Lebih Singkat Pengertian Litosfer Dan Susunannya

Pahami pengertian litosfer dan susunannya secara singkat. Bumi yang kita tinggali ini terdiri/tersusun dari beberapa lapisan, mulai dari lapisan inti, pengantara, dan litosfer. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagian litosfer atau lapisan terluar dari bumi, serta secara singkat menjelaskan juga lapisan bumi lainnya. Jika kamu ingin memahaminya baca saja penjelasan dibawah ini.

A. Apakah Definisi Litosfer ?

Yang dimaksud Litosfer adalah kulit bumi bagian luar dan berupa batuan yang padat. Kata litosfer sendiri berasal dari dua kata yaitu “Litos” dan “sphere”. Litos artinya Batu, sedangankan Sphere artinya Padat. Litosfer terdiri dari lempengan-lempengan keras dan lempengan ini bergerak atau bergeser di atas lapisan bumi yang lebih lunak (Lapisan Pengantara/Asthenosfer), sehingga sering terjadi pergeseran benua. Litosfer memiliki ketebalan sekitar 1200 km.

B. Struktur Lapisan Bumi

Supaya lebih jelas mari kita pahami juga semua struktur atau susunan bumi, diantaranya terdiri dari:

1. Lapisan Barisfer/Inti

Merupakan lapisan inti atau disebut juga inti bumi, merupakan bahan-bahan padat tersusun dari nikel dan besi. Lapisan ini memiliki jari-jari sekitar 3470 km dan batas luarnya kurang lebih sekitar 2900 km dibawah permukaan bumi.

2. Lapisan Pengantara/Asthenosfer

Lapisan pengantara memiliki tebal sekitar 1700 Km. Lapisan Pengantara letaknya setelah lapisan inti dan memiliki berat jenis rata-rata 5 gr/cm3. Lapisan ini disebut juga dengan asthenosfer, dan berupa bahan cair yang memiliki suhu sangat tinggi dan juga berpijar.

Struktur/susunan lapisan bumi.

Struktur/susunan lapisan bumi.

3. Lapisan Litosfer

Lapisan litosfer letaknya di atas lapisan Pengantara atau dapat dikatakan lapisan bumi paling luar, memiliki ketebalan kurang lebih 1200 km, dan memiliki berat jenis rata-rata 2,8 gr/cm3. Lapisan ini memiliki 2 bagian, diantaranya:

a. Lapisan Sial

Merupakan lapisan yang terdiri dari logam silisium dan logam almunium, dalam bentuk senyawa SiO2 dan Al2O3. Pada lapisan ini terdapat jenis-jenis batuan seperti batuan andesit, metamorf, sedimen, granit, dan batuan lainnya. Lapisan ini sifatnya padat dan juga kaku, Pada lapisan sial batu yang bertebaran memiliki ketebalan sekitar 35 km. Lapisan sial sering disebut juga sebagai kerak bumi karena berada paling atas. Kerak bumi tidaklah memiliki ketebalan yang sama, pada kerak samudra yang berada di dasar samudera memiliki ketebalan sekitar 50-100 km, dan Kerak benua memiliki ketebalan 40-200 km.

b. Lapisan Sima

Merupakan lapisan yang terdiri dari logam-logam silsium dan juga magnesium, dalam bentuk senyawa SiO2 dan MgO. Pada lapisan ini terdapat besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan juga batuan basalt, dengan ketebalan sekitar 65 km. Tentunya lapisan ini memiliki berat jenis yang lebih berat daripada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium.

Baca juga: Pengertian atmosfer dan lapisannya lebih jelas.

C. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa Litosfer yaitu kulit bumi bagian luar dan berupa batuan yang padat. Litosfer terdiri dari lempengan-lempengan keras dan lempengan ini bergerak atau bergeser di atas lapisan bumi yang lebih lunak, sehingga sering terjadi pergeseran benua. Litosfer memiliki dua bagian yaitu lapisan sial dan lapisan sima.

Demikian penjelasan tentang pengertian litosfer yang dilengkapi juga dengan lapisan-lapisan yang menyusun bumi lainnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat di pahami. Akhir kata… kami ucapkan terimakasih karena telah membacanya dan jika ada kesalahan mohon di maafkan saja, sekian dan terimakasih.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Lebih Singkat Pengertian Litosfer Dan Susunannya"

Secara Umum Pengertian Pola Hidup Sehat Dan Manfaatnya
Memahami pengertian pola hidup sehat secara umum
Pengertian Udara, Manfaat Dan Cara Menjaga Kebersihannya
Berikut ini pengertian udara dan manfaatnya. Udara
Pahamilah Pengertian Karangan Dan Jenisnya Lebih Jelas
Pahamilah pengertian karangan pada tulisan yang singkat
Berikut Pengertian Kalimat Dan Contohnya Lengkap Secara Umum
Pengertian kalimat dan contohnya secara umum. Yang