Pembahasan Pengertian Menyimak Dan Contohnya Umum

Inilah definisi atau pengertian menyimak dan contohnya serta tujuannya secara umum. Umumnya keterampilan dalam berbahasa diantaranya seperti keterampilan membaca, menulis, berbicara dan menyimak. Dapat dikatakan keterampilan membaca dan menyimak termasuk kepada aspek pemahaman, lalu keterampilan membaca dan menulis termasuk kepada aspek penggunaan. Seseorang dapat memahami informasi yang di terimanya jika dia mendengar dan membaca lalu menyimak informasi tersebut dan untuk menerapkannya dibutuhkan keterampilan dalam berbicara dan juga menulis. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai “Menyimak”, yang dapat kamu baca di artikel ini.

A. Penjelasan Menyimak

Yang dimaksud dengan menyimak adalah proses dari aktivitas mendengarkan pesan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi dan menafsirkan pesan tersebut untuk mendapatkan informasi lalu memahami isi informasinya. Atau arti menyimak yaitu, mendengarkan dengan sungguh-sungguh untuk memahami pesan atau materi yang disampaikan dengan penuh perhatian, dengan keinginan yang tinggi dan dengan pemahaman mengenai pesan atau materi yang disampaikan.

Dapat dikatakan juga menyimak merupakan suatu proses mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian dengan maksud untuk memperoleh informasi dan memahami makna dari informasi tersebut. Itulah beberapa arti atau penjelasan tentang menyimak, kamu dapat memilih yang mana saja karena jika diamati semuanya memiliki inti yang sama.

definisi menyimak

Penjelasan Menyimak.

B. Tahapan-Tahapan Menyimak

Terdapat beberapa tahapan dalam menyimak, diantaranya seperti tahap mendengarkan, memahami, menafsirkan, mengevaluasi dan menanggapi, yang penjelasannya sebagai berikut ini:

a. Mendengarkan (Heaarning)

Tahap ini merupakan tahap dimana mendengarkan sesuatu dari yang menyampaikan pesan lalu memperosesnya untuk memperoleh isi informasi yang baru.

b. Tahap memahami (Understanding)

Setelah mendapatkan informasi dari pesan yang disampaikan oleh pembicara/nara sumber, maka pendengar akan merasa ingin mengetahui, ingin mengerti dan memahami isi dari informasi yang sudah di dapatkan dari apa yang sudah dia dengarkan.

c. Tahap menafsirkan (interpreting)

Biasanya pada tahap ini akan merasakan tidak puas dengan apa yang sudah disampaikan oleh narasumber yang menyampaikan pesan, lalu akan muncul keinginan untuk menafsirkannya dalam pendapatnya sendiri yang dianggap bisa melengkapi informasi yang sebelumnya sudah di dapatkan.

d. Mengevaluasi (Evaluating)

Lalu setelah menafsirkan biasanya akan melakukan evaluasi atau penilaian terhadap narasumber yang menyampaikan pesan, apakah baik atau kurang baik dan biasanya pendengar yang mendapatkan informasi akan berpendapat mengenai kelemahan maupun keunggulan dari narasumber.

e. Menanggapi (Responding)

Tahap ini merupakan tahap terakhir dalam menyimak, dimana orang yang menyimak akan menyerap hasil dari Informasi yang di simaknya lalu memberikan tanggapan terhadap informasi yang sudah di dapatkannya, tanggapannya dapat berupa pertanyaan, komentar dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian berita dan ciri-ciri berita yang baik.

C. Tujuan Menyimak

Tujuan utama menyimak tentunya untuk mendapatkan informasi dari pesan yang disampaikan, dan memahami ide maupun gagasan yang terdapat pada materi atau bahasan. Dengan demikian tujuan menyimak dapat dijabarkan sebagai berikut ini:

a. Untuk mendapatkan informasi

Mungkin inilah yang menjadi tujuan utama dalam aktivitas menyimak, dengan menyimak seseorang bisa mendapatkan informasi yang diinginkannya.

b. Untuk memahami isi dari pesan/materi yang disampaikan

Dengan menyimak seseorang akan mendapatkan informasi, dan mereka akan berusaha untuk memahami isi atau inti dari informasi yang disampaikan oleh narasumber.

c. Untuk menganalisis fakta

Menyimak juga dapat bertujuan untuk menganalisis fakta-fakta yang di dapatkan yang tentunya berkaitan dengan informasi yang didapatkan dari materi atau pesan yang disampaikan narasumber.

d. Untuk mengevaluasi fakta

Menyimak sangat diperlukan untuk melakukan evaluasi terhadap fakta-fakta informasi yang sudah di dapatkan, dan nantinya orang yang menyimak akan menyimpulkan pendapatnya sendiri mengenai inti informasi yang sudah di analisisnya.

D. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Dalam Menyimak

Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam menyimak misalnya seperti:

a. Unsur Pada Pembicaraan

Dalam menyampaikan pesan/materi, pembicara harus menguasai materi bahasan dengan penuh percaya diri, berbicara secara baik dan lugas dalam menyampaikan bahasan materi sehingga akan mudah dimengerti oleh pendengar.

b. Unsur Materi

Materi yang diberikan harus aktual, sistematis, seimbang dan tentunya memiliki manfaat.

c. Unsur Yang Perlu Dimiliki Oleh Penyimak

Adapun beberapa unsur yang harus dimiliki penyimak misalnya:

1. Kondisi harus dalam keadaan baik

Kondisi penyimak atau penerima pesan/materi haruslah dalam keadaan baik dan sedang sehat.

2. Harus berkonsenterasi

Tentunya supaya informasi bisa di terima dengan baik maka haruslah berkonsenterasi dalam menyimak materi yang disampaikan oleh pembicara/narasumber.

3. Adanya minat untuk menyimak

Harus ada niat atau minat dalam menyimak. Dengan adanya minat jadi rasa ingin tahu akan informasi bertambah dan tidak akan ada unsur pemaksaan.

3. Harus berpengalaman

Supaya materi yang disampaikan mudah dimengerti oleh penyimak, maka penyimak setidaknya harus memiliki pengalaman mengenai materi yang di disimaknya.

d. Unsur situasi

Unsur situasi-pun dapat berpengaruh dalam keberhasilan menyimak, adapun unsur-unsur tersebut yang diantaranya:

1. Waktu saat melakukan penyimakkan

Waktu-pun sangat berpengaruh dalam keberhasilan penyimakan, misalnya dilakukan pada pagi hari atau waktu dimana penerima materi dapat berkonsenterasi secara baik.

2. Sarana pendukung.

Sarana untuk menyampaikan materi-pun sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan dalam menyimak, misalnya komputer, proyektor dan pengeras suara untuk menyampaikan materi kepada para penerima materi.

3. Suasana lingkungan

Misalnya suasana lingkungan yang tentram dan tidak berisik akan mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan penyimakkan.

Baca juga: Pengertian karakter dan pendidikan karakter secara umum.

E. Contoh Menyimak

Salah satu contoh menyimak misalnya seorang anak yang mulai belajar berbahasa. Dia akan mulai menyimak bunyi-bunyi yang didengarnya, lalu akan menirukan dan mencoba menerapkannya dalam berbicara. Setelah memasuki dunia pendidikan anak tersebut akan belajar membaca dan mengenal angka, huruf, tanda baca dan bunyi bahasa yang di ajarkan olah gurunya di sekolah, sampai dia bisa menirukan dan mengucapkan kalimat, bahasan atau kegiatan menirukan bunyi-bunyi dari kalimat atau bahasa tersebut. Lalu anak tersebut akan mulai belajar menulis dan seterusnya sampai dia memahami apa yang sudah di pelajarinya sampai dia mampu memahami dan mengerti maksud dari pesan atau materi yang di sampaikan oleh orang lain yang di ungkapkan dengan lisan ataupun tulisan.

Itulah secara singkat penjelasan atau pengertian menyimak, semoga penjelasan di atas tadi dapat dimengerti atau di pahami dan semoga dapat memberikan manfaat.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pembahasan Pengertian Menyimak Dan Contohnya Umum"

Secara Umum Pengertian Profesi Dan Contohnya
Secara umum definisi atau pengertian profesi dan contohnya.
Pengertian Produk Dan Contohnya Yang Dihasilkan Perusahaan
Pahami secara baik-baik definisi atau pengertian produk
Pengertian Pariwisata Dan Jenis-Jenisnya Rangkuman Lengkap
Kenali definisi atau pengertian pariwisata dan juga
Pengertian Etika Bisnis Dan Contohnya Lebih Umum
Definisi atau pengertian etika bisnis dan contohnya