Pengertian Motif Ekonomi Dan Macam-Macamnya Lengkap

Pengertian motif ekonomi dan macam-macamnya dapat kamu baca dan pahami di artikel ini. Motif ekonomi adalah suatu tujuan atau alasan seseorang melakukan tindakan ekonomi, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Atau definisi motif ekonomi yang lainnya adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan atau tindakan ekonomi, jadi seseorang yang melakukan tindakan atau kegiatan ekonomi disebut dengan melakukan motif ekonomi.

Tindakan tersebut umumnya bertujuan untuk mencari kekuasaan, untuk mencari keuntungan, untuk mencari penghargaan, untuk mencari kegiatan sosial, dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

A. Motif ekonomi terbagi menjadi 2 (dua) aspek

1. Motif ekonomi intrinsik

Yaitu merupakan keinginan dari seseorang untuk memiliki barang atau memperoleh jasa atas kesadarannya sendiri. Seperti misalnya: Karena kamu lapar tentunya kamu akan membeli makanan dan kamu membelinya atas kesadaran sendiri, dan contoh yang lainnya karena orang tersebut ingin memiliki sepeda motor maka dia menabung dan bekerja keras untuk mendapatkan uang.

pengertian-motif-ekonomi

Apa itu motif ekonomi?

2. Motif ekonomi ekstrinsik

Yaitu seseorang jika ingin mendapatkan barang atau memperoleh jasa karena dorongan dari orang lain. Seperti misalnya: seorang murid sekolah memakai topi, dasi dan atribut lengkap lainnya pada hari senin untuk melaksanakan upacara karena hal tersebut sudah menjadi peraturan sekolah yang harus ditaati oleh semua murid, dan contoh yang lainnya adalah mawar membeli pakaian tertentu karena ingin mengikuti tren jaman sekarang, karena ingin mengikuti tren inilah mawar melakukan motif ekonomi bukan atas kemauannya sendiri.

B. Macam-macam motif ekonomi

Adapun macam-macam dari motif ekonomi diantaranya sabagai berikut ini:

1. Motif mencari keuntungan

Motif dalam mencari laba, motif ini maksudnya untuk meningkatkan kesejahteraan seorang individu, jika untuk seorang yang memiliki perusahaan motif ini di gunakan untuk mengembangkan perusahaannya. Inilah salah satu motif yang mendorong seseorang dalam melakukan kegiatan ekonomi.

2. Motif dalam memenuhi kebutuhan

Inilah motif yang sering dilakukan oleh seseorang karena berhubungan dengan kelangsungan hidupnya, motif ini umumnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan atau kebutuhan pokok, jika kebutuhan ini sudah terpenuhi wajar saja jika seseorang ingin meningkatkan kesejahteraan hidupnya lagi.

3. Motif untuk menolong sesama atau sosial

Motif ini muncul karena keinginan dari seseorang untuk menolong sesama, misalnya dengan mendirikan sekolah gratis, panti jompo, panti asuhan dan lain sebagainya.

4. Motif untuk mendapatkan penghargaan

Keinginan seseorang untuk dihargai, menjadi orang yang terpandang dan di hormati oleh orang lain, biasanya jika ekonomi seseorang baik maka akan mendapat kedudukan yang lebih tinggi di mata orang lain atau masyarakaT.

5. Motif untuk mencari kekuasaan

Motif ini digunakan oleh seseorang dalam mendapatkan atau memperoleh kekuasaan dalam masyarakat, seperti misalnya banyak sekali orang-orang kaya atau konglomerat yang mencalonkan diri menjadi anggota DPR.

Itulah diatas pembahasan tentang pengertian motif ekonomi, dan semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kamu.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Motif Ekonomi Dan Macam-Macamnya Lengkap"

Pengertian Apresiasi Seni, Tahapan, Fungsi, dan Manfaatnya Secara Umum
Pengertian apresiasi seni, tahapan, fungsi, dan manfaatnya
Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya
Inilah pengertian seni patung dilengkapi dengan fungsi,
Pengertian Ilustrasi: Fungsi, Jenis, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian ilustrasi dilengkapi fungsi, jenis, dan Contohnya