Pengertian Indeks Harga Dan Tujuannya Disertai Jenisnya

Secara umum pengertian indeks harga dan tujuannya. Istilah harga selalu ada hubungannya dengan perekonomian. Apalagi saat ini perekonomian semakin berkembang, maka harga barang dan jasa selalu mendapat perhatian dari masyarakat, produsen maupun dari pemerintah. Lalu pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan mengenai Indeks harga, bagi kamu yang belum mengetahuinya bisa membaca dan memahami pada tulisan ini.

A. Apa itu Indeks Harga?

Yang dimaksud dengan indeks harga adalah angka yang berguna untuk menunjukan mengenai perubahan harga, baik itu harga satu barang maupun harga dari berbagai macam barang dalam waktu dan tempat yang sama ataupun waktu dan tempat yang berlainan. Atau pengertian indeks harga yaitu sebagai suatu ukuran yang menunjukan terjadinya perubahan pada harga barang atau jasa dari waktu ke waktu.

Tentunya indeks harga sangat penting sekali bagi beberapa pihak, terutama pihak perusahaan dan pemerintahan karena indeks harga memiliki perang penting bagi perekonomian, misalnya digunakan untuk pertimbangan dalam membeli suatu barang.

Adapun beberapa ciri indeks harga, seperti 1). Di jadikan sebagai standar untuk perbandingan harga. 2). Di hitung berdasarkan waktu saat kondisi perekonomian stabil. 3). Indeks harga ditetapkan berdasarkan data-data yang relevan, dan berdasarkan sample.

definisi indeks harga

Apa itu indeks harga?

B. Cara-Cara Dalam Perhitungan Indeks Harga

Dalam melakukan perhitungan indeks harga terdapat beberapa cara, yang diantaranya:

1. Tidak Tertimbang

Merupakan cara dalam perhitungan indeks harga dengan cara menghitung harga barang atau jasa setiap tahunnya, lalu dibagi dengan harga pada tahun dasar dan dikalikan 100.

Indeks harga tidak tertimbang

2. Tertimbang

Dalam metode ini umumnya terdapat 2 (dua) cara, diantaranya:

a. Laspeyres

Merupakan metode yang menggunakan cara menjumlahkan harga barang atau jasa setelah dikalikan dengan kuantitasnya pada setiap tahun, lalu di bagi dengan harga barang dan dikali kuantitasnya pada tahun dasar setelah itu rasionya dikalian 100.

Indeks harga metode laspeyers

b. Paasche

Merupakan metode yang menggunakan faktor penimbang kuantitas pada tahun yang dihitung harganya indeksnya, lalu di kali 100.

Indeks harga metode paasche

Baca juga: Pengertian harga dan fungsinya rangkuman terjelas.

C. Inilah jenis Indeks Harga

Berikut ini jenis-jenis dari Indeks harga, diantaranya:

1. IHK (Indeks Harga Konsumen)

Yaitu angka yang dapat menunjukan suatu perbandingan maupun perubahan harga barang atau jasa yang dihitung dan dianggap mewakili belanja para konsumen. Jenis dan kelompok barang atau jasa yang dihitung tentunya dapat berubah karena disesuaikan dengan pola konsumsi konsumen. Singkatnya Indeks Harga Konsumen menunjukan perubahan-perubahan harga pada barang eceran yang di konsumsi konsumen dari waktu ke waktu.

2. IHP (Indeks Harga Produsen)

Yaitu angka yang dapat menunjukan suatu perbandingan maupun perubahan harga barang atau jasa yang dibeli produsen pada waktu tertentu. Produsen biasanya membeli bahan-bahan mentah atau bahan yang setengah jadi. Tentunya Indeks Harga Produsen berbeda dengan Indeks Harga Konsumen. Indeks Harga Produsen pengukuran tingkatan harga barang pada awal distribusi, sedangkan Indeks Harga Konsumen pengukuran harganya langsung yang dibayar oleh konsumen pada tingkatan harga eceran/satuan barang.

3. Indeks harga yang harus dibayar & diterima oleh petani.

Karena banyaknya orang yang berpofesi sebagai petani maka indeks harga yang berhubungan dengan petani selalu dihitung. Sehingga pemerintah dapat menetapkan berbagai kebijakan yang berhubungan dengan pertanian secara tepat. Indeks harga yang harus dibayar oleh petani yaitu angka yang menunjukan harga yang perlu dibayar oleh petani untuk biaya selama proses produksi pertaniannya. Sedangkan Indeks harga yang diterima oleh petani yaitu angka yang menunjukan harga yang dapat diterima oleh petani dari penjualan hasil produksi pertaniannya.

D. Tujuan Indeks Harga

Adapun beberapa tujuan dari perhitungan indeks harga, yang diantaranya:

  • Berguna sebagai indikator untuk mengukur kegiatan perekonomian secara umum.
  • Dapat memberikan gambaran mengenai tren dalam perdagangan.
  • Berguna bagi para pedagang dalam menentukan harga barang dan penentuan jumlah barang.
  • Indeks harga Konsumen dan Indeks Harga biaya hidup berguna untuk mengambil keputusan terutama dalam menetapkan gaji.
  • Indeks harga petani, berguna bagi perintah terutama dalam menggambarkan apakah petani semakin makmur atau tidak, sehingga pemerintah dapat mengambil kebijakan. Dll.

E. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa indeks harga yaitu sebagai suatu ukuran yang menunjukan terjadinya perubahan pada harga barang atau jasa dari waktu ke waktu. Jenis Indeks harga diantaranya Indeks Harga Konsumen, Indeks Harga Produsen, dan Indeks harga yang dibayar & diterima oleh petani.

Akhir kata, itulah tulisan tentang pengertian indeks harga, semoga bermanfaat dan tentunya dapat di pahami juga. Jika terdapat kesalahan mohon maaf, terimakasih.

Related Post "Pengertian Indeks Harga Dan Tujuannya Disertai Jenisnya"

Pengertian Unsur Ekstrinsik Dan Contohnya Pada Karya Sastra
Pengertian unsur ekstrinsik dalam suatu karya sastra
Pengertian Unsur Intrinsik Dan Contohnya Serta Macam-Macamnya
Silahkan pahami pengertian unsur intrinsik, macamnya, dan
Pengertian Diplomasi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya Secara Singkat
Mari pahami pengertian diplomasi, tujuan, dan ruang lingkupnya
Pengertian Tanaman Hortikultura Beserta Contohnya Secara Umum
Menjelaskan pengertian tanaman hortikultura, jenisnya, dan juga