Pengertian Wirausaha Dan Keuntungannya Serta Jenisnya

Inilah definisi atau pengertian wirausaha dan keuntungannya. Apakah kamu pernah mendengar istilah Wirausaha? Istilah yang satu ini sering sekali diartikan berbisnis. Dapat kamu lihat, di jaman sekarang banyak sekali orang-orang yang berwirausaha untuk mencari penghasilan maupun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika kamu ingin mengetahui secara lebih mendalam mengenai apa itu wirausaha berikut ini penjelasannya:

A. Penjelasan Wirausaha

Yang dimaksud dengan wirausaha adalah kemampuan seseorang untuk berdiri sendiri dalam melihat dan mengejar peluang bisnis, lalu menyatukan berbagai sumber daya untuk mengambil keputusan yang tentunya untuk mendapatkan keuntungan sehingga tercapai keberhasilan.

Seorang wirusahawan harus kreatif, inovatif, bekerja keras, mempunyai kemauan dan berjiwa pemimpin. Tapi semuanya itu tidak slalu harus dimiliki, kemauan dan kerja keras dapat menjadi salah satu modal untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Jika dalam bahasa Inggris wirausaha disebut Entrepreneur, diartikan sebagai orang yang mempunyai bakat dalam menilai nilai jual suatu produk. Tentunya untuk berwirausaha harus berani mengambil resiko.

B. Keuntungan Dan Kelemahan Wirausaha

A. Keuntungan wirausaha

Keuntungan yang bisa di dapat jika berwirausaha, diantaranya:

a. Terbukanya peluang untuk menunjukan kemampuan dan potensi

Seorang wirausahawan tentunya dia harus memiliki kemampuan dan juga potensi untuk berbisnis. Dia akan melihat peluang bisnis lalu berbisnis dengan kemampuan dan potensi yang dia miliki.

b. Terbukanya peluang untuk dapat mencapai tujuannya sendiri

Seorang wirausahawan dia akan melihat peluang dan berbisnis untuk mencapai tujuan yang telah dia tentukan sendiri. Seorang wirausahawan tidak akan bergantung kepada banyak orang, karena dia menjalankan bisnisnya dengan kemampuan dan potensi yang dia miliki.

definisi wirausaha

Apa yang diamksud wirausaha?

c. Terbukanya peluang untuk mendapatkan manfaat dan keuntungan yang maksimal.

Dengan menjadi wirausahawan maka peluang untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal dapat diraih, karena bisnis yang diaturnya merupakan hasil dari kerja kerasnya sendiri.

d. Terbukanya peluang untuk menjadi pemimpin atau bos

Karena seorang wirausahawan membuat dan memulai bisnisnya sendiri, tentunya dia akan menjadi seorang pemimpin atau bos dalam perusahaannya.

e. Terbukanya peluang untuk membantu masyarakat

Maksudnya seorang wirausahawan dapat membantu orang lain dalam mendapatkan pekerjaan, misalnaya mempekerjakan orang lain dan memberikan upah dalam bisnis atau perusahaan yang dia pimpin.

Baca juga: Pengertian wiraswasta dan menurut para ahli lengkap.

B. Kelemahan Wirausaha

Adapun kelemahan jika berwirausaha, diantaranya:

a. Pendapatan yang tidak pasti dan menanggung beban resiko

Pendapatan berwirausaha tentunya tidak akan pasti atau tetap. Seorang wirausahawan tidak di gaji/upah oleh pimpinan atau bos-nya, karena dia sendiri yang menjadi bos-nya. Setiap menjalankan bisnis tentunya resiko selalu ada entah itu resiko rugi atau penghasilan yang menurun dll. Tapi setiap resiko dapat di antisipasi dan dikurangi dengan menjalankan manajemen yang baik.

b. Kerja keras dan jam kerja yang panjang

Untuk menjadi seorang wirausaha yang berhasil, tentunya harus bekerja keras dan pantang menyerah dalam berbisnis. Seorang wirausahawan memiliki jam kerja yang panjang karena dia menjalankan bisnisnya sendiri terkadang jam kerjanya-pun tidak menentu.

c. Kualitas kehidupan yang rendah sampai usaha/bisnisnya berhasil.

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang berhasil tentunya tidaklah instant, Tapi membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai keberhasilan tersebut. Dimulai dari kualitas hidup yang rendah, dan jika menemukan keberhasilan tentu kualitas hidupnya akan meningkat.

d. Tanggung jawabnya sangat besar

Seorang wirausahawan memiliki tanggung jawab yang besar, karena banyak sekali keputusan-keputusan yang harus diambil dalam menjalankan bisnisnya. Banyak sekali wirausahawan yang baru memulai menjalankan bisnisnya tapi dia kurang menguasai permasalahan yang dihadapinya, tapi hal seperti itu dapat digunakan untuk melatih diri dan meningkatkan pengalaman.

C. Faktor Pendukung Keberhasilan Dalam Wirausaha

Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam keberhasilan berwirausaha, diantaranya:

a. Faktor manusia

Merupakan faktor yang utama untuk mencapai keberhasilan dalam berwirausaha, karena tanpa ada yang memanajemen sebuah bisnis, bisnis tersebut tidak akan berhasil.

b. Faktor keuangan

Merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam berwirausaha. Karena tanpa adanya modal atau uang untuk berwirausaha, bisnis yang dijalankan tidak akan berhasil maka oleh karena itu dibutuhkan modal untuk menjalankan suatu bisnis. Tapi bukan hanya pada masalah uang saja, pengelolaan keuangan-pun dapat menjadi faktor untuk mencapai keberhasilan. Karena percuma jika memiliki modal atau uang yang banyak tanpa diiringi dengan pengelolaan keuangan yang baik.

c. Faktor perencanaan.

Perencanaan memiliki fungsi untuk merumuskan tujuan bisnis yang diharapkan. Dengan perencanaan yang baik, maka diharapkan kegiatan bisnis yang dilaksanakan dapat terkendali dan terhindar dari resiko maupun kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan.

d. Faktor organisasi

Dengan organisasi maka orang-orang yang bekerja dalam perusahaan atau suatu bisnis akan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi dalam suatu bisnis haruslah ada suapaya kegiatan bisnsis dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan dapat menjalankan perencanaan dengan baik tanpa ada masalah.

e. Faktor pengelolaan

Dengan pengelolaan yang baik maka peluang tercapainya keberhasilan dalam berwirausaha dapat tercapai. Misalnya seperti pengelolaan keuangan atau modal, pengawasan, pelaksanaan, pengendalian dll.

f. Faktor administrasi

Dengan administrasi yang dijalankan secara baik, maka data-data yang berguna akan tersimpan dengan baik. Sehingga jika dibutuhkan akan mudah untuk digunakan kembali.

g. Faktor pemasaran

Yang tidak kalah penting lainnya yaitu faktor pemasaran, karena pemasaran dapat menentukan produk atau jasa mana saja yang tepat untuk sampai ke calon konsumen.

h. Faktor fasilitas dari pemerintah

Beberapa fasilitas yang diberikan pemerintah misalnya memudahkan ijin untuk membuka usaha atau bisnis dll. Sehingga seorang wirausahawan akan sangat terbantu untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

D. Faktor Yang Menjadi Sumber Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha

A. Faktor sumber keberhasilan

Beberapa faktor yang menjadi sumber keberhasilan dalam berwirausaha, diantaranya:

a. Memiliki kreativitas, inovasi dan memunculkan ide-ide baru

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang berhasil maka harus kreatif, inovatif dan memiliki ide-ide yang baru dalam berbisnis. Karena jika tidak ditunjang dengan faktor-faktor tersebut, berbisnis cenderung selalu mengalami kegagalan.

b. Berani bermimpi, berani mencoba dan berani gagal.

Untuk mencapai keberhasilan dalam berwirausaha, tentunya harus berani mencoba dan berani menanggung resiko kegagalan. Karena kebanyakan wirausahawan yang berhasil mereka yang berani mencoba dan menaggung resiko.

c. Bekal pengetahuan dan kompetensi kewirausahaan

Dengan bekal pengetahuan dalam berwirausaha, salah satunya pengetahuan cara memanajemen bisnis sangat diperlukan untuk mancapai keberhasilan berwirausaha.

d. Mampu memanajemen keuangan

Dengan menjalankan manajemen keuangan secara baik maka keberhasilan dapat tercapai, jadi manajemen keuangan sangat penting dalam berwirausaha.

e. Dapat membaca peluang pasar

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang berhasil tentunya harus dapat membaca peluang pasar. Seperti produk atau jasa apa saja yang saat ini sedang dibutuhkan oleh calon konsumen.

f. Bersikap Jujur

Selalu bersikap jujur dalam menjalankan bisnis. Karena masyarakat khususnya konsumen akan percaya kepada orang yang jujur, sehingga produk atau jasa yang di pasarkan akan semakin di percaya juga.

g. Keberuntungan

Bisnis yang dijalankan akan berhasil juga jika seorang wirausahawan memiliki keberuntungan yang bagus. Karena dengan keberuntungan apa saja dapat terjadi khususnya dalam dunia wirausaha atau bisnis.

B. Faktor sumber kegagalan

Beberapa faktor yang menjadi sumber kegagalan dalam berwirausaha, diantaranya:

a. Ketidakmampuan dalam manajemen

Inilah mengapa manajemen menjadi sangat penting dalam berwirausaha. Ketidakmampuan dalam memanajemen suatu bisnis dapat menimbulkan gagalnya berwirausaha.

b. Kurang pengalaman

Pengalaman dapat menjadi faktor yang tak kalah penting lainnya. Karena dengan pengalaman yang banyak maka peluang untuk mencapai keberhasilan akan semakin terbuka.

c. Lemahnya kendali keuangan

Mengendalikan modal atau keuangan sangatlah penting dalam berwirausaha, karena dengan dijalankannya manajemen keuangan secara baik maka berpeluang untuk tercapainya keberhasilan.

d. Gagal dalam mengembangkan perencanaan

Faktor selanjutnya yaitu gagalnya mengembangkan perencanaan yang telah dibuat, disinilah kenapa menjalankan manajemen secara baik sangat diperlukan untuk dapat mengurangi resiko kegagalan. Dan masih banyak lagi faktor yang lainnya.

Baca Juga: Pengertian analisis SWOT dan manfaatnya.

E. Beberapa Tujuan Wirausaha

Adapun beberapa tujuan berwirausaha, diantaranya:

  • Dapat meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dan berkualitas.
  • Dapat menumbuhkan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat pada masyarakat.
  • Dapat mewujudkan kemampuan para wirausaha sehingga menghasilkan kesejahteraan masyarakat.
  • Dan dapat membudayakan sikap pantang menyerah, semangat, berperilaku baik dan kewirausahaan pada masyarakat.

F. Beberapa Contoh Jenis Wirausaha

Inilah beberapa contoh jenis bidang wirausaha, yang diantaranya seperti:

a. Kuliner/Makanan

Setiap orang membutuhkan makanan, jadi selalu ada peluang untuk melakukan bisnis di bidang kuliner/makanan. Dimulai dari jenis makanan tradisional hingga modern.

b. Fashion/Pakaian

Pakaian adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Saat ini banyak sekali wirausahawan pemula memulai bisnisnya pada bidang fashion/pakaian. Berbagai macam jenis pakaian dijual di pasaran, mulai dari yang harganya relatif murah hingga yang mahal.

c. Properti

Saat ini bisnis di bidang poperti memiliki prospek yang menjanjikan, maka tak heran banyak sekali wirausahawan yang menjadikan bidang poperti sebagai lahan bisnisnya. Dimulai dari menjual perabotan rumah tangga, bahan bangunan, hingga bangunan jadi seperti rumah, apartemen, tempat industri dll.

d. Peternakan dan perikanan

Banyak sekali bisnis yang dapat dilakukan pada bidang ini. Pada peternakan seperti penyediaan bibit-bibit ternak unggul, makanan ternak dan obat-obat ternak hingga berternak sendiri. Lalu banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan pada bidang perikanan contohnya seperti beternak ikan gurame, berternak ikan lele, menyediakan bibit-bibit ikan unggul hingga menyediakan kolam pemancingan.

e. Agroindustri

Berbisnis di bidang argoindustri merupakan bisnis yang cukup menguntungkan, karena tanah di negara Indonesia cukup subur dan dapat dikatakan negara Indonesia merupakan negara agraris. Tapi sayangnya lahan pertanian semakin kesini semakin menyempit karena banyak di alih fungsikan menjadi perumahan dan kawasan industri.

Sebenarnya masih banyak contoh jenis wirausaha misalnya seperti pada bidang otomotif, jasa angkutan dll. atau seperti yang dapat dilihat di acara-acara televisi biasanya selalu ada yang menyiarkan wirausahawan yang berhasil dalam berbisnis di bidangnya.

Sekian tulisan yang memberikan penjelasan tentang pengertian wirausaha, semoga dapat kamu dipahami dan bermanfaat.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Wirausaha Dan Keuntungannya Serta Jenisnya"

Pengertian Ilustrasi: Fungsi, Jenis, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian ilustrasi dilengkapi fungsi, jenis, dan Contohnya
Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, dan Karakteristiknya Secara Umum
Pengertian seni grafis dilengkapi dengan manfaat, jenis/macamnya,
Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contohnya Di Sekitar Kita
Pengertian seni rupa murni, fungsinya, serta beberapa