Pengertian Faktur Dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian faktur dan contohnya – Apakah itu faktur? bagi kamu yang belum mengetahuinya dan ingin mengetahuinya, tepat sekali kamu sudah membuka halaman ini karena di tulisan ini kita akan belajar dan memahami bersama-sama mengenai apa itu faktur.

A. Penjelasan tentang faktur

Faktur adalah suatu perhitungan penjualan kredit yang diberikan oleh penjual kepada pembeli atau konsumen. Atau definisi faktur yang lainnya yaitu, biasanya disebut juga “invoice” jika dalam bahasa inggris, merupakan sebagai tanda bukti yang menyatakan bahwa barang-barang yang telah tercantum di dalamnya telah diperjualbelikan. Di dalam surat ini berisi berbagai keterangan mengenai pemesan (seperti: nama, alamat & nomor pesanan), barang (seperti:jumlah, jenis, model, dll.), biaya-biaya, harga dan yang lainnya.

Yang lebih singkatnya tentang pengertian faktur yaitu suatu perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga, dan hal-hal yang lain, yang biasanya terkait dengan pembayaran. Pada umumnya ketika terjadi kesepakatan mengenai harga suatu barang antara pihak konsumen dan penjual, maka akan dibuat faktur yang berfungsi sebagai tanda bukti. Baca juga: Pengertian transaksi dan bukti transaksi terlengkap.

Akan tetapi jika dalam perjanjian jual-beli tersebut pembayaran dilakukan secara bertahap atau kredit, maka sebelum pembayaran lunas yang diberikan ialah copy faktur baru setelah lunas akan diberikan faktur yang asli. Faktur ialah suatu dokumen dasar yang dipakai sebagai bukti tertulis atau pencatatan bagi perusahaan penjual dan pembeli. Faktur ini yang nantinya berfungsi sebagai bukti dari transaksi dari penjualan. Baca juga: Pengertian kwitansi dan fungsinya rangkuman terjelas.

Biasanya faktur dibuat 3 lembar yaitu satu lembar copy berwarna untuk pembeli yang telah melunasi pembayarannya, atu lembar copy berwarna untuk arsip bagian penjualan dan satu lembar copy berwarna lainnya untuk laporan bagian keuangan pada penjualan.

Apakah itu faktur?

B. Inilah contoh faktur kosong dan yang telah di isi

Lalu di bagian bawah ini beberapa contoh faktur, dapat kamu amati atau cermati:

Contoh faktur kosong

Contoh fatur yang sudah di isi

Itulah artikel yang singkat dari blog ini mengenai definisi atau pengertian faktur, semoga dapat bermanfaat untuk kamu yang telah membacanya…

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Faktur Dan Contohnya Secara Lengkap"

Pengertian NPWP Beserta Fungsi dan Cara Membuatnya Lengkap
Hampir semua orang sudah pernah mendengar istilah
Pengertian PPN beserta: Kategori Barang Mewah dan Cara Menghitung Pajaknya
Bagi sebagian besar warga Indonesia harus mengetahui
Awan Cumulus dilengkapi: Pengertian, Ciri, Proses Terbentuk, dan Jenisnya
Berikut ini pengertian awan cumulus yang dilengkapi