Pengertian Pasar Uang Dan Fungsinya Secara Jelas

Posted on

Pengertian pasar uang, fungsi, tujuan, dan jenis Resikonya – Apakah ada yang tahu apa itu pasar uang? dan apa saja fungsinya? Jika ingin mengetahuinya secara lebih jelas berikut ini pembahasannya.

C. Apa Pengertian Pasar Uang?

Pasar uang adalah pasar dimana instrumen berjangka diperdagangkan. Atau definisi pasar uang yang lainnya yaitu pasar dimana dengan instrumen finansial dengan jangka pendek, biasanya yang di perjual-belikan memiliki kualitas yang tinggi. Pasar ini memiliki instrumen dengan jangka waktu yang pendek, umumnya kurang dari satu tahun ataupun bisa kurang serta bisanya sangat mudah untuk diperdagangkan. Pasar uang disebut juga dengan sebutan pasar kredit jangka pendek.

B. 4 Fungsi Pasar Uang

Inilah fungsi dari pasar uang:

  • Yang pertama sebagai perantara dalam perdagangan surat-surat berharga yang memiliki jangka pendek.
  • Yang kedua sebagai penghimpun dana yang berupa surat-surat berharga jangka pendek.
  • Yang ketiga sebagai sumber dana atau pembiayaan bagi perusahaan untuk berinvestasi.
  • Dan yang terakhir sebagai perantara untuk investor luar negeri dalam menyalurkan kredit jangka pendek kepada perusahaan yang ada di Indonesia.
pengertian pasar uang
sumber: pixabay.com

C. Tujuan Pasar Uang dan Peserta Pasar Uang

Dari pihak yang memerlukan modal atau dana:

  • Yang pertama, untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek.
  • Yang kedua, untuk memenuhi kebutuhan likuiditas.
  • Yang ketiga, untuk memenuhi dana atau modal kerja.
  • Dan yang terakhir, sedang mengalami kalah keliring.

Dan dari pihak yang menanamkan modal atau dana:

  • Yang pertama, untuk memperoleh pendapatan dengan tingkat suku bunga tertentu.
  • Yang kedua, Untuk membantu pihak yang mengalami krisis atau kesulitan keuangan.
  • Dan yang terakhir, spekulasi.

Berikut ini peserta dari pasar uang:

  • Perusahaan besar.
  • Lembaga keuangan.
  • Lembaga-lembaga pemerintah.
  • Individu.

D. Jenis-Jenis Resiko Investasi Di Pasar Uang

Resiko yang perlu kamu ketahui jika berinvestasi di pasar keuangan, diantaranya seperti di bawah ini:

1. Resiko Pasar

Resiko Pasar (interest rate risk), adalah jenis resiko yang berkaitan dengan turunnya harga dari surat berharga (dan tingkat bunga naik) dapat mengakibatkan investor mengalami sesuatu yang disebut dengan capital loss.

2. Resiko Reinvestment

Resiko Reinvestment, adalah jenis resiko terhadap berbagai penghasilan suatu aset finansial, yang perlu di re-invest dalam aset yang berpenghasilan minim atau rendah (resiko ini ialah resiko yang memaksa investor untuk menempatkan penghasilan yang diperoleh yang berasal dari bunga kredit ataupun surat-surat berharga ke investasi yang berpenghasilan minim atau rendah akibat dari turunnya tingkat bunga). (Baca Juga: Pengertian Investasi dan Tujuannya)

3. Resiko Gagal Bayar

Resiko Gagal Bayar (default risk atau credit risk), adalah resiko yang terjadi akibat dari peminjam (debitur) ketidak mampuan memenuhi kewajibannya yang sesuai dengan yang telah diperjanjikan.

4. Resiko Inflasi

Resiko Inflasi (resiko daya beli/purchasing power risk), Untuk menghadapi hal tersebut kreditur biasanya berusaha untuk mengimbangi proyeksi inflasi dengan mengenakan tingkat bunga yang lebih tinggi. (Baca Juga: Pengertian Inflasi dan Dampaknya)

5. Resiko Valuta

Resiko Valuta (currency risk atau exchange rate risk),yaitu resiko yang dapat terjadi karena perubahan yang tidak menguntungkan terhadap kurs mata uang asing.

6. Resiko Politik

Resiko ini berhubungan dengan adanya kemungkinan perubahan ketentuan perundang-undangan yang berakibat turunnya penghasilan yang diperkirakan dari suatu investasi/bahkan dapat terjadi kerugian total dari modal yang telah di investasikan.

7. Resiko Marketability

Resiko marketability/Liquidity Risk, resiko ini bisa terjadi jika instrumen pasar uang yang dimiliki sulit untuk dijual kembali sebelum waktu jatuh tempo. Sulitnya untuk menjual kembali surat berharga tersebut, dapat berakibat tidak dapat mencairkan kembali instrument pasar uang dalam bentuk uang tunai ketika saat membutuhkan likuiditas sebelum waktu jatuh tempo.

Akhir kata, demikian tulisan atau artikel tentang pengertian pasar uang dan fungsinya, dan semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu…

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.