Pengertian ADSL dan Fungsinya: Kelebihan, Kekurangan, dan Skemanya

Pembahasan tentang pengertian ADSL, fungsi, kelebihan, kekurangan dan contoh ilustrasi skemanya pada jaringan komputer. Istilah ADSL sering di temukan pada pembahasan teknologi khususnya jaringan komputer yang sering diartikan sebagai pernagkat untuk mentransimisikan data, untuk lebih jelasanya masi kita bahas bersama-sama.

Apa Pengertian ADSL?

Yang dimaksud dengan ADSL adalah ADSL merupakan singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, yaitu suatu bentuk teknologi pada komunikasi data yang dapat mentransmisikan data dengan cepat yang tinggi melalui kabel tembaga telepon dan memiliki sifat asimetrik, sifat asimetrik maksudnya bahwa data ditransferkan dengan kecepatan berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya.

Teknologi ADSL dapat mengirimkan data dengan kecepatan tinggi, antara 1.5 Mbps s/d 8 Mbps untuk arah dari sentral ke pelanggan atau disebut dengan Downstream dan 16 Kbps s/d 640 Kbps untuk arah pelanggan ke sentral atau disebut dengan Upstream.

pengertian adsl
pxhere.com

Dengan ADSL inilah sehingga dapat mengirimkan layanan interaktif multimedia dengan menggunakan jaringan akses kabel tembaga. Jadi dapat disimpulkan Fungsi ADSL yaitu suatu teknologi dalam komunikasi data yang digunakan untuk mentransfer data dan dapat digunakan untuk keperluan internet, yang secara fisik menggunakan line telepon.

BACA: Pengertian Dial-Up dan Contohnya

Pengertian Modem ADSL

Apa itu modem ADSL? Modem ADSL merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ataupun router ke saluran telepon sehingga dapat mentransfer data maupun menakses internet.

Pada ADSL memiliki berbagai macam jenis kecepatan, USB (Universal Serial Bus), router dan perangkat-perangkat lain yang terdapat di dalamnya. Misalnya ada yang dapat digunakan untuk 2 (dua) komputer dengan menggunakan USB dan ada juga yang dapat digunakan hingga 4 (empat) komputer bahkan lebih dengan menggunkan Ethernet LAN.

skema adsl
ilustrasi skema ADSL

Terdapat beberapa lampu indikator pada modem ADSL yang fungsinya untuk mengetahui jalannya proses koneksi yang sedang terjadi. Biasanya lampu yang terdapat pada modem ADSL diantaranya lampu PPP, lampu Power dan lampu DSL. Tapi ada juga lampu tambahan jika menggunakan koneksi Ethernet LAN dan USB. Lampu DSL dapat menunjukan koneksi bahwa sudah sudah terhubung atau belum perangkat pada line telepon dan lampu PPP dapat menunjukan adanya arus data saat melakukan serching.

Adapun hal yang terpenting dalam menggunakan ADSL yaitu IP modem dan kata sandinya (password), kenapa hal ini penting? Karena menyangkut keamanan dari penggunaan layanan untuk konsumen yang diberikan oleh pihak provider. IP menjadi salah satu syarat untuk memasuki jaringan internet, jika ingin menubah kata sandi biasanya perlu memasukannya kembali sesuai dengan perubahan yang dilakukan. Jika semua proses ini berhasil maka akan terhubung ke jaringan internet dengan ADSL.

BACA: Pengertian, Contoh dan Fungsi ISP

Kelebihan dan Kekurangan ADSL

1. Beberapa Kelebihan ADSL

a. Pembagian Frekwensi

Memiliki pembagian frekwensi menjadi dua macam diantaranya frekwensi tinggi untuk menghantarakna data dan frekwensi rendah untuk menghantarkan suara maupun fax.

b. Hemat Anggaran Saat BerInternet

Untuk di Indonesia pelanggan yang pernah menggunakan jaringan Speedy dahulu, maka ADSL membuat kegiatan ber-Internet menjadi lebih hemat. Sehingga dapat melakukan akses internet tanpa mengkhawatirkan tagihan yang terlalu mahal.

c. Mudah Instalasi

Karena Layanan komunikasi antara data dan suara di berikan melalui dua kanal yang memang terpisah akan tetapi tetap pada satu kabel yang sama, hal ini akan mempermudah instalasi saat menggunakan telepon maupun modem ADSL untuk berInternet.

d. Bisa menggunakan Jaringan Telepon dan Internet Bersamaan

Koneksi ADSL selalu tersambung dengan internet setiap saat dan telepon tetap dapat digunakan kapan saja.

e. Kecepatan internet relatif stabil

Kecepatan internet relatif stabil, hal ini tergantung providernya dan jenis layananan yang digunakan.

2. Beberapa Kekuranga ADSL

a. Terpengaruh jarak

Jarak dapat berpengaruh pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan komputer atau saluran telepon dengan gardu telepon, maka akan berpengaruh pada kecepatan dalam menakses internet.

b. Membutuhkan alat Load Coils jika jaraknya jauh

Load coils peralatan induksi yang digunakan untuk memberi layanan ke plosok-plosok daerah, sehingga load coils akan menggeser frekwensi suara ke frekwensi yang biasanya di gunakan ADSL. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya interfensi maupun ketidak cocokan jalur pada ADSL.

c. Adanya Bridge Tap

Kabel bridge tap merupakan kabel yang tidak berada pada jalur langsung antara pelanggan dengan CO. Kabel Bridge tap ini bisa saja menimbulkan noise yang nantinya dapat mengganggu kinerja dari ADSL.

d. Masih Menggunakan Kabel Analog

Karena seiring berkembangnya jaman, maka penggunaan kabel fiber optik pada saluran telepon digital saat ini sudah marak di gunakan. Hal ini tidak sesuai dengan sistem teknologi ADSL yang masih menggunakan saluran analog (kabel tembaga), sehingga pada saat ini masih cukup sulit mengirimkan sinyal melalaui kabel fiber optik.

e. Masih tergantung kabel telepon

Kecepatan koneksi modem ADSL hingga saat ini masih sangat tergantung dengan kabel, tiang telepon atau DSLAM dan tidak semua sistem operasi komputer dapat menggunakan ADSL.

Saat ini teknologi ADSL sudah mulai di tinggalkan untuk penyedia layanan Internet karena seiring kemajuan teknologi. Sekarang banyak provider yang menggunakan fiber optik atau kabel serat optik untuk layanan internet karena terbilang lebih cepat, hampir sama hematnya, dan tidak terpengaruh oleh jarak.

Itulah penjelasan tentang pengertian ADSL yang dielngkapi dengan fungsi, kelebihan dan kekurangnnya pada jaringan komputer, semoga dapat kamu dipahami dan mohon maaf jika terdapat kesalahan maupun kekurangan pada penjelasan ini, terimakasih.

Bagikan Ke: