Pengertian Aplikasi Dan Contohnya Serta Beberapa Jenisnya

Memahami tentang pengertian aplikasi secara umum dan contohnya yang dilengkapi juga dengan karakteristik serta jenis-jenisnya. Di zaman yang serba canggih dengan perkembangan teknologi pesat, kita sehari-hari umumnya tak pernah lepas dari yang namanya program aplikasi, apalagi jika kamu pekerja kantoran atau mahasiswa pasti membutuhkannya untuk membantu pekerjaan. Pada tulisan ini kita akan membahas tentang definisi aplikasi, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

A. Penjelasan Tentang Aplikasi

Yang dimaksud perangkat lunak aplikasi adalah program yang siap untuk digunakan, dibuat untuk melaksanakan perintah penggunanya. Arti lain dari aplikasi yaitu kumpulan program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan tertentu yang di instruksikan oleh penggunanya.

Atau dapat dikatakan juga aplikasi merupakan perangkat lunak (software) yang di buat untuk membantu pekerjaan manusia. Selain dapat membantu dan mempercepat proses pekerjaan manusia, aplikasi juga dapat menghasilkan hasil yang lebih akurat dalam memecahkan permasalahan.

Lalu apakah itu aplikasi mobile? Aplikasi mobile adalah suatu aplikasi yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan mobilitas (bergerak, berpindah-pindah) saat menggunakannya, misalnya seperti penggunaan aplikasi pada handphone, perlengkapan PDA, dan sebagainya. Dengan aplikasi mobile pengguna dapat melakukan berbagai macam aktivitas misalnya seperti melakukan pengolahan data, hiburan, belajar, dan melakukan aktivitas lainnya. Artinya dengan aplikasi mobile kita dapat berpindah-pindah atau bergerak saat menggunakannya, misalnya seperti aplikasi pada handphone kita dapat menggunakannya sambil berjalan-jalan atau berpindah-pindah tempat.

definisi aplikasi komputer

Apakah itu aplikasi?

Aplikasi memiliki karakteristik misalnya seperti: aplikasi itu elemen logika jadi bukan elemen fisik seperti hardware, sehingga aplikasi tidak memiliki wujud fisik. Aplikasi bisa di rekayasa ataupun di kembangkan. Dan aplikasi bentuknya program dan tidak bisa di rakit seperti hardware. (Baca juga: Pahami Pengertian hardware dan contohnya pada komputer).

B. Contoh Aplikasi Komputer

Adapun beberapa contoh Program aplikasi, misalnya seperti:

1. Pengolahan Kata

Merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan kata, umumnya orang-orang menggunakannya untuk melakukan penulisan kata. Contohnya yaitu Microsoft Word, Word Star, OpenOffice Writer, WordPerfect, dan Star Office Writer.

2. Pengolahan Angka

Merupakan aplikasi yang dapat di gunakan untuk melakukan pengolahan angka seperti perhitungan. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melakukan pengurangan, pertambahan, perkalian, pembagian, atau dapat melakukan perhitungan dan menemukan jawaban perhitungan tersebut dengan mudah. Contohnya yaitu Microsoft Excel.

3. Program Multimedia

Merupakan program yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan beberapa media informasi misalnya seperti teks, gambar, video, audio, grafik dan sebagainya. Saat ini banyak sekali aplikasi multimedia mulai dari banyak sekedar untuk melihat gambar, video dan mendengarkan audio sampai yang dapat mengedit atau membuatnya. Contohnya seperti Windows Movie Marker dan Adobe Flash Player.

C. Jenis-Jenis Aplikasi

Berikut jenis program aplikasi yang saat ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya seperti:

1. Aplikasi Pengolah Kata

Yaitu aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengolahan kata atau naskah. Contohnya seperti Microsoft Word, Microsoft Word, Word Star, Open Office Writer, Lotus Ami Pro, WordPerfect, dan sebagainya.

2. Aplikasi Speadsheet

Yaitu program aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah data, khusunsya angka dalam bentuk kolom. Contohnya seperti Microsoft Excell, Lotus Improv, OpenOffice Calc, StarOffice Calc, Gnumeric, dan sebagainya.

3. Aplikasi Multimedia

Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan beberapa media informasi misalnya seperti teks, gambar,video,audio, grafik dan sebagainya. Saat ini banyak sekali aplikasi multimedia mulai dari hanya sekedar untuk melihat gambar, video dan mendengarkan audio sampai yang dapat mengedit atau membuatnya. Contohnya seperti Adobe Flash Player, PowerDVD, Windows Movie Marker, ACDsee, DirectX, dan sebagainya.

4. Aplikasi Presentasi

Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan presentasi, misalnya seperti menampilkan materi dalam bentuk silide show. Contohnya seperti Microsoft Power Point, OpenOffice Impress, Silideshark,  dan sebagainya.

5. Aplikasi DBMS (Database Management System)

Yaitu aplikasi yang dapat menyimpan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi. Program aplikasi Database Management System (DBMS) ada yang gratis sampai yang berbayar. Contohnya seperti MySQL, Microsoft Access, Oracle, SQL Server, Foxpro, dan sebagainya.

6. Aplikasi Graphics

Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat desain grafis, atau untuk mengolah data berbentuk gambar (membuat dan mengubah dambar). Saat ini terdapat dua macam grafis yaitu grafis dalam bentuk vektor dan bitmap. Contohnya seperti: Adobe Illustrator, Adobe photoshop, Corel Draw, dan sebagainya.

7. Aplikasi Akuntasi

Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu hal-hal yang berkaitan dengan keuangan atau akuntansi. Contohnya seperti: MYOB, DacEasy Accounting, Pacioli 2000, Omega Accounting, Easy Accounting System, PeachTree Accounting, dan sebagainya.

8. Aplikasi Statistik

Yaitu aplikasi yang dapat di gunakan untuk membantu dalam melakukan penelitian, yang dimana penelitian tersebut ada kaitannya dengan statistik. Contohnya seperti: SAS, Regressit, SPSS, Slsat, SOFA, Statisca, dan sebagainya.

9. Aplikasi Desktop Publishing

Yaitu aplikasi yang dapat mengatur tata letak cetak pada naskah, sehingga naskah tersebut siap untuk di cetak. Contohnya seperti Adobe InDesign, Corel Ventura, iStudio Publisher, Page Maker, dan sebagainya.

10. Aplikasi Communication

Yaitu aplikasi yang dapat dgunakan untuk melakukan komunikasi dengan pemakai komputer atau gadget lain. Contohnya seperti: DataFax, Carbon Copy, CrossTalk, dan sebagainya.

Masih banyak lagi jenis aplikasi lainnya sepeti aplikasi game: emulator game atau berbagai macam game lainnya. Ada juga aplikasi internet browser gunanya yaitu memudahkan untuk mencari informasi di internet, contohnya seperti Mozilla Firefox, Google chrome, Opera, Safari, dan sebagainya. (Baca juga: Mengenal pengertian web browser dan contohnya).

D. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas tadi maka dapat disimpulkan aplikasi yaitu perangkat lunak (software) yang siap pakai, dibuat untuk membantu pekerjaan penggunanya. Karakteristik aplikasi yaitu merupakan elemen logika, dapat di kembangkan, dan berbentuk program. Sedangkan aplikasi mobile yaitu perangkat lunak yang penggunanya saat menggunakannya dapat melakukan mobilitas atau sambil bergerak, salah satu contohnya seperti aplikasi yang terdapat pada handphone.

Itulah tulisan mengenai pengertian aplikasi pada komputer atau perangkat lainnya. Semoga dapat kamu pahami dan mohon maaf jika ada kesalahan. Sekian dan terimakasih.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Related Post "Pengertian Aplikasi Dan Contohnya Serta Beberapa Jenisnya"

Pengertian Monitor Komputer Dan Fungsinya Rangkuman Singkat
Pengertian monitor komputer dan fungsinya, serta dilengkapi
Pengertian Domain Dan Subdomain Serta Contohnya
Pengertian domain dan subdomain maupun contohnya. Kalian
Mengenal Pengertian Web Browser Dan Contohnya
Apa pengertian web browser dan contohnya maupun
Memahami Pengertian Web Server Dan Cara Kerjanya
Silahkan pahami definisi atau pengertian web server