Inilah Pengertian Keseimbangan Pasar Secara Jelas

Memahami seputar pengertian keseimbangan pasar secara jelas – Apakah yang dimaksud dengan keseimbangan pasar? untuk itu, bagi yang belum mengetahuinya dapat di pelajari di artikel ini.

A. Apa Pengertian Keseimbangan Pasar?

Keseimbangan pasar adalah suatu keadaan saat jumlah produk atau barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan pada harga tertentu. Keseimbangan pasar (market equilibrium), dapat tercapai jika jumlah produk yang diminta sama dengan jumlah produk yang ditawarkan, atau harga dari produk yang ditawarkan sama dengan harga produk yang diminta oleh konsumen. Saat itu juga akan terjadi transaksi antara penjual dan pembeli, sebab telah terjadi kesepakatan harga dan atau jumlah produk yang di inginkan.

Jika keseimbangan pasar dapat tercapai, apa yang akan terjadi? yang akan terjadi adalah tidak akan ada lagi barang atau produk yang tersisa pada penjual, dan tidak akan ada lagi konsumen yang tidak mendapatkan barang untuk memenuhi kebutuhannya. Akibatnya tidak ada alasan untuk pasar untuk menaikkan dan menurunkan harga barang dengan asumsi ceteris pribus kondisi seperti inilah yang disebut dengan keseimbangan pasar.

pengertian keseimbangan pasar
sumber: pixabay.com

B. Apa Pengerian Cateris Paribus

Cateris paribus yaitu dimana keadaan seluruhnya harus seimbang. Di dalam ilmu ekonomi istilah ini seringkali digunakan, ialah sebagai suatu asumsi yang digunakan untuk menyederhanakan beragam formulasi, dan juga deskripsi dari berbagai macam anggapan ekonomi. Asumsi ceteris paribus dapat diartikan sebagai hal yang tidak berkaitan dengan analisa dianggap konstan sehingga tidak mempengaruhi analisa yang sedang dilakukan.

C. 2 Akibat Asumsi Ceteris Paribus Tidak Terpenuhi

1. Pergeseran permintaan

Seperti misalnya: Jika selera konsumen atau masyarakat terhadap beras yang dikonsumsi meningkat. Maka akibatnya, konsumen akan menambah jumlah beras yang diminta untuk memenuhi kebutuhannya. (Baca Juga: Pengertian Segmentasi Pasar)

2. Pergeseran penawaran

Seperti misalnya: Jika para petani memakai teknologi yang baru untuk mengelola ladang atau sawahnya, maka akibatnya mereka akan menambah jumlah beras yang akan ditawarkan.

Mungkin itulah tulisan atau artikel tentang pengertian keseimbangan pasar, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang telah membacanya khususnya dalam menambah wawasan…

Bagikan Ke: