Artikel Pengertian Metamorfosis Dan Contohnya Paling Jelas

Inilah artikel pengertian metamorfosis dan contohnya – Selamat hari ini sobat, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang definisi metamorfosisi dilengkapi dengan contohnya, supaya sobat dapat memahaminya sobat baca saja tulisan atau artikel di bawah ini:

A. Penjelasan metamorfosis

Yang dimaksud dengan metamorfosis adalah perubahan yang terjadi pada individu makhluk hidup yang asalnya telur hingga menjadi dewasa secara sempurna dengan mengalami perubahan pada bentuk morfologi, anatomi maupun fisiologis. Atau definisi dari metamorfosis secara singkat yaitu proses perkembangan biologi yang terjadi pada makhluk hidup melibatkan perubahan penampilan fisik atau struktur sesudah kelahiran. Perubahan yang terjadi pada fisik diakibatkan oleh pertumbuhan dan diferensasi sel secara radikal maupun dinamik.

Metamorfosis umumnya terjadi pada fase yang berbeda, seperti dimulai dari telur, larva atau nimfa, terkadang juga sering melewati fase pupa dan berakhir menjadi imago atau dewasa. Apa itu larva, nimfa, pupa dan imago? Berikut di bawah ini penjelasannya:

  • Larva merupakan bentuk hewan muda yang berkembang melalui metamorfosis. Fase larva sering terjadi pada metamorfosis serangga dan amfibia, bentuk larva akan berbeda ketika sudah berubah bentuk menjadi dewasa. Misalnya seperti yang terjadi pada ulat yang berubah menjadi kupu-kupu. Larva memiliki organ khusus yang tidak dimiliki saat bentuk dewasa dan juga larva tidak akan memiliki organ tubuh tertentu ketika sudah menjadi  dewasa.
  • Nimfa merupakan hewan muda mirip dengan hewan yang sudah tumbuh dewasa, akan tetapi ukurannya lebih kecil dan terdapat beberapa bagian organ tubuh yang belum tumbuh. Biasanya nimfa pada metamorfosis akan mengalami peristiwa yang disebut dengan Molting atau pergantian kulit dan setiap setalah mengalami Molting hewan tersebut akan kelihatan mirip dengan hewan yang sudah dewasa.
  • Pupa merupakan tahapan dimana jaringan larva mengalami pembelahan dan deferensiasi sel-sel yang sebelumnya tidak aktif pada tahap larva dan nantinya akan menjadi organ tubuh. Pupa bisa disebut juga tahap kepong-pong pada metamorfosis dan setelah melewati tahap pupa hewan akan menjadi imago atau hewan dewasa. Tahap pupa hanya bisa didapat pada hewan atau serangga yang mengalami metamorfosisi sempurna mislnya seperti pada kupu-kupu.

Baca juga: Pengertian simbiosis dan macam-macamnya dilengkapi contohnya.

B. Jenis-jenis metamorfosis

Jenis-jenis metamorfosis umunya terbagi menjadi 2 (dua), yang diantaranya sebagai berikut:

1. Metamorfosis sempurna (Holometabola)

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang dimana dalam perkembangan hewan melewati tahapan mulai dari fase telur, larva, pupa dan menjadi imago atau hewan dewasa. Beberapa contoh hewan atau serangga yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu-kupu dan nyamuk.

Metamorfosis pada kupu-kupu.

Metamorfosis pada kupu-kupu.

Keretangan:

Telur akan menetas menjadi ulat, ulat akan tumbuh dewasa dan terus berkembang sehingga menjadi kepong-pong. Kepong-pongpun akan menetas dan menjadi kupu-kupu atau singkatnya Telur>Ulat>Kepong-pong>Kupu-kupu. Dapat dilihat bentuk ulat tidaklah sama dengan kupu-kupu sehingga ini disebut metamorfosisi yang sempurna.

Baca juga: Pengertian fotosintesis dan prosesnya pada tumbuhan.

2. Metamorfosis tidak sempurna (Hemimetobola)

Yang dimaksud dengan metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang pada tahapannya melalui bertelur, setelah menetas akan menjadi nimfa dan tumbuh menjadi dewasa. Jadi metamorfosis tidak sempurna merupakan proses pertumbuhan pada hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk, hewan yang baru menetas dari telur bentuknya sama dengan hewan yang sudah dewasa. Perubahannya hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu yang belum mengalami pertumbuhan. Beberapa contoh hewan atau serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, jangkrik dan kecoa.

Metemorfosisi pada belalang.

Metemorfosisi pada belalang.

Keterangan:

Telur akan menetas menjadi belalang muda atau dapat disebut dengan nimfa. Lalu nimfa akan terus tumbuh dan bagian pada belalang yang belum mengalami pertumbuhan misalnya seperti sayap akan tumbuh sehingga menjadi imago atau belalang dewasa, atau singkatnya Telur>Nimfa>Belalang dewasa.

Itulah diatas penjelasan secara singkat tentang pengertian metamorfosis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mohon maaf jika memang terdapat kesalahan maupun kekurang pada artikel yang kami tulis ini, sekian terimaksih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Artikel Pengertian Metamorfosis Dan Contohnya Paling Jelas"

Pengertian Sinkronik dan Contohnya serta Ciri-Cirinya Secara Umum
Memahami secara umum pengertian sinkronik, contohnya dan
Pengertian Diakronik Beserta Contohnya Dilengkapi Juga Ciri-Cirinya
Berikut ini pengertian diakronik dan contohnya yang
Pengertian Logika dan Fungsinya serta Contohnya Yang Sederhana
Berikut ini pengertian logika secara umum dilengkapi
Memahami Pengertian Berfikir Kritis Dan Manfaatnya Secara Umum
Berikut ini pengertian berfikir kritis, manfaatnya, ciri-cirinya dan