Seputar Pengertian Topologi Star Kelebihan Dan Kekurangannya

Pembahasan tentang pengertian topologi star kelebihan dan kekurangannya. Jaman sekarang pastinya kita pernah menggunakan jaringan komputer, baik itu untuk melakukan pekerjaan maupun melakukan aktivitas lainnya. Salah satu jaringan komputer yang sering kita gunakan misalnya Internet. Internet merupakan jaringan komputer yang besar, cakupannya dunia. Lalu pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan tentang salah satu jenis topologi jaringan komputer yang cakupannya hanya pada satu ruangan/tempat saja, yaitu topologi star. Topologi jaringan komputer sendiri diartikan sebagai bentuk pola koneksi antar suatu perangkat komputer dengan perangkat lainnya, maka untuk memahaminya baca saja penjelasan dibawah ini.

A. Definisi Topologi Star

Topologi star adalah suatu bentuk jaringan komputer yang dimana tata letak perangkat komputernya terhubung ke pusat (HUB/Switch). Jadi pada topologi star setiap komputer dihubungkan secara langsung ke pusat, pada umumnya pusat setiap topologi star adalah perangkat HUB/Switch yang fungsinya untuk menghubungkan antara komputer yang ada dalam jaringan. HUB/Switch dapat menerima sinyal yang berasal dari komputer lalu meneruskan ke komputer lainnya. Selain untuk menghubungkan antar komputer, dapat juga berguna untuk menghubungkan perangkat keras lainnya seperti modem, router, access point, dan lain-lain. (Baca Juga: Pengertian switch dan fungsinya secara jelas).

Contoh topologi star

Contoh topologi star pada jaringan komputer.

B. Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star

a. Kelebihan

Kelebihan yang bisa didapatkan dari topologi star, diantaranya:

  • Sangan fleksibel jika dibandingkan dengan jenis topologi jaringan komputer lainnya.
  • Mudah dalam menambah perangkat komputer baru kedalam jaringan, karena tidak akan mengganggu kinerja perangkat lainnya.
  • Mudah dalam memeriksa jika terjadi sebuah kesalahan, karena kontrolnya terpusat dan menggunakan satu kabel satu komputer.
  • Jika terdapat satu komputer yang mengalami gangguan/kesalahan tidak akan mempengaruhi komputer lainnya.

Dapat diambil kesimpulan, kelebihan yang di dapatkan dari topologi star karena adanya kabel tersendiri untuk setiap perangkat keras terhubung ke server, sehingga akan meningkatkan kinerja jaringan, dan jika terjadi gangguan pada satu jalur kabel tidak akan mengganggu jalur kabel lainnya.

b. Kekurangan Topologi Star

Berikut kekurangan/kelemahan dari topologi star, diantaranya:

  • Boros kabel, karena secara umum satu komputer menggunakan satu kabel maka pada jaringan dengan skala tertentu akan membutuhkan banyak kabel.
  • HUB/Switch menjadi perangkat yang sangat penting, jika HUB/Switch rusak maka jaringan komputer kan menglami masalah.
  • Diperlukan penanganan yang khusus untuk memanajemen jaringannya.

Jadi dapat diambil kesimpulan, karena topologi star terpusat pada sentral (HUB/Switch), jika sentral mengalami gangguan maka akan berpengaruh kepada semua komputer, dan karena setiap komputer memiliki kabel tersendiri untuk terhubung ke sentral maka membutuhkan kabel sesuai dengan jumlah perangkat komputernya.

C. Karakteristik Topologi Star

Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki topologi star, diantaranya:

  • Mudah untuk di kembangkan, karena setiap perangkat keras yang tersambung masing-masing memiliki satu kabel yang terhubung ke HUB/Switch.
  • Setiap perangkat berkomunikasi langsung dengan node pusat (HUB/Switch), data mengalir dari perangkat komputer ke HUB lalu kembali lagi.
  • Dapat menggunakan kabel lower-grade, karena hanya menghandle satu trafik data dan biasanya menggunakan jenis kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
  • Mudah menditeksi jika terjadi masalah pada jaringan komputer.

D. Cara Kerja Topologi Star

Pada topologi star setiap perangkat komputer akan berkomunikasi menggunakan HUB/Switch yang dapat mengirimkan kembali pesan kepada semua komputer, atau hanya kepada komputer tujuan saja. HUB pada broadcast bisa aktif maupun pasif, jika HUB aktif (multi reapeater) berguna untuk mengulang sinyal yang diterima dan mengirimkan kembali ke semua perangkat kompuer yang ada pada jaringan dan  jika HUB pasif maka berguna sebagai titik sambung. (Baca juga: Pengertian jaringan komputer dan manfaatnya paling lengkap).

Demikian tulisan yang membahas tentang pengertian topologi star pada jaringan komputer. Semoga pembahasan kali ini dapat dipahami dan tentunya dapat bermanfaat, jika ditemukan ada kesalahan mohon dimaafkan.

Tags: Pengertian Teknologi

Related Post "Seputar Pengertian Topologi Star Kelebihan Dan Kekurangannya"

Pengertian Sarana Dan Prasarana Serta Contohnya Di Sekitar Kita
Memahami pengertian sarana dan prasarana secara umum
Pengertian Lisensi Dan Manfaatnya Bagi Pemberi Maupun Penerima Lisensi
Memahami secara umum pengertian lisensi dan manfaatnya.
Rangkuman Pengertian PHP Dan Kegunaannya
Inilah rangkuman pengertian PHP dan kegunaannya –
Pengertian Animasi Dan Jenisnya Serta Prinsipnya
Memahami pengertian animasi dan jenisnya yang dilengkapi