Pengertian Kartu Kredit Dan Jenisnya Secara Jelas

Definisi atau pengertian kartu kredit dan jenisnya yang dibahas secara lebih jelas dapat kamu pahami di bagian bawah ini.

A. Penjelasan Credit card (Kartu Kredit)

Credit card atau sering disebut juga dengan kartu kredit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank tertentu kepada pengguna sehingga penggunanya dapat membeli barang maupun jasa dari perusahaan yang menerima kartu tersebut tanpa pembayaran uang secara tunai (Hutang). Dapat juga di bilang kartu kredit merupakan uang elektronik yang di keluarkan oleh suatu instansi sehingga dapat memungkinkan pengguna kartu tersebut untuk memperoleh kredit dalam transaksi, yang pengembaliannya dapat dilakukan secara angsuran, sesuai dengan waktu yang telah di tentukan.

B. Berikut ini jenis-jenis kartu kredit

Adapun jenis dari kartu kredit yang ada saat ini:

  • Change card, yaitu jenis kartu kredit yang dimana pengguna atau pemegang kartu kredit harus dapat melunasi semua tagihan (hutang) yang terjadi atas semua transaksinya sekaligus pada saat waktu jatuh tempo.
  • Credit card, yaitu sebuah sistem yang dimana pemegang kartu kredit ini melunasi tagihan yang terjadi atas dirinya secara angsuran ketika jatuh tempo.
  • Debit card, yaitu kartu yang dimana pembayarannya tagihan nasabah lewat pendebitan atas rekening yang terdapat di bank dimana saat dia membuka kartu kredit. Dengan begitu secara otomatis uang yang ada direkening nasabah akan berkurang sejumlah dengan transaksi yang dia lakukan dengan kartu kreditnya.
  • Check guarantee, kartu ini digunakan untuk jaminan dalam penarikan check serta kartu ini juga dapat digunakan untuk menarik uang tunai.
  • Cash card, kartu ini memiliki fungsi sebagai alat penarikan tunai ATM (Anjungan Tunai Mandiri) maupun di teller bank, tapi pembayaran cash ini tidak bisa dilakukan di luar bank.
pengertian kartu kredit

Ilustrasi kartu kredit

C. Inilah beberapa fungsi kartu kredit

Adapun fungsi dari kartu kredit, diantaranya seperti di bawah ini:
  • Kartu kredit sebagai dana emergency, dana emergency berbeda dengan dana tambahan ataupun dana cadangan. Yang dimaksud dengan dana emergency yaitu dana yang dapat digunakan untuk keperluan yang sifatnya gawat darurat atau mendadak, misalnya seperti: harus operasi mendadak, mau melahirkan tapi belum ada biaya dan lain-lain, itulah kegunaan dana emergency.
  • Kartu kredit sebagai dana opportunity, yang dimaksud dengan dana dana opportunity yaitu untuk mengambil peluang bisnis ataupun berinvestasi, yang belum tentu saat peluang atau kesempatan itu datang kita ada dana untuk mengambilnya.
  • Fungsi yang selanjutnya dari kartu kredit ini dapat digunakan untuk mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan, sehingga waktu yang kita keluarkan dapat lebih efisien. Bahkan saat ini ada kartu kredit yang memiliki fasilitas untuk membayar pengeluaran rutin, misalnya seperti: tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan air dan tagihan lainnya.
  • Lalu fungsi kartu kredit yang lainnya yaitu dapat digunakan untuk mencatat biaya yang kita keluaran secara rutin, sehingga dapat mempermudah kita dalam mengelola keuangan.
  • Biaya yang di keluarkan atau pengeluaran akan tertera jelas di rekening giro, dapat melakukan cross checking di rumah pada akhir bulan.
  • Dan kartu kredit tertentu dapat memberikan servis asuransi kesehatan, pencurian, perjalanan maupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu tersebut (hal ini perlu dibicarakan pada bank ketika transaksi).

Baca juga: Definisi atau pengertian tabungan secara ringkas.

D. Dan inilah keuntungan dan kerugian kartu kredit atau credit card

Keuntungan menggunakan kartu kredit diantaranya seperti saat kita hendak membeli sesuatu kita tidak memiliki uang tunai kita dapat membayar menggunakan kartu kredit, kartu kredit juga dapat digunakan untuk belanja online, ketika membeli barang yang mahal kita tidak perlu membawa uang tunai, Kartu kredit lebih aman daripada memegang uang tunai, tapi berbagai ragam pembelian dengan jangka waktu satu bulan atau tertentu harus dapat dilunasi.

Kerugian menggunakan kartu kredit biasanya nasabah suka boros dalam berbelanja, sebab nasabah merasa tidak mengeluarkan uang dalam membeli barang keperluannya padahal hal ini membuat nasabah untuk membayar tagihan kartu kredit. Kartu ini terkadang membuat masalah saat digunakan untuk belanja atau transaksi online, oleh sebab itu nasabah harus berhati-hati untuk menggunakan data pada kartu kredit yang dimiliki.

Dapat diambil kesimpulan kartu kredit dapat membuat berbelanja atau membeli barang lebih mudah akan tetapi kartu ini juga dapat merugikan jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya.

Demikianlah artikel mengenai definisi atau pengertian kartu kredit dan semoga artikel ini dapat dipahami atau dimengerti, dan terimakasih telah berkunjung…

Tags: Pengertian Teknologi Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Kartu Kredit Dan Jenisnya Secara Jelas"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang