Mengenal Definisi Atau Pengertian Folder

Posted on

Mengenal definisi atau pengertian folder yang selalu kita temukan saat mengoprasikan komputer ataupun smartphone – Jaman Sekarang sudah tidak asing lagi bagi kita menggunakan komputer maupun smartphone. Di dalam perangkat-perangkat tersebut terdapat file yang tersimpan pada folder, nah untuk mengetahuinya secara lengkap berikut pembahasannya.

A. Apa Itu Folder?

Pengertian folder adalah suatu tempat untuk menyimpan ataupun menampung file-file, baik itu file sistem maupun file data atau dokumen. Icon folder sendiri di komputer umumnya berbentuk kecil seperti amplop berwarna kuning atau coklat.

Folder dapat kita buat pada desktop komputer maupun pada drive-drive dalam komputer sesuai dengan kebutuhan. File yaitu kumpulan data-data baik berupa angka, teks, gambar, video, slide, program dan sebagainya yang diberi nama tertentu secara digital, itulah Pengertian File. Sedangkan folder atau directory yaitu tempat untuk menyimpan file tersebut.

pengertian folder
sumber: pixabay.com

Bisa di analogikan misalnya surat keluar sudah di kemas rapi didalam satu amplop atau map yang dimana pada labelnya bertuliskan “Data masukan”. Lalu yang disebut dengan file yaitu amplop atau map dan isi dari map itu sendiri.

Sedangkan yang disebut dengan folder yaitu laci atau tempat penyimpanan dari sebuah meja kerja atau bisa juga sebuah tempat penyimpanan dari lemari berkas. Sedangkan meja atau lemari tersebut bisa di umpamakan juga dengan harddisk.

Jadi dari pernyataan di atas dapat disimpulkan:

  • Meja atau lemari di umpamakan Harddisk.
  • Laci atau media penyimpanan pada meja atau lemari di umpamakan Folder.
  • Map di umpamakan File.

B. Kesimpulan Pembahasan

Dari pembahasan di atas, jadi folder adalah tempat untuk menampung file ataupun dokumen supaya dapat tersusun rapi . Sedangkan fungsi folder yaitu tempat dimana file, khususnya file di dalam suatu komputer disimpan dengan rapi agar si pengguna komputer tersebut dapat dengan mudah jika ingin mengakses file tersebut selain itu file atau data tidak berceceran sehingga file tersisim rapi.

Akhir kata, Itulah definisi atau pengertian folder secara umum, semoga postingan artikel kali ini dapat bermanfaat bagi yang membaca khususnya dalam menambah wawasan.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.