Pengertian Produk Dan Contohnya Yang Dihasiklan Perusahaan

Pahami secara baik-baik definisi atau pengertian produk yang dilengkapi dengan contohnya. Setiap manusia pastinya selalu mengkonsumsi berbagai barang yang memang di butuhkannya. Barang hasil dari proses produksi perusahaan atau yang lebih dikenal dengan sebutan “produk” memang selalu melekat dalam kehidupan manusia, oleh karena itu maka tak heran jika manusia selalu membutuhkannya untuk keperluan sehari-hari. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan secara singkat apa itu produk dan apa saja jenis maupun contohnya.

A. Penjelasan Produk

Yang dimaksud Produk adalah hasil proses produksi yang dilakukan oleh produsen atau perusahaan yang nantinya akan dijual kepada konsumen yang membutuhkan. Sebagian besar pendapatan suatu perusahaan berasal dari produk yang dijualnya kepada para konsumen, konsumen akan membeli produk tersebut untuk keperluannya sehari-hari, maupun untuk memenuhi kepuasannya. Saat ini banyak sekali perusahaan yang berpendapat bahwa konsumen lebih menyukai produk yang harganya relatif murah tapi memiliki kualitas yang baik.

B. Klasifikasi atau Jenis-Jenis Produk

Adapun klasifikasi atau jenis-jenis dari produk yang di konsumsi/digunakan, diantaranya seperti:

a. Produk konsumsi

Yaitu produk yang digunakan oleh konsumen tingkat akhir, jadi konsumen membeli lalu digunakan langsung sehingga tidak dijual kembali. Secara umum produk yang sering di konsumsi masyarakat digolongkan menjadi 3 (tiga) bagian diantaranya:

1. Produk Kebutuhan Sehari-Hari

Merupakan produk yang sering sekali di beli oleh konsumen, karena produk ini sangat di perlukan dan mudah sekali habis jika digunakan. Pada produk sehari-hari ini konsumen mudah sekali untuk berganti merek entah itu alasanya kurang puas dengan merek sebelumnya, terpengaruh oleh iklan-iklan di berbagai media, ingin mencoba produk baru, ataupun dengan alasan lainnya. Produk harian misalnya seperti sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, makanan, minuman, dsb.

2. Produk Belanjaan

Konsumen membeli produk belanjaan umumnya dengan cara membandingkan antara produk yang satu dengan produk lainnya yang sejenis, baik itu membandingkan dari segi harga, spesifikasi, dan kualitasnya. Selain membandingkan dari ketiga hal tersebut umumnya konsumen akan melihat fisik produk tersebut, melihat pelayanan penjualnya, dan tempat dijualnya produk tersebut. Biasanya produk ini adalah produk elektronik dan fashion seperti: telepon genggam, televisi, sepatu, jaket, dsb.

3. Produk Khusus

Dapat di katakan merupakan produk yang berkesan mewah dan istimewa, konsumen akan rela membayar dengan harga yang sangat tinggi untuk mendapatkan produk tersebut. Produk khusus misalnya seperti: sepeda motor sport, mobil mewah, telepon genggam mewah, atau produk limited edition.

definisi produk

Apakah itu produk?

b. Produk Industri

Yaitu produk yang dibeli oleh produsen atau perusahaan, yang nantinya akan di jual kembali atau digunakan sebagai bahan baku untuk proses produksi sehingga menghasilkan barang lain. Jadi intinya barang / produk industri digunakan untuk proses produksi.

1. Materials And Parts (Bahan Baku Dan Suku Cadang)

Yang pertama yaitu bahan mentah, dapat dikatakan juga bahan baku yang digunakan oleh perusahaan untuk proses produksi, sehingga dapat menghasilkan produk lain yang lebih bermanfaat. Bahan mentah dibagi menjadi dua yaitu produk hasil dari pertanian seperti: kapas, gandum, beras, kayu, dll. Contohnya gandum yang di ubah menjadi roti. Dan produk hasil dari kekayaan alam seperti: minyak, kayu, besi, dll. Contohnya kayu yang di ubah menjadi kursi, meja, dan lemari.

Yang ke dua yaitu bahan jadi dan suku cadang, komponen material/bahan jadi misalnya seperti benang, dan komponen parts seperti ban dan velg pada roda kendaraan. Komponen material dapat di olah kembali seperti benang yang di olah menjadi kain. Sedangkan komponen parts merupakan komponen yang termasuk kedalam produk jadi yang tidak bisa diolah kembali. Komponen parts seperti ban atau velg pada roda kendaraan yang di gunakan pada kendaraan.

2. Capital Items (Barang Modal)

Yaitu produk atau barang yang memiliki daya tahan sangat lama, barang ini dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengembangkan dan mengelola produk jadi. Capital items seperti bangunan pada instalasi suatu pabrik misalnya seperti: kantor, bangunan tempat produksi, mesin produksi, dll. Dan peralatan tambahan misalnya seperti peralatan yang sifatnya praktis seperti laptop, alat angkut barang, dan alat-alat portable lainnya.

3. Supplies And Services (Perlengkapan Dan Layanan Bisnis)

Yaitu barang yang memiliki daya tahan yang lama juga dan berguna memberikan kemudahan untuk mengelola semua produk jadi. Diantaranya seperti Supplies, yaitu perlengkapan untuk operasi produksi, contohnya pelumas mesin, bahan bakar mesin, alat tulis dan sebagainya. Busines service yaitu pemeliharaan sekaligus perbaikan terhadap alat-alat yang mengalami gangguan, dan juga konsultasi dalam berbisnis misalnya seperti konsultasi terhadap hukum bisnis, periklanan produk, dll.

(Baca juga: Pengertian perusahaan manufaktur dan contohnya terlengkap).

C. Ciri-ciri Produk Yang Di Sukai Konsumen

Adapun beberapa ciri produk yang di sukai konsumen, diantaranya sebagai berikut:

a. Awet atau Tahan Lama

Tentunya konsumen menyukai produk yang tahan lama jika digunakan atau awet sehingga tidak mudah rusak. Misalnya seperti telepon genggam umumnya rata-rata orang di Indonesia menyukai telepon genggam yang harganya murah tapi memiliki daya tahan yang baik. Dengan daya tahan yang baik maka banyak sekali produk telepon genggam yang laku dan di sukai masyarakat Indonesia.

b. Perawatan Yang Mudah

Produk yang disukai oleh konsumen selain awet yaitu mudah dirawat atau di pelihara. Misalnya seperti pada pakaian, selain pakaian tersebut harus nyaman saat digunakan maka pakaian tersebut juga harus mudah di rawat atau di bersihkan. Atau seperti pada sepatu, banyak sekali masyarakat yang menyukai sepatu yang simpel karena selain mudah digunakan sepatu tersebut biasanya mudah untuk di bersihkan.

c. Murah

Saat ini sebagian besar konsumen menyukai produk dengan harga yang relatif murah. Selain harganya yang harus terjangkau tentunya produk tersebut harus memiliki kualitas yang cukup baik. Seperti tadi contohnya pada produk telepon genggam, konsumen lebih memilih produk yang relatif murah tapi memiliki kualitas yang cukup baik.

(Baca juga: Pengertian perilaku konsumen dan menurut para ahli lengkap).

D. Contoh Produk Yang Di Hasilkan Oleh Perusahaan / Produsen

Beberapa contoh produk yang dihasilkan oleh berbagai macam perusahaan diantaranya seperti:

  • Contoh pada makanan: Mie Instan, Sosis, Pizza, Kue, Cemilan, dll. Pada bumbu dan bahan untuk memasak misalnya seperti Minyak Goreng, Tepung Terigu, Kaldu Ayam, Mentega, Margarin, dll.
  • Contoh pada minuman: Air mineral / air minum kemasan, minuman kaleng / botol, Susu Kemasan, dll.
  • Contoh pada elektronik: Handphone/ telepon genggam, konsol game, televisi, komputer, laptop, dll.

Mungkin hanya itulah tulisan yang memberikan penjelasan tentang pengertian produk, semoga tulisan ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pembaca, terimakasih.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Produk Dan Contohnya Yang Dihasiklan Perusahaan"

Pengertian Pariwisata Dan Jenis-Jenisnya Rangkuman Lengkap
Kenali definisi atau pengertian pariwisata dan juga
Pengertian Etika Bisnis Dan Contohnya Lebih Umum
Definisi atau pengertian etika bisnis dan contohnya
Ringkasan Pengertian Asuransi Konvensional Dan Manfaatnya
Ringkasan definisi atau pengertian asuransi konvensional yang
Pengertian Pelayanan Prima Dan Contohnya Beserta Tujuannya
Berikut ini rangkuman secara jelas tentang definisi