Pengertian Negosiasi Dan Tujuannya Terlengkap

Pengertian negosiasi secara umum dilengkapi tujuan dan manfaatnya – Negosiasi adalah, kata “negosiasi” berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “to negotiate dan to be negotiating” yang dapat diartikan “merundingkan”, kemungkinannya membicarakan mengenai suatu kondisi, atau menawar.

Lalu kata turunannya antara lain “negotiation” yang artinya menunjukan aktivitas untuk berunding atau merundingkan, membicarakan mengenai hal untuk di setujui dengan orang lain, dan kata “negotiable” yang artinya mungkin dapat dibicarakan, dapat di rundingkan, dan dapat ditawar.

A. Pengertian Negosiasi Secara Mendalam

Pengertian negosiasi secara umum adalah suatu bentuk interaksi sosial antara pihak–pihak yang terlibat yang berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan.

Atau definisi negosiasi secara formal yaitu bentuk pertemuan bisnis antara 2 (dua) pihak ataupun lebih yang bertujuan untuk mencapai suatu kesepakatan dalam berbisnis. Negosiasi juga merupakan perundingan antara 2 (dua) pihak yang dimana didalamnya terdapat proses memberi, proses menerima, dan proses tawar-menawar.

pengertian negosiasi
sumber: pixabay.com

B. 3 Tujuan Negosiasi

Terdapat beberapa tujuan dari negosiasi khususnya dalam berbisnis, yaitu antara lain:

  • Yang pertama, untuk mendapatkan atau untuk mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
  • Yang kedua, yaitu untuk mencapai kondisi penyelesaian dan menemukan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi bersama.
  • Dan yang terakhir, yaitu untuk mencapai kondisi yang saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution) atau semua pihak merasa diuntungkan.

C. Apa Manfaat Negosiasi?

Setelah kita mengetahui tujuan dari negosiasi, lalu berikut ini manfaat dari negosiasi: Manfaatnya yaitu untuk menciptakan jalinan kerja sama antara badan usaha, institusi ataupun perorangan dalam melakukan suatu kegiatan dan usaha bersama atas dasar saling pengertian. Dengan terjalinnya kerjasama diantara kedua belah pihak inilah maka dapat tercipta transaksi bisnis yang saling terkait, sehingga dapat membuat hidup perekonomian. Karena suatu proses negosiasi bisnis merupakan bagian dari suatu proses interaksi guna untuk menghidupkan perekonomian dalam skala yang lebih luas.

Di dalam perusahaan, sebuah proses negosiasi dapat memberikan manfaat yaitu untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih luas dan juga untuk mengembangkan pasar, yang diharapkan dapat memberikan peningkatan pada penjualan. Proses negosiasi bisnis juga akan menghasilkan harga yang lebih baik dan lebih efesien, yang tentunya dapat memberi keuntungan yang lebih besar. Dalam jangka yang panjang hal ini akan memberikan kemajuan dari sebuah perusahaan.

Akhirkata, Itulah pembahasan tantang pengertian negosiasi secara umum serta manfaat dan tujuannya, semoga pembahasan ini dapat dapat dipahami dan dapat menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih…

Bagikan Ke: