Pengertian Devisa Dan Sumbernya Serta Fungsinya Terlengkap

Berikut ini pengertian devisa, sumber, fungsi, dan jenis-jenisnya secara umum – Untuk dapat memahami definisi devisa secara lengkap, kamu dapat membacanya dibawah ini.

A. Apa Pengertian Devisa ?

Yang dimaksud dengan devisa adalah seluruh barang yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Adapun bentuk dari devisa misalnya seperti: mata uang asing (dollar, euro dll.), emas, wesel asing dan lain-lain.

B. Sumber-Sumber Devisa Pada Suatu Negara

Berikut ini sember-sumber devisa pada suatu negara, yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Kegiatan ekspor barang

Bagi negara tertentu yang menganut sistem ekonomi terbuka, kegiatan ekspor barang merupakan andalan untuk mendapatkan devisa. Semakin banyak men-ekspor barang maka pemasukan devisa akan semakin meningkat.

pengertian devisa
sumber: pixabay.com

2. Penyelenggaraan jasa-jasa

Bagi negara yang tidak kaya dengan Sumber daya alamnya, biasanya negara tersebut akan mengandalkan penyelenggaraan jasa-jasa untuk pemasukan devisanya. Kegiatan tersebut misalnya seperti: bandar udara, pelabuhan kapal laut, kapal-kapal layar ke luar negeri, jasa pengiriman barang ekspor maupun impor, jasa perbankan dan lain-lain. (Baca Juga: Pengertian Bank Sentral dan Bank Umum)

3. Pariwisata

Lalu salah satu sumber devisa pada suatu negara yaitu dari sektor parawisata yang di dapatkan dari turis mancanegara maupun turis domestik. Semakin banyak turis yang datang untuk parawisata khususnya turis asing maka devisa negara tersebut akan semakin meningkat. Karena parawisata asing akan menukarkan mata uang negaranya dengan mata uang negara tersebut. Jadi valuta asing yang ditukarkan dengan mata uang negara tersebut merupakan devisa. (Baca Juga: Pengertian Pariwisata dan Jenis-Jenisnya)

4. Pinjaman luar negeri

Pinjaman atau bantuan luar negeri merupakan salah satu devisa untuk suatu negara, khususnya untuk negara-negara yang sedang berkembang. Negara-negara tersebut biasanya sangat bergantung pada bantuan luar negeri. Pinjaman tersebut misalnya dapat digunakan untuk membiayai inport barang. Meskipun nantinya pinjaman tersebut harus di kembalikan, tapi ketika menerima pinjaman tersebut akan menambah devisa negara.

5. Hibah dan hadiah dari luar negeri

Hibah atau hadiah merupakan salah satu sumber devisa untuk suatu negara. Hibah atau hadiah tersebut dapat bersumber dari dalam maupun luar negeri, hal ini berarti akan menambah devisa negara.

6. Warga negara yang bekerja di luar negeri

Lalu sumber devisa pada suatu negara yaitu dana yang berasal dari tenaga kerja yang bekerja di luar negeri, misalnya seperti TKI (Tenaga Kerja Indonesia), para tenaga kerja ini akan memberikan kontribusi yang sangat besar pada devisa negara melalui uang yang di transfer dari negara mereka bekerja, dan mereka sering disebut dengan pahlawan devisa.

C. Jenis-Jenis Devisa

Adapun jenis-jenis dari devisa, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Devisa umum merupakan jenis devisa yang bisa diperoleh tanpa ada kewajiban untuk mengembalikannya, misalnya seperti: Ekspor, penyelenggaraan jasa-jasa dan lain-lain.
  • Devisa kredit merupakan jenis devisa yang bisa diperoleh dengan syarat untuk mengembalikannya, misalnya seperti: pinjaman luar negeri.

D. Fungsi Devisa

Adapun fungsi dari devisa, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Sebagai alat pembayaran internasional, misalnya seperti: expor, inpor dan lain-lain.
  • Sebagai alat pembiayaan hubungan internasional, misalnya seperti: perjalanan dinas, diplomatik kedaulatan, konsultan dan lain-lain.
  • Sebagai alat untuk membayaran utang luar negri.
  • Sebagai sumber pendapatan negara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

E. Manfaat Devisa

Adapun beberapa manfaat dari devisa, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk membeli barang dari luar negeri atau men-impor barang.
  • Untuk membayar utang pokok maupun bunga utang luar negeri.
  • Untuk membiayai kegiatan-kegiatan perdagangan yanga ada di luar negeri.
  • Untuk membiayai perwakilan yang ada di luar negeri, misalnya seperti: duta besar, konsulat dan lain-lain.
  • Untuk membiayai atlit olah raga dalam mengikuti suatu pertandingan, studi banding dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian devisa, semoga dapat bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kesalahan serta jangan lupa untuk men-Sharenya ke teman yang lain…

Bagikan Ke: