Pengertian Akomodasi Dan Bentuk-Bentuk Akomodasi

Beberapa definisi atau pengertian akomodasi secara umum dan bentuk-bentuk akomodasi yang sering digunakan untuk menghindari permasalahan – Istilah akomodasi sering atau banyak sekali digunakan oleh berbagai macam bidang. Tapi sebelum mengetahuinya secara luas, pertama-tama mari kita pahami istilah ini secara umum terlebih dahulu.

A. Pengertian Akomodasi dan Bentuk-Bentuknya

Yang dimaksud dengan akomodasi adalah proses yang dijalankan untuk menghindari suatu pertentangan dalam interaksi antara perorangan atau kelompok, dengan tujuan supaya tercapai sebuah keadaan yang stabil, baik dan juga kondusif. Adapun bentuk-bentuk dari akomodasi, yang diantaranya seperti:

1. Mediasi.

Merupakan proses akomodasi dengan cara perundingan damai yang dapat difasilitasi oleh pihak ketiga. Dalam perundingan dapat terciptakan akomodasi dari peihak-pihak yang bertikai atau berselisih.

2. Kompromi.

Merupakan proses akomodasi dengan cara memunculkan pengertian antara pihak-pihak yang bertkai. Pada kompromi nantinya dapat terjadi kesepakatan, sehingga terciptakan akomodasi.

pengertian akomodasi
sumber: pixabay.com

3. Paksaan.

Merupakan proses dalam melakukan akomodasi dengan cara memaksa. Karena terkadang untuk mengambil suatu keputusan memang harus dengan cara paksaan, jika itu memang menjadi jalan yang terbaik. Misalnya seperti Hukum merupakan alat akomodasi yang tidak dapat diterima oleh semua kalangan, tetapi karena sifatnya yang memaksa dengan sendirinya akan tercipta suatu akomodasi bagi semua kalangan, karena tanpa paksaan tidak mungkin dapat terjadi akomodasi tersebut. Baca Juga Tentang: Pengertian Sumber Hukum dan Macamnya.

4. Perwasitan.

Merupakan proses akomodasi dengan menggunakan pihak ketiga sebagai penengahnya, dengan tujuan untuk menciptakan akomodasi.

5. Perdamaian.

Merupakan proses akomodasi dengan cara kesepakatan dan juga persetujuan perdamaian antara pihak-pihak yang bertikai.

6. Toleransi.

Merupakan proses akomodasi dengan cara saling memahami antara pihak-pihak yang bertikai. Dengan saling memahami antara satu sama lain maka dapat tercipta akomodasi.

7. Jalan Buntu.

Merupakan proses akomodasi yang dapat terjadi karena terjadi jalan buntu, sehingga pertikaian dapat berhenti.

8. Tindakan Rasional.

Merupakan proses akomodasi dengan cara memberikan alasan-alasan yang dianggap rasional, sehingga alasan tersebut dapat diterima oleh pihak-pihak yang bertikai.

9. Keputusan Hakim.

Merupakan proses akomodasi yang dilakukan dengan keputusan yang diambil oleh Hakim, jadi proses dari akomodasi ini terjadi di dalam pengadilan.

B. Penjelasan akomodasi Dalam Berbagai Macam Bidang

Istilah akomodasi juga sering digunakan dalam berbagai macam bidang dan tentunya memiliki arti yang berbeda-beda, diantaranya seperti:

1. Bidang Parawisata.

Dalam bidang parawisata akomodasi merupakan suatu tempat yang dapat digunakan untuk menginap, misalnya seperti hotel, villa, motel, kamar dan lain-lain. Intinya tempat yang dapat dijadikan sebagai hunian sementara saat seseorang atau keluarga bepergian untuk liburan, berwisata dan lain-lain. Istilah akomodasi pada bidang parawisata biasanya sering digunakan oleh agen travel. Fasilitas dari akomodasi yang disediakan biasanaya tergantung dengan kebutuhan pelanggan atau terdapat paket-paket tertentu.

2. Bidang Pendidikan.

Dalam bidang pendidikan akomodasi diartikan sebagai suatu teknik pelayanan pendidikan khusus yang ditujukan untuk orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus. Akomodasi ini cenderung lebih kepada peralatan, metodologi ataupun pendekatan-pendekatan yang digunakan pada pelayanan. Baca Juga Tentang: Pengertian Manajemen Pendidikan.

3. Bidang Psikologi.

Dalam bidang psikologi istilah akomodasi bisa diartikan sebagai proses adaptasi seseorang atau manusia. Dalam bidang psikologi, akomodasi biasanya juga diartikan sebagai suatu proses yang menggambarkan prilaku setiap orang dan struktur mentalnya yang mengalami proses modifikasi, dengan tujuan supaya bisa melakukan adaptasi dengan lingkungannya.

4. Bidang Kesehatan.

Dalam bidang kesehatan akomodasi dapat berkaitan dengan indra penglihatan, atau lebih jelasnya merupakan proses kemampuan yang dimiliki oleh daya optik. Otot-otot pada siliaris mata yang beradaptasi terhadap objek penglihatan dengan cara menubah panjang dari fokus lensa mata, supaya bisa mendapatkan fokus terhadap citra objek yang dekat maupun jauh secara jelas pada retina mata.

5. Bidang Komunikasi.

Dalam bidang komunikasi akomodasi dapat diartikan sebagai proses komunikasi, atau proses penyesuaian cara untuk berkomunikasi seseorang dengan lawan bicaranya, dengan tujuan supaya dapat berkomunikasi dengan baik. Proses penyesuaian ini biasanya terjadi atas dasar bahasa ataupun watak yang berbeda. Proses komunikasi dapat menjadi lebih efektif jika memiliki latar belakang yang sama, misalnya seperti latar belakang bahasa, watak, adat isiadat dan lain-lain.

Demikianlah tulisan yang membahas tentang pengertian akomodasi, jika kamu menemukan kesalahan mohon dimaafkan dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Bagikan Ke: