Pengertian Workshop dan Contohnya: Ciri maupun jenisnya

Mengenal tentang pengertian workshop secara umum dilengkapi jenis-jenis workshop dan contohnya. Apa kamu pernah mendengar istilah Workshop? Mungkin istilah ini terasa asing bagi beberapa orang karena belum mengetahuinya.

Istilah ini tidak asing bagi orang yang sudah mengikuti suatu workshop yang di selenggarakan oleh tempat kerjanya atau di lingkungan masyarakat tempat dia tinggal. Pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan secara singkat mengenai definisi workshop, bagi kamu yang belum mengetahuinya silahkan baca penjelasannya pada tulisan ini.

Jelaskan Pengertian Workshop!

Workshop adalah suatu kegiatan yang didalamnya terdapat orang-orang dengan keahlian dalam bidang tertentu, berkumpul lalu membahas permasalahan tertentu dan memberi pengajaran atau pelatihan kepada para peserta didik.

Dapat dikatakan juga workshop merupakan memberikan pengajaran/pelatihan kepada para peserta, mengenai teori dan juga praktek pada suatu bidang, atau dengan kata lain workshop yaitu latihan untuk peserta yang bekerja secara perseorangan atau secara kelompok untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan/tugas yang sebenarnya dengan maksud untuk memperoleh sebuah pengalaman.

pengertian workshop
pixabay.com

Di dalam acara workshop akan berkumpul orang-orang yang mempunyai minat dan keahlian yang sama pada bidang tertentu, mereka akan berkumpul untuk mengikuti arahan seorang ahli untuk membahas suatu permasalahan.

Tentunya workshop memiliki rangkaian kegiatan dalam pelaksanaannya, umumnya rangkaian acara worksop meliputii: Tujuan dilaksanakannya workshop, permasalahan yang dibahas, prosedur teknis workshop, membahas permasalahan, dan menentukan cara untuk memecahkan permasalahan yang dibahas.

Beberapa Contoh Workshop misalnya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan mengenai akreditasi, atau workshop yang dilakukan oleh suatu lembaga usaha tentang cara memilih jenis usaha waralaba yang baik.

Ciri-Ciri Workshop

Adapun ciri-ciri dari workshop, diantaranya:

1. Membahas permasalahan yang dialami peserta

Permasalahan yang dibahas yang dibahas yaitu permasalahan yang muncul atau berasal dari peserta workshop.

2. Menggunakan metode musyawarah

Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yaitu dengan cara musyawarah dan juga dengan penyelidikan, sehingga peserta worksop dapat mengambil bagian untuk menyelesaikan masalah tersebut secara aktif.

3. Peserta Workshop Aktif Mencari Solusi

Tentunya setiap peserta harus aktif dan berpartisipasi dalam memberikan bantuan dalam kegiatan tersebut untuk menyelesaikan permasalahan, sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik dalam musyawarah tersebut.

BACA: Pengertian Seminar dan Fungsinya serta Susunan Acaranya

Jenis-jenis Workshop

Adapun jenis-jenis dari workshop, diantaranya seperti:

1. Workshop berdasarkan lembaga atau organisasi

Misalnya workshop dalam dunia pendidikan yang membahas mengenai permasalahan yang selalu muncul dalam pendidikan dan menyelesaikan persoalan tersebut. Jadi workshop jenis ini tergantung pada lembaga/organisasi yang menyelenggarakannya.

2. Workshop Berdasarkan Waktu

Workshop yang berdasarkan waktu di bagi menjadi 2 (dua) macam, diantaranya:

a. Workshop Yang beruntun

Maksudnya suatu workshop yang dilakukan dalam waktu tertentu diadakan secara terus menerus, biasanya workshop jenis ini dilakukan selama 3 (tiga) hari secara terus menerus.

b. Workshop Yang Berkala

Bedanya dengan workshop beruntun, workshop berkala dilakukan dalam jangka waktu mingguan atau bulanan.

3. Berdasarkan Sifat

Workshop berdasarkan dari sifatnya di bagi menjadi 2 (dua) macam, diantaranya:

a. Workshop Yang mengikat

Merupakan workshop yang diselenggarakan oleh orang-orang atau lembaga tertentu, misalnya untuk membahas masalah program kerja, yang hasil dari workshop tersebut dapat mengikat peserta yang hadir.

b. Workshop Yang Tidak mengikat

Merupakan workshop yang tidak mengikat peserta yang hadir di dalamnya, jadi apapun hasil dari workshop tersebut tidak harus di ikuti oleh peserta.

BACA: Pengertian seminar dan fungsinya serta susunan acaranya

Dari penjelasan di atas jadi singkatnya workshop yaitu memberikan pengajaran/pelatihan kepada peserta mengenai suatu bidang, dengan tujuan untuk mencari solusi mengenai permasalahan dan menambah pengelaman. Itulah tulisan mengenai pengertian workshop yang singkat. Jika kamu menemukan kesalahan mohon di maafkan, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: