Pengertian Poster Dan Jenisnya Serta Tujuannya

Berikut ini definisi atau pengertian poster, ciri-ciri, jenis-jenis, tujuannya, cara membuat poster dengan baik dan benar. Mungkin kita sering sekali melihat gambar-gambar yang dilengkapi dengan kata-kata pada kertas berukuran besar yang ditempelkan atau dipajang di tempat-tempat ramai seperti di alun-alun, pasar, mal dan lain-lain. Mungkin yang kita lihat itu merupakan salah satu jenis dari poster. Apakah itu poster? Apa saja Jenisnya? Apa tujuannya dibuatnya? Untuk itu mari bersama-sama kita mempelajarinya.

A. Apakah Pengertian Poster?

Yang dimaksud Poster adalah suatu desain grafis yang di dalamnya terdapat gambar dan kata-kata pada kertas berukuran besar, isinya memuat tentang informasi dan di tempel di tempat-tempat umum agar dapat dilihat atau dibaca banyak orang. Poster sifatnya untuk mencari perhatian banyak orang, poster juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, seputar pendidikan dan lain-lain.

Atau definisi Poster adalah gambar yang berisi informasi pada kertas berukuran besar, yang ditempelkan di dinding atau tempat-tempat tertentu agar dapat di lihat oleh banyak orang. Poster bermanfaat untuk memberikan pemahaman tentang suatu informasi kepada banyak orang atau para pembaca mengenai apa yang ingin di sampaikan oleh pembuat poster menggunakan gambar dan kata-kata yang singkat, sederhana dan jelas.

pengertian poster
sumber: pixabay.com

B. Apa Tujuan Dibuatnya Poster?

Poster bertujuan untuk memberikan informasi, mengajak dan menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang di gambarkan atau di tuliskan pada poster tersebut. Tujuan pada poster harus tersampaikan kepada orang banyak, dapat kita temukan banyak sekali poster yang ditempelkan di tempat-tempat umum atau tempat tertentu supaya diketahui oleh orang banyak.

Baca Juga: Pengertian Brosur Dan Fungsinya

Baca Juga: Pengertian Spanduk Dan Baliho

C. Ciri-Ciri Poster

Poster mempunyai beberapa ciri, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Merupakan karya seni yang memadukan antara unsur gambar dan kata-kata yang dibuat pada kertas berukuran besar supaya lebih mudah di baca orang banyak.
  • Biasanya poster mengandung unsur-unsur warna yang mencolok, tujuannya supaya dapat menarik perhatian.
  • Berisikan kalimat-kalimat yang cukup singkat, jelas dan mudah dimengerti pembaca.
  • Poster bisanya selalu mengandung unsur gambar yang menarik, agar membuat banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada di dalamnya.
  • Biasanya poster di pasang di tempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang, misalnya di tempat yang ramai seperti alun-alun kota, pasar dan-lain-lain.

D. Syarat-Syarat Poster

Poster mempunyai beberapa syarat, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Bahasa atau kalimat yang digunakan harus mudah dipahami oleh banyak orang.
  • Kalimat pada poster harus singkat, jelas dan padat.
  • Mengkombinasikan antara gambar yang menarik dengan tulisan.
  • Dibuat semenarik mungkin, supaya menarik perhatian banyak orang.
  • Poster harus di tempelkan atau di pajang di tempat-tempat yang ramai.
  • Bahan-bahan untuk membuat poster harus yang memiliki kualitas yang baik, supaya tidak cepat rusak.

E. Jenis-Jenis Poster

Jenis-jenis dari poster dibagi menjadi 2 (dua) jenis, diantaranya sebagai berikut ini:

a. Poster Berdasarkan Isinya

Berdasarkan dari isinya poster dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Poster Layanan Masyarakat

Poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

2. Poster Niaga

Poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

3. Poster kegiatan

Poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan di laksanakan.

4. Poster Karya Seni

Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

5. Poster Pendidikan

Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

b. Poster Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan dari tujuannya poster dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Poster Propaganda

Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Biasanya supaya tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lain-lain, dapat dikatakan juga poster ini merupakan poster untuk mempengaruhi orang lain.

2. Poster Kampanye

Poster yang biasanya sering muncul saat masa-masa pilkada atau pemilu, bertujuan untuk mereraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilihnya saat pemilu tiba.

3. Poster Afirmasi

Pengertian poster afirmasi yaitu jenis poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.

4. Poster “Dicari”

Poster yang bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang di perlukan. Misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang dan lain-lain.

5. Poster Film

Poster yang bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan di tayangkan, dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.

6. Poster Komik

Poster yang bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

7. Poster “Cheesecake”

Poster yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak. Biasanya poster ini memuat gambar-gambar orang terkenal seperti selebriti, penyanyi dan-lain-lain yang dapat menarik perhatian banyak orang.

8. Poster Riset

Poster yang bertujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian (riset) kepada orang banyak, biasanya poster jenis ini sering ditemui di sekolah.

9. Poster Komersial

Poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, poster jenis ini sering disebut juga sebagai poster niaga.

10. Poster Kelas

Poster yang secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa. Sering sekali poster ini kita lihat di dalam kelas-kelas yang ada di sekolah.

sumber: pixabay.com

E. Langkah-langkah atau Cara Membuat Poster

Adapun cara-cara membuat poster dengan baik dan tepat, seperti berikut ini:

1. Tentukan Topik dan tujuannya

Tentukan apa yang ingin dibahas pada poster, apakah poster tersebut akan membahas suatu produk, kegiatan dan-lain-lain. Lalu tentukan alasan mengapa poster tersebut harus dibuat, apakah untuk mempromosikan produk atau memberitahukan tentang suatu kegiatan kepada masyarakat.

2. Buatlah kalimat yang singkat, jelas dan mudah dimengerti

Biasanya poster dibaca hanya sekilas oleh orang-orang. Jarang sekali orang membaca poster berlama-lama, jadi buatlah kalimat yang singkat, jelas, mudah dimengerti dan tentunya harus dapat terbaca. Gunakan juga kata-kata yang bersifat dapat mempengaruhi.

3. Gunakan Gambar Yang menarik

Gunakan gambar yang sesuai dengan topik yang dibahas, tentunya gambar harus dapat menarik perhatian orang banyak. Gunakan gambar yang warnanya mencolok supaya terlihat menarik.

4. Gunakanlah Media Yang Tepat

Tempatkan poster yang telah dibuat pada media atau pada tempat yang ramai dan sering dilalui oleh banyak orang, tentunya supaya informasi atau maksud dari poster tersebut dapat diketahui banyak orang.

Demikianlah penjelasan seputar pengertian poster dan jenisnya, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan, terimakasih telah membacanya dan mohon maaf jika ada kesalahan.

Bagikan Ke: