Pengertian Pengumuman Dan Jenisnya Secara Ringkas

Posted on

Ketahuilah tentang definisi atau pengertian pengumuman dan jenisnya – Sering kita mendengar istilah pengumuman saat ada seseorang atau lembaga yang akan menyampaikan pesan kepada orang banyak. Nah… pada kesempatan kali ini mari kita pelajari bersama-sama tentang apa yang dimaksud dengan pengumuman, inilah penjelasannya.

A. Penjelasan tentang pengumuman

Yang dimaksud dengan pengumuman adalah suatu pesan yang disampaikan kepada masyarakat luas atau umum. Tujuan dari pengumuman yaitu untuk menyampaikan sesuatu yang berupa pesan supaya dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Tentunya seperti yang tadi dijelaskan pengumuman itu bersifat umum, maksudnya pesan atau isi dari pengumuman untuk diketahui oleh orang banyak. Pengumuman dapat disampaikan dengan lisan maupun dengan tulisan,  dalam penyampaiannya harus jelas sehingga dapat dengan mudah dimengerti.

pengertian pengumuman
sumber: pixabay.com

Jika isi dari pengumuman itu dapat disampaikan dengan baik maka orang yang mendengar atau membaca pengumuman itu akan kembali memberitahukan kepada orang lain yang tidak mengetahui pengumuman tersebut, sehingga akan terjadi pemberitaan yang berulang-ulang atau penyampaian dari mulut ke mulut.

Baca Juga: Pengertian Surat Edaran dan Contohnya.

Baca Juga: Pengertian Surat Dinas.

B. Beberapa Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Akan Membaca Pengumuman

Pengumuman sifatnya untuk meninformasikan secara langsung di tempat tertentu. Isi pesan dari pengumuman haruslah jelas, supaya mudah dimengerti oleh orang banyak. Karena isi dari pengumuman itu untuk diketahui oleh banyak orang jadi perlu diperhatikan beberapa hal saat mendengar atau membacanya, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Yang pertama, ditujukan kepada siapa atau golongan apa pengumuman tersebut.
  • Yang kedua, perhatikan keterangan waktu pembuatan atau berlakunya pengumuman tersebut
  • Yang ketiga, lalu baca dengan baik berita atau pesan apa yang disampaikan dalam pengumuman tersebut.
  • Dan yang keempat, perhatikan siapa yang membuat pengumuman (lembaga atau perorangan).

C. Jenis-Jenis Pengumuman

1. Berdasarkan Sifatnya

a). Pengumuman formal atau resmi

Pengumuman ini salah satu cirinya menggunkaan bahasa yang baku, kalimatnya bermakna lugas dan juga susunan dari kalimatnya jelas dan mudah dimengerti.

b). Pengumuman tidak resmi

Merupakan salah satu jenis pengumuman yang isinya tidak terikat dengan aturan-aturan seperti pada pengumuman resmi, akan tetapi pesan yang disampaikannya tetap jelas dan mudah dimengerti.

2. Berdasarkan Pihak Yang Mengeluarkannya

a). Pengumuman dari perseorangan

Merupakan pengumuman yang dikeluarkan atau disampaikan oleh perseorangan yang ditujukan kepada umum.

b). Pengumuman dari lembaga

Merupakan pengumuman yang dikeluarkan atau disampaikan oleh lembaga tertentu yang ditujukan kepada umum.

D. Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Perhatika Ketika Menulis Pengumuman

Tentukan terlebih dahulu isi pokok dari pengumuman yang akan disampaikan, misalnya seperti: sipa yang membuatnya, waktu dibuatnya, tempat dibuatnya, isinya dan sasaran kepada siapa pengumuman tersebut akan disampaikan. Lalu tulislah teks pengumuman yang sesuai dengan isi atau pokok-pokok pengumuman yang akan disampaikan.

Demikianlah artikel yang ringkas tentang pengertian pengumuman. Jika kamu menemukan beberapa kesalahan atau kekurangan dalam artikel ini perbaiki dan lengkapi saja oleh kamu sendiri, serta jangan lupa untuk men-sharenya kepada teman-teman yang lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat…

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.