Pengertian Kebutuhan Manusia Dan Macamnya Atau Jenisnya

Definisi atau pengertian kebutuhan manusia dan macamnya atau jenisnya lengkap. Makhluk hidup khususnya manusia tentunya membutuhkan berbagai macam kebutuhan untuk kelangsungan hidupnya, entah itu kebutuhan sandang, pangan, papan ataupun yang lainnya, yang dapat memuaskan kebutuhan hidupnya dengan maksud untuk mencapai kemakmuran. Pada tulisan ini kami akan memberikan penjelasan secara lengkap tentang kebutuhan.

A. Penjelasan Mengenai Kebutuhan Manusia

Yang dimaksud kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap barang maupun jasa yang dapat memenuhi kepuasan jasmani dan rohani demi kelangsungan hidup. Atau definisi kebutuhan yaitu keinginan untuk menikmati dan memiliki kegunaan dari barang maupun jasa yang dapat memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani untuk mencapai kemakmuran hidup.

Jika kebutuhan tersebut dapat terpenuhi, maka kehidupan manusia dapat dikatakan telah mencapai kemakmuran. Oleh karena itu kemakmuran merupakan situasi bagi manusia dimana sebagian besar kebutuhannya dapat terpenuhi. Kemakmuran jelas sangat berbeda dengan kekayaan, kemakmuran dapat diartikan sebagian besar kebutuhan sudah terpenuhi, tapi kekayaan menunjukan jumlah harta (barang atau jasa) yang dimiliki oleh seseorang. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan setiap manusia itu berbeda-beda.

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, yang diantaranya:

a. Keadaan alam atau tempat tinggal

Keadaan dari alam atau tempat tinggal dapat menjadi perbedaan dalam memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya orang atau manusia yang tinggal di daerah yang dingin mereka memerlukan pakaian yang tebal untuk bertahan hidup. Lalu contoh lainnya jika orang yang tinggal di tempat tropis mereka pasti umumnya menggunakan pakaian yang tipis karena untuk menyesuaikan diri dengan keadaan iklim yang hawanya panas. Dapat disimpulkan bahwa keadaan alam atau tempat tinggal dapat mendorong manusia untuk menginginkan barang atau jasa yang sesuai dengan kondisi alam tempat tinggalnya.

Definisi kebutuhan

Penjelasan Tentang Kebutuhan Manusia.

b. Adat istiadat

Adat istiadat yang berlaku di masyarakat dapat mempengaruhi kebutuhan hidup. Karena adat istiadat dapat mempengaruhi perilaku dan tujuan hidup masyarakat setempat. Jadi adat istiadat yang berbeda akan menimbulkan kebutuhan yang berbeda pula. Seperti misalnya upacara-upacara perkawinan, dan tradisi lainnya yang berbeda-beda.

c.  Tingkat peradaban

Semakin maju peradaban suatu masyarakat maka semakin banyak juga kebutuhan yang diperlukan, dan semakin banyak kebutuhan maka akan semakin tinggi juga kualitas barang atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat. Pada jaman dahulu kebutuhan manusia hanya sedikit, akan tetapi seiring majunya peradaban kebutuhan manusia semakin banyak. Manusia akan mencoba selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, supaya dapat mencapai kemakmuran hidup. Misalnya dahulu manusia tidak memerlukan kendaraan seperti sepeda motor atau mobil, tapi saat ini sepeda motor dan mobil sudah menjadi kebutuhan yang memang diperlukan manusia untuk bepergian. Karena dengan menggunakan sepeda motor dapat menghemat waktu dan lebih cepat sampai ke tempat tujuan.

Adapun contoh lainnya dahulu manusia tidak memerlukan handpohe cukup memakai surat atau telepon rumah saja, tapi saat ini handphone sudah menjadi kebutuhan manusia, alasannya karena lebih praktis dan multi fungsi untuk digunakan. Kebutuhan manusia akan semakin meningkat, karena manusia membutuhkan barang maupun jasa dengan kualitas yang tinggi seiring perkembangan jaman. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perkembangan jaman dapat mempengaruhi kebutuhan manusia.

Baca juga: Pengertian konsumsi dan tujuannya dalam ekonomi.

C. Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

A. Berdasarkan dari tingkat kepentingannya

Kebutuhan manusia berdasarkan dari tingkat kepentingannya yaitu:

a. Kebutuhan primer

Disebut juga dengan kebutuhan pokok, merupakan kebutuhan harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup. Dapat dikatakan kebutuhan ini adalah kebutuhan yang paling utama bagi manusia oleh karena itu maka harus diutamakan dalam memenuhinya. Kebutuhan primer dapat disebut juga dengan kebutuhan yang paling dasar karena kebutuhan ini yang harus dipenuhi pertama kali oleh setiap makhluk hidup. Contohnya seperti makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, pendidikan dan kesehatan.

b. Kebutuhan sekunder

Disebut juga dengan kebutuhan tambahan, merupakan kebutuhan pelengkap dan tidak mutlak untuk dipenuhi karena tanpa kebutuhan ini manusia masih bisa bertahan hidup. Tapi jika dipenuhi kehidupan manusia akan lebih baik di lingkungannya. Kebutuhan sekunder dapat disebut juga dengan kebutuhan sosial. Contohnya seperti perabotan rumah, tas, jam tangan, kendaraan dan lain-lain.

c. Kebutuhan tersier

Disebut juga dengan kebutuhan kemewahan, merupakan kebutuhan yang digunakan untuk mempertinggi derajat atau gengsi seseorang. Inilah mengapa kebutuhan tersier disebut dengan kebutuhan mewah karena hanya untuk meningkatkan gengsi dalam kehidupan. Umumnya jika kebutuhan ini sudah terpenuhi manusia tidak akan mengalami kesulitan dalam kehidupannya. Contohnya seperti: Mobil mewah, perhiasan, pakaian mewah dan lain-lain.

B. Berdasarkan Sifatnya

Kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya, diantaranya:

a. Kebutuhan jasmani

Merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk kepentingan jasmani yang berguna untuk memelihara pertumbuhan jasmani. Contohnya seperti: Makan, minum, pakaian, berolahraga, pendidikan dan lain-lain.

b. Kebutuhan rohani

Merupakan kebutuhan untuk kesehatan dan ketenangan jiwa seseorang dalam hidupnya. Contohnya seperti: Rekreasi, beribadah, menonton TV dan lain-lain.

C. Berdasarkan Saat Waktu Pemenuhannya

Kebutuhan manusia berdasarkan waktu pemenuhannya, diantaranya:

a. Kebutuhan untuk sekarang

Merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat ini juga, karena jika tidak terpenuhi maka akan menyebabkan kerugian atau musibah yang tidak bisa dihindari.

b. Kebutuhan untuk masa yang akan datang

Merupakan kebutuhan yang tidak harus segera dipenuhi saat ini juga. Jadi kebutuhan ini akan bermanfaat untuk kebahagiaan dan kemakmuran pada masa-masa yang akan datang. Kebutuhan jenis ini dapat disiapkan dari sekarang juga tanpa perlu mengganggu pemenuhan kebutuhan yang saat ini.

D. Berdasarkan Subjeknya

Berdasarkan subjeknya kebutuhan, diantaranya:

a. Kebutuhan individu.

Merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seseorang saja. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, hal ini tergantung kepada keinginannya masing masing, seperti tergantung pada hobi, status sosial, pekerjaan dan lain-lain. Contohnya seperti seorang pelajar membutuhkan perlengkapan sekolah dan seragam, tukang bangunan membutuhkan peralatan bangunan seperti palu, gergaji dan lain-lain.

b. Kebutuhan sosial atau bersama

Merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama atau umum. Kebutuhan bersama sangat berkaitan dengan kesejahteraan, ketertiban, keamanan pada masyarakat. Contohnya kebutuhan fasilitas umum seperti tempat ibadah, akses jalan, jembatan, rumah sakit, sekolah dan lain-lain.

D. Alat Untuk Pemuas Kebutuhan

A. Barang/Produk

Produk atau barang yang sering kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita diantaranya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki wujud.
  • Memiliki nilai dan manfaat yang dirasakan jika digunakan.
  • Jika digunakan nilai, manfaat dan bendanya akan semakin berkurang atau habis.

Jenis-jenis barang yang dibutuhkan manusia diantaranya sebagai berikut:

1. Barang menurut cara memperolehnya

a. Barang bebas

Merupakan barang yang cara memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Contohnya seperti oksigen, cahaya matahari dan lain-lain.

b. Barang ekonomis

Merupakan barang yang cara memperolehnya diperlukan pengorbanan. Contohnya seperti: Pakaian, makan dan minum dan lain-lain.

2. Barang menurut kegunaannya

a. Barang produksi/modal

Merupakan barang yang digunakan untuk menghasilkan barang lain atau barang yang digunakan untuk proses produksi. Contohnya seperti Kain yang dijahit menjadi pakaian.

b. Barang konsumsi

Merupakan barang yang secara langsung bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, atau disebut juga barang jadi, terdiri dari barang tahan lama contohnya perabotan rumah, pakaian dan barang tidak tahan lama contonhnya seperti makanan dan minuman.

3. Barang menurut hubungannya dengan barang lainnya

a. Barang substitusi

Merupakan barang yang bisa mengganti fungsi barang lainnya, atau sifatnya bisa menggantikan barang lain. Contohnya seperti kompor gas yang bisa mengganti kompor minyak untuk memasak.

b. Barang komplementer

Merupakan barang yang bisa melengkapi fungsi dari barang lainnya, atau barang yang nilai gunanya bisa meningkat jika digunakan dengan barang lain. Contohnya seperti Oli untuk pelumas kendaraan, tanpa oli kendaraan akan mudah rusak. Atau kompos gas dengan gas, karena kompor gas tanpa gas tidak akan berfungsi atau tidak bisa menghasilkan api.

4. Barang menurut proses pembuatannya

a. Barang mentah

Merupakan barang yang belum sama sekali mengalami proses produksi. Disebut juga sebagai bahan dasar untuk pembuatan barang. Contohnya seperti kayu, kapas, rotan dan lain-lain.

b. Barang setengah Jadi

Merupakan barang yang sudah melalui proses produksi, tapi belum siap untuk digunakan atau merupakan hasil proses dari barang mentah dan masih dapat digunakan dalam produksi selanjutnya. Contohnya seperti kapas yang di olah menjadi kain.

c. Barang jadi

Merupakan barang yang telah melalui proses produksi dan siap untuk dikonsumsi atau dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya seperti sepatu, pakaian, helm, laptop dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian konsumsi dan tujuannya dalam ekonomi.

B. Jasa

Jasa merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa pelayanan, jadi jasa tidak berwujud. Misalnya kita menggunakan jasa transportasi umum atau tukang kebun untuk membersihkan kebun atau taman yang ada di halaman rumah. Adapun ciri-ciri dari jasa yaitu:

  • Tidak memiliki wujud dan tidak bisa diraba.
  • Hanya bisa dirasakan.
  • Dan jika digunakan tidak akan habis.

Jadi dari penjelasan diatas dapat disimpulkan pengertian kebutuhan yaitu segala sesuatu yang diperlukan manusia supaya dapat hidup secara layak sehingga tercapailah kemakmuran hidup. Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat pada kalian yang telah membacanya. Sekian dan terimakasih.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Kebutuhan Manusia Dan Macamnya Atau Jenisnya"

Memahami Pengertian Sketsa Dan Contohnya Dilengkapi Fungsinya
Mari kita pahami tentang pengertian sketsa dan
Pengertian Diksi Dan Contohnya Maupun Jenisnya
Inilah pengertian diksi dan contohnya maupun jenisnya
Pahamilah Pengertian Storyboard Dan Fungsinya
Pahamilah pengertian storyboard dan fungsinya dilengkapi dengan contohnya.
Pengertian Animasi Dan Jenisnya Serta Prinsipnya
Memahami pengertian animasi dan jenisnya yang dilengkapi