Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum

Memahami secara umum pengertian ekologi, dan beberapa penjelasan lainnya. Apakah kalian sudah mengetahui istilah “Ekologi”? Istilah ini sering ditemukan saat mempelajari ilmu pengetahuan yang ada hubungannya tentang organisme dan lingkungan hidupnya. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang ekologi, yang bisa kamu pahami ditulisan ini.

A. Apa Definisi Ekologi?

Yang dimaksud dengan ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungan hidupnya. Atau dapat diartikan juga sebagai ilmu untuk mempelajari / memahami interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat mereka hidup.

Istilah Ekologi asalnya dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Okios” yang diartikan sebagai Habitat dan dari kata “Logos” yang diartikan sebagai Ilmu. Jadi dari kata-kata tersebut ekologi disimpulkan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungan hidupnya. Dalam ekologi tentunya ada istilah ekosistem, ekosistem sendiri diartikan sebagai  hubungan yang saling ketergantungan antara komponen hidup dan komponen yang tidak hidup.

Pada ekosistem terdapat lingkungan biotik dan abiotik, dimana lingkungan biotik merupakan lingkungan yang terdapat organisme hidup, komponennya seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan lingkungan abiotik merupakan lingkungan yang terdapat komponen-komponen benda mati yang dapat mempengaruhi makhluk hidup. Komponen abiotik misalnya seperti tanah, udara, sinar matahari, suhu, air, dll.

definisi ekologi

Apa itu ilmu ekologi?

B. Jenis-Jenis Piramida Ekologi

Yang dimaksud dengan piramida ekologi adalah sebuah struktur tingkatan yang ada pada suatu ekosistem yang menunjukan adanya hubungan antara struktur trofik dan juga fungsi trofik.  Taraf trofik sendiri dapat diartikan sebagai tingkatan pada rantai makanan yang dimana suatu organisme mendapatkan energi, atau tingkatan yang didalamnya terdapat organisme yang mempunyai peranan yang sama pada tingkat makanan. Bentuk dari piramida ekologi akan menyatakan interaksi antara organisme yang terdapat pada taraf trofik, yang menunjukan bahwa ada daur materi, aliran energi, dan suatu produktivitas. Piramida ekologi ada 3 (tiga) macam bentuk diantaranya piramida jumlah, Piramida biomassa dan piramida energi. Penjelasannya dapat dilihat di bawah ini:

a. Piramida Jumlah

Berguna untuk menggambarkan hubungan atau interaksi jumlah individu pada tingkat trofik. Semakin tinggi kedudukan trofik, maka semakin kecil juga tingkat pupulasinya. Jadi umumnya produsen memiliki jumlah paling banyak dan akan semakin menurun jumlahnya pada konsumen tingkat 1, tingkat 2, dan seterusnya.

piramida jumlah ekologi

Contoh Piramida Jumlah

b. Piramida Biomassa

Merupakan piramida yang dapat memberikan gambaran perpaduan antara semua organisme yang terdapat di suatu habitat. Satuan massa diukur / umumnya dinyatakan dalam gram, pada piramida biomassa bentuknya akan semakin mengecil untuk setiap taraf trofik. Sedangkan biomassa total yaitu jumlah berat kering berdasarkan organisme pada suatu ekosistem. Piramida biomassa akan mengalami perubahan tergantung keadaan iklim/cuaca.

Piramida Biomassa Ekologi

Contoh Piramida Biomassa

c. Piramida Energi

Piramida energi dapat memberikan gambaran mengenai besarnya energi pada setiap taraf trofik, atau dengan kata lain memberikan gambaran perpindahan energi pada setiap tingkatan trofik ke tingkatan trofik selanjutnya. Pada piramida energi tentunya akan terjadi penurunan energi, dari taraf trofik bawah yang memiliki jumlah energi besar akan mengalami penurunan hingga taraf trofik teratas. (Baca juga tentang: Pengertian rantai makanan dan contohnya).

piramida jumlah energi

Contoh Piramida Energi

C. Jenis-Jenis Ekologi dan Contohnya

Setelah mengetahui pengertian ekologi dan jenis piramidanya, lalu berikut ini jenis / pembagian ekologi menurut habitatnya, beberapa diantaranya seperti:

a. Ekologi Padang rumput

Ekologi padang rumput merupakan tempat yang ditumbuhi oleh berbagai macam jenis rerumputan. Misalnya di padang rumput terdapat rumput berjenis alang-alang yang membutuhkan cahaya dari matahari untuk kelangsungan hidupnya. Rumput alang-alang berkembang biak dengan biji dan akar rimpangnya.

b. Ekologi Hutan

Hutan merupakan daerah/tempat yang ditumbuhi oleh berbagai macam jenis pohon dan di dalamnya hidup berbagai jenis hewan. Sehingga di dalam hutan terjadi banyak interaksi organisme yang saling mempengaruhi satu sama lain.

c. Ekologi kelautan

Ekologi kelautan misalnya ekologi pada laut tropis di sana terjadi interaksi antara ekosistem hutan mangrove, ekosistem lamun dan ekosistem terumbu karang. Laut tropis memiliki beberapa karakteristik seperti suhu yang hangat, hasil laut yang relatif tinggi, dan memiliki banyak keanekaragaman organisme.

d. Ekologi estuaria

Estuaria merupakan daerah perairan dimana airnya berasal dari percampuran antara air laut dan air tawar yang berasal dari air sungai maupun dari sumber air lain. Sebagian besar organisme yang dapat hidup di daerah estuaria ini merupaka organisme yang telah beradaptasi dengan kondisi di daerah tersebut. Daerah estuaria merupakan tempat hidup bagi berbagai jenis ikan, populasi ikan tertentu biasanya menggunakan daerah ini sebagai tempat berpijah maupun membesarkan anak-anaknya. Lalu daerah estuaria juga memiliki produktivitas yang baik karena disana terdapat bahan-bahan organik yang berasal dari sungai, dan daerahnya merupakan perairan yang dangkal sehingga tumbuhan yang hidup di dalamnya dapat menerima sinar matahari yang cukup. Maka kita manusia sebagai makhluk yang berakal tentunya harus selalu menjaga dan melestarikan ekosistem estuaria, dan ekosistem lainnya sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga dan tidak tercemar.

(Baca juga tentang: Pengertian biosfer dan contohnya artikel terlengkap).

D. Manfaat Ilmu Ekologi

Dengan Mempelajari ilmu ekologi maka 1). Kita dapat mengenal / mengetahui berbagai macam jenis makhluk hidup, dan cara mereka bertahan hidup di lingkungannya. 2). Dapat mengenal prilaku berbagai jenis makluk hidup sesuai kondisi tempat tinggalnya. 3). Dapat mengetahui dampak yang bisa timbulkan dari aktivitas yang dilakukan manusia terhadap organisme lain dan terhadap lingkungan. 4). dapat mencari solusi untuk menuntaskan berbagai permasalahan lingkungan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Itulah pembahasan yang singkat tentang pengertian ekologi, semoga pembahasan ini dapat kamu pahami. Lalu jika ditemukan beberapa kesalahan mohon di maafkan. Sekian dan terimakasih telah membacanya semoga bermanfaat.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum"

Pengertian Prosa, Ciri-Cirinya, dan Jenis-Jenisnya Secara Umum
Memahami pengertian prosa secara umum beserta cirinya
Pengertian Unsur Ekstrinsik Dan Contohnya Pada Karya Sastra
Pengertian unsur ekstrinsik dalam suatu karya sastra
Pengertian Unsur Intrinsik Dan Contohnya Serta Macam-Macamnya
Silahkan pahami pengertian unsur intrinsik, macamnya, dan
Pengertian Diplomasi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya Secara Singkat
Mari pahami pengertian diplomasi, tujuan, dan ruang lingkupnya