Pengertian Sistem Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Memahami pengertian sistem sosial dan contohnya yang bisa dengan mudah kita temukan di dalam lingkungan masyarakat. Sering sekali kita mendengar kata-kata ataupun istilah Sosial dalam kehidupan ini, baik itu di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat, karena kita sebagai manusia tidak akan pernah lepas dari kehidupan sosial. Apa kamu pernah mendengar istilah “Sistem Sosial”?. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan merangkum penjelasan yang berhubungan degan Sistem sosial tentunya penjelasan ini di tulis secara ringkas supaya mudah di pahami.  Jika kamu ingin memahaminya berikut di bawah ini penjelasannya.

Jelaskan Pengertian Sistem Sosial!

Yang dimaksud sistem sosial adalah semua unsur sosial yang saling berhubungan antara satu sama lain dan dimana hubungan tersebut saling mempengaruhi dalam kesatuan sosial. Dalam sistem sosial setidaknya harus ada dua orang atau lebih, yang saling berinteraksi satu sama lain, memiliki tujuan dari interaksi tersebut, memiliki struktur, simbol dan tujuan bersama. Atau sistem sosial bisa di artikan sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, masing-masing bekerca sendiri dan saling mendukung dan bertujuan untuk mencapai tujuan bersama.

Contoh sistem sosial misalnya seperti yang dapat kita ambil dari masyarakat pada lingkungan sekitar kita, misalnya pada sistem yang ada di suatu Universitas atau Sekolah seperti OSIS, Himpunan mahasiswa, Organisasi kampus dan sebagainya. Lalu di dalam masyarakat seperti adanya kecamatan, kelurahan, Rukun Warga, Rukun Tetangga, hingga karang taruna.

pengertian sistem sosial
piqsels.com

Lalu contoh lain dari sistem sosial yaitu adanya seorang individu yang hidup bersama dengan individu lainnya, minimal ada dua orang individu. Individu tersebut saling berinteraksi antara satu sama lain sehingga terjadi adaptasi dan terbentuk pengorganisasian, lalu muncul-lah pada setiap individu rasa persatuan, dan mereka juga sadar bahwa mereka merupakan satu kesatuan.

Suatu kelompok dapat dikatakan sebagai sistem sosial, dan yang paling penting dalam kelompok tersebut terdapat interaksi. Interaksi tersebut misalnya seperti kerjasama, persaingan, persahabatan, dan sebagainya. Hal seperti itu merupakan beberapa contoh dari sistem sosial yang dapat kita temui dilingkungan sekitar kita.

Masyarakat Sebagai Sistem Sosial

Kita ketahui bahwa masyarakat merupakan himpunan manusia yang di dalamnya saling berinteraksi atau saling berhubungan antara satu sama lain dan terikat oleh aturan serta memiliki kebiasaan bersama. Tentunya kehidupan yang ada dalam masyarakat merupakan salah suatu contoh sistem sosial, karena pada masyarakat terdapat unsur-unsur sistem sosial.

Di masyarakat orang-orang akan saling berhubungan, saling berinteraksi antara satu sama lain dalam suatu keseluruhan serta memiliki tujuan bersama. Selama setiap individu yang ada dalam masyarakat saling memiliki ketergantungan satu sama lain dan masih mempunyai kesamaan perilaku maupun tujuan maka fungsi unsur-unsur sosial masih dijalankan. Dengan memiliki ketergantungan antara satu sama lain, maka setiap individu akan memiliki arti yang sangat penting terhadap kehadiran individu yang lainnya.

Selain itu kerjasama antara pemerintah dan masyarakat maka dapat menghasilkan kinerja yang baik terutama untuk mengatasi berbagai masalah sosial yang ada di dalam masyarakat, karena sangat sulit jika pemerintah menyelesaikan persoalan sosial tanpa bantuan dan dukungan dari masyarakat, maupun sebaliknya. Unsur-unsur sistem sosial pada masyarakat misalnya seperti: status, peranan, keyakinan, perbedaan, dll. Baca Juga Pengertian masalah sosial dan contohnya

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa yang dimaksud sistem sosial yaitu semua unsur sosial yang saling berhubungan antara satu sama lain dan dimana hubungan tersebut saling mempengaruhi dalam kesatuan sosial.

Lalu salah satu contoh sistem sosial misalnya seperti masyarakat pada di sekitar kita, atau seperti pada sistem yang ada di suatu Universitas atau Sekolah, lalu bisa juga di dalam masyarakat seperti adanya kecamatan, kelurahan, Rukun Warga, dan Rukun Tetangga. Seorang Individu yang hidup bersama dengan individu lainnya (minimal ada dua orang individu). Individu tersebut saling berinteraksi antara satu sama lain sehingga terjadi adaptasi dan terbentuk pengorganisasian, lalu muncul-lah pada setiap individu rasa persatuan dan kesatuan. Baca Juga: Pengertian kelompok sosial dan menurut para ahli

Itulah penjelasan secara singkat mengenai pengertian sistem sosial yang dilengkapi juga dengan contoh sistem sosial yang ada dilingkungan sekitar kita. Semoga penjelasan ini dapat memberikan manfaat dan tentunya dapat di pahami serta jika ada kesalahan mohon di maafkan.

Bagikan Ke: