. Karena perencanaan program kerja telah di sepakati bersama, sehingga tujuan organisasi menjadi tujuan bersama juga.

2. Memunculkan rasa tanggung jawab terhadap tugas masing-masing

Dengan program kerja yang telah di sepakati bersama, maka setiap anggota pada organisasi akan memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing. Dengan setiap anggota memiliki rasa tanggung jawab maka dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya.

3. Citra baik organisasi semakin baik

Pihak yang berada di luar organisasi seperti masyarakat, akan melihat bahwa organisasi tersebut bekerja secara efektif, terstruktur, dan berperilaku baik dalam menjalankan tugasnya, sehingga membuat citra organisasi tersebut semakin baik.

C. Jenis-Jenis Program Kerja

Berikut ini jenis program kerja yang di bagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

a. Berdasarkan dari waktu perencanaannya

  1. Untuk satu periode kepengurusan – Berdasarkan jangka waktu ini maka rapat kerja umumnya hanya di lakukan satu kali saja, lalu melakukan evaluasi maupun koordinasi terhadap program-program kerja yang sudah di jalankan.
  2. Untuk satu waktu tertentu – Dalam kurun waktu ini biasanya rapat kerja dilakukan beberapa kali elama satu periode kepengurusan, jangka waktu tersebut bisa triwulan, caturwulan, dan lain-lain.

b. Berdasarkan sifat program kerja pada organisasi

  1. Sifatnya  kontinyu / terus menerus
  2. Sifatnya secara mendadak.
  3. Sifatnya yang disesuaikan dengan kondisi yang akan datang.

c. Berdasarkan target atau tujuan targetnya

  1. Dibuat berdasarkan jangka waktu yang panjang.
  2. Dibuat berdasarkan jangka waktu yang pendek.

D. Tahapan Penyusunan Program Kerja

Berikut ini tahapan dan hal-hal yang harus di perhatikan saat menyusun suatu program kerja, diantaranya:

1. Analisis

Melakukan analisa dan mendiskusikan bersama terhadap  hal-hal yang dianggap penting, sehingga perlu di utamakan dalam membuat program kerja yang nantinya akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Ide dasar

Menentukan ide dasar untuk program kerja yang akan di susun. Dalam mendiskusikan maupun merumuskan ide untuk program kerja harus sesuai dengan apa yang ditemukan dalam diskusi dan berhubungan dengan persoalan yang ditemukan.

3. Tujuan

Merupakan tujuan yang akan di wujudkan melalui program kerja yang di susun. Tujuan ini harus sesuai dengan ide dasar yang di tentukan dan harus realistis sesuai dengan persoalan yang dihadapi dan harus di pecahkan.

4. Subyek Sasaran

Maksudnya menentukan subyek yang menjadi sasaran dari program kerja yang dirancang. Dalam memilih subyek, yang perlu di perhatikan yaitu kemampuan yang dimilikinya supaya program kerja yang di susun dapat terlaksana dengan baik dan efektif.

5. Ukuran Keberhasilan

Merupakan indikator yang nantinya menjadi penilaian apa program kerja telah berhasil atau belum. Dalam membuatnya harus dicantumkan cara memperoleh indikator tersebut, misalnya dengan cara kuesioner, pengamatan, wawancara, dll.

6. Menetukan model, metode, dan materi

Maksudnya menetukan  jenis model, metode, dan materi kegiatan-kegiatan yang akan digunakan untuk melaksanakan program kerja yang telah di susun.

7. Tempat dan Waktu

Menentukan tempat dan waktu yang tepat dalam melaksanakan program kerja tersebut. Karena dengan mentukan tempat dan waktu yang tepat maka dapat memberikan kelancaran dalam menjalankan program kerja.

8. Tim Pelaksana

Penting sekali menentukan tim pelaksanaan dalam menjalankan program kerja. Ketika menentukan tim pelaksanaan harus memperhitungkan secara tepat tenaga anggota yang ada pada organisasi. Dengan menentukan tim pelaksana maka organisasi akan terhindar dari penumpukan peran atau tugas pada anggota tertentu, dan setiap tim dapat fokus terhadap tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Baca juga: Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya.

D. Kesimpulan

Dari uraian di atas maka dapat di simpulkan bahwa pengertian program Kerja yaitu susunan rencana kegiatan kerja yang sudah di rancang untuk dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan dari program kerja secara umum yaitu: 1). Membantu Pencapaian visi dan misi suatu organisasi; 2). Membantu menjawab kebutuhan organisasi; 3). Membantu organisasi bekerja lebih sistematis dan terstruktur;

Demikian tulisan yang menjelaskan tentang arti program kerja, semoga dapat kamu pahami. Jika terdapat kesalahan mohon maaf, terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Program Kerja dan Tahapan Penyusunannya Yang Perlu di Ketahui"

Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, dan Contohnya Secara Umum
Berikut ini tulisan tentang pengertian seni rupa
Pengertian Seni Teater, Unsur, Jenis, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian seni teater, unsur, jenis, dan
Pengertian Akuntansi Biaya, Tujuan, dan Klasifikasinya Secara Umum Lengkap
Pengertian akuntansi biaya, tujuan, manfaat, dan klasifikasinya