Pahamilah Pengertian Karangan Dan Jenisnya Lebih Jelas

Pahamilah pengertian karangan pada tulisan yang singkat ini. Istilah Karangan sering digunakan untuk sebuah karya tulis yang dibuat seseorang, dan tentunya karya tulis tersebut ditujukan untuk para pembaca. Lalu pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan yang singkat mengenai Karangan termasuk jenis, manfaat, maupun unsur-unsurnya.

A. Apakah itu karangan?

Yang dimaksud karangan adalah suatu karya tulis yang dibuat seseorang untuk mengungkapkan pikiran/gagasan dan menyampaikannya kepada para pembaca. Atau definisi karangan yaitu suatu tulisan yang berisi gagasan atau ungkapan perasaan seorang, dan di bentuk dengan tulisan yang teratur.

B. Jenis-Jenis Karangan

Berdasarkan tujuannya, karangan dibagi dalam jenis-jenis seperti berikut ini:

a. Karangan Deskripsi

Merupakan jenis karangan yang menggambarkan sesuatu sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, atau merasakan objek tersebut. Ciri-ciri karangan deskripsi diantaranya: 1) Menggambarkan sesuatu, misalnya suatu objek. 2) memberikan kesan pada pembaca mengenai sesuatu yang di deskripsikan. 3) Penulisnya selalu bersikap objektif.

Apa itu karangan?

b. Karangan Narasi

Merupakan jenis karangan yang menceritakan kejadian atau peristiwa, sehingga pembaca seolah-olah mengalami peristiwa tersebut. Ciri-ciri karangan narasi diantaranya: 1) Adanya pelaku pada peristiwa atau kejadian tersebut. 2) disajikan dengan urutan waktu dari awal sampai akhir. 3) Berisi rangkaian kejadian.

c. Karangan Eksposisi

Merupakan jenis karangan yang memberikan penjelasan atau memaparkan sejumlah pengetahuan ataupun informasi secara lebih jelas dan lebih rinci. Tentu dalam tulisannya terdapat fakta dan data yang mendukung, sehingga semakin memperjelas informasi tersebut. Ciri-ciri karangan eksposisi diantaranya: 1) Memberikan sekaligus menjelaskan informasi supaya pembaca dapat mengetahui dan memahaminya. 2) Memberikan sesuatu kepada para pembaca sesuai fakta. 3) Memberikan analisis secara objektif terhadap fakta. 4) Menunjukan proses dari peristiwa yang terjadi.

d. Karangan Argumentasi

Merupakan jenis karangan yang tujuannya untuk membuktikan kebenaran, sehingga pembaca dapat mempercayai kebenaran tersebut, tentunya untuk membuktikannya harus ada data dan fakta yang mendukung. Ciri-ciri karangan argumentasi diantaranya: 1) Meyakinkan kepada para pembaca tentang gagasan/pemikiran sehingga gagasan tersebut dipercaya dan diakui pembaca. 2) Untuk membuktikan gagasannya maka dilengkapi dengan fakta, data dan kelengkapan lainnya yang mendukung gagasan tersebut. 3) Dalam gagasannya, penulis selalu berusaha mengubah sikap dan pandangan pembaca.

e. Karangan Persuasi

Merupakan jenis karangan yang tujuannya untuk mempengaruhi pembaca, sehingga pembaca melakukan seperti apa yang dikatakan penulis pada karangannya. Pada karangan persuasi tentunya harus ada data dan fakta yang mendukung supaya pembaca dapat terpengaruh. Ciri-ciri karangan persuasi diantaranya: 1) Sifatnya mengajak untuk berbuat sesuai yang dikatakan penulis pada karangan. 2) Terdapat data yang mendukung kebenaran karangan tersebut. 3) Menarik perhatian untuk dibaca.

C. Manfaat Karangan

Berikut ini beberapa manfaat dari karangan bagi seorang penulis, misalnya:

  • Penulis dapat dengan mudah membuat sebuah karya tulis, karena lebih sistematis dalam penyusunannya.
  • Penulis dapat tetap pada topik yang dibahasnya, sehingga penulis terhindar keluar dari topik awal pembahasan.
  • Penulis dapat dengan mudah mencari data, fakta, ataupun informasi yang mendukung karangannya yang sesuai dengan topik yang dibahasnya.
  • Penulis dapat mengembangkan gagasan yang ditulisnya sehingga menjadi lebih menarik untuk dibaca.

D. Langkah-Langkah Membuat Karangan

Berikut ini langkah-langkah membuat suatu karangan, diantaranya:

  • Tentukan tema dari karangan yang akan di tulis.
  • Kumpulkan ide, data, atau bahan-bahan untuk karangan.
  • Susunlah kerangka karangan.
  • Kembangkan kerangka karangan yang dibuat menjadi karangan sebenarnya.
  • Terakhir berikan judul pada karangan yang di buat.

Baca juga: Rangkuman pengertian karya tulis ilmiah dan jenis-jenisnya.

E. Unsur-Unsur Pada Karangan

Adapun unsur-unsur yang terdapat pada karangan, diantaranya:

  • Gagasan/Pemikiran/Ide – merupakan pendapat atau pengetahuan seorang penulis yang membuat karangan, nantinya gagasan tersebut akan di tuangkan ke dalam bentuk tulisan.
  • Tuturan – merupakan pengungkapan gagasan dalam bentuk tertentu sehingga pembaca dapat memahami karangan tersebut.
  • Tatanan – merupakan penyusunan gagasan/pemikiran, dalam hal ini penulis karangan mengindahkan asas, aturan, maupun teknik menulisnya.
  • Wahana – merupakan pengantar dari gagasan berupa bahasa tulis, yang berhubungan dengan kosa kata, gramatika, maupun retorika.

Demikian tulisan yang singkat mengenai pengertian karangan, akhir kata… kami ucapkan terimakasih telah membacanya, semoga tulisan singkat ini dapat memberikan manfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pahamilah Pengertian Karangan Dan Jenisnya Lebih Jelas"

Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum
Memahami secara umum pengertian ekologi, dan beberapa
Pengertian Sarana Dan Prasarana Serta Contohnya Di Sekitar Kita
Memahami pengertian sarana dan prasarana secara umum
Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Dan Fungsinya Bagi Perusahaan
Memahami pengertian sistem informasi akuntansi secara lengkap.
Pengertian Lisensi Dan Manfaatnya Bagi Pemberi Maupun Penerima Lisensi
Memahami secara umum pengertian lisensi dan manfaatnya.