Pengertian Simbiosis Dan Macam-Macamnya Dilengkapi Contohnya

Pengertian simbiosis dan macam-macamnya dilengkapi dengan contohnya – Di artikel ini kita akan belajar dan memahami bersama-sama mengenai simbiosi dan macam-macamnya. Untuk penjelasannya baca saja tulisan di bawah ini:

A. Penjelasan tentang simbiosis

Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup yang berbeda. Kata simbosis sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “sym” artinya Dengan dan kata “biosis” yang artinya Kehidupan. Simbiosis merupakan suatu pola interaksi yang sangat erat antara 2 organisme yang jenisnya berbeda.

B. Macam-macam simbiosis

Umumnya simbiosis dibagi menjadi 3 macam, yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Simbiosis mutualisme

Yang dimaksud dengan simbiosis mutualisme adalah suatu hubungan timbal balik antara 2 individu mahluk hidup berbeda spesies yang saling menguntungkan satu sama lain.

Simbiosis mutualisme

Contoh simbiosis mutualisme lebah madu dan bunga.

Contohnya:

  • Yang pertama bunga dan lebah madu, lebah membutuhkan madu yang ada pada bunga sebagai makanannya sedangkan bunga membutuhkan lebah untuk membantu penyerbukan.
  • Yang kedua kupu-kupu dan bunga, sama seperti lebah dan bunga dimana kupu-kupu membutuhkan nektar yang terdapat pada bunga sebagai makanannya dan bungan membutuhkan kupu-kupu untuk penyerbukan.
  • Yang ketiga Antara kerbau dan burung jalak, burung jalak dapat memperoleh makanan dari kerbau yaitu berupa kutu, sedangkan kerbau memperoleh keuntungan dengan hilangnya kutu yang terdapat pada badannya.

Artikel lainnya: Pengertian fotosintesis dan prosesnya pada tumbuhan.

2. Simbiosis parasitisme

Yang dimaksud dengan simbiosis parasitisme adalah hubungan timbal balik antara 2 individu makhluk hidup berbeda jenis yang dimana salah satu pihak dirugikan.

Contohnya:

  • Yang pertama tali putri dan pohon inayang, tali putri merupakan parasit yang menempel pada tanaman akan langsung mengambil sari-sari makanan yang dihasilkan oleh pohon inayang. Jadi tali putri hidup dengan cara mengambil makanan secara langsung pada tanaman yang ditempelinya.
  • Yang kedua tanaman benalu dengan pohon inayang, benalu merupakan tumbuhan biji yang berdaun hijau, akan tetapi akar benalu tidak mampu menyerap air dan unsur hara dari tanah dengan sempurna. Jadi untuk mendapatkan air dan unsur hara benalu menempel pada ranting pohon atau tumbuhan jenis lain. Lalu akar benalu akan menembus kedalam jaringan pengangkut makanan pada tumbuhan yang ditempelinya. Benalu-pun akan menyerap air maupun unsur hara yang ada dalam jaringan pengangkut makanan dan tumbuhan lain yang ditempeli oleh benalu akan mengalami kerugian karena air dan unsur haranya dihisap oleh benalu. Biasanya ranting tumbuhan yang ditempeli benalu akan mengecil dan mati.
  • Yang ketiga kutu dengan hewan, hewan yang dihinggapi kutu pasti akan merasa gatal pada kulitnya dan kutu dapat memperoleh makanan dengan cara menghisap darah hewan tersebut. Jadi hewan yang dihinggapi kutu merasa dirugikan karena merasa gatal dan darahnya dihisap, sedangkan kutu memperoleh keuntungan dengan mendapatkan makanan.

Artikel lainnya: Pengertian piramida makanan dan contohnya.

3. Simbiosis komensalisme

Yang dimaksud dengan simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik antara 2 individu makhluk hidup berbeda jenis yang dimana salah satu diuntungkan dan satunya lagi tidak diuntungkan maupun dirugikan.

Contohnya:

  • Yang pertama hubungan Anggrek dengan pohon Inayang, tanaman bunga anggrek akan mendapatkan keuntungan berupa tempat tinggal sedangkan pohon inayang tidak merasa diuntungkan maupun dirugikan karena tanaman anggrek dapat memperoleh makanannya sendiri.
  • Yang kedua ikan hiu dengan ikan ramora, ikan ramora akan beranang dekat dengan ikan hiu untuk menghindari pemangsa karena pemangsa akan takut dengan ikan hiu sedangkan ikan hiu tidak merasa dirugikan maupun diuntungkan.
  • Yang ketiga tanaman sirih dengan pohon inayang, sama seperti tanaman bunga anggrek dan pohon inayang. Tanaman sirih akan menempel pada hohon inayang sebagai tempat tinggalnya, sedangkan pohon inayang tidak merasa dirugikan maupun dintungkan karena tanaman sirih dapat memperoleh makanannya sendiri.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian simbiosis, semoga dapat dipahami dan mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kekurangan pada artikel ini, terimakasih telah membacanya.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Simbiosis Dan Macam-Macamnya Dilengkapi Contohnya"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang