Pengertian Geografi Dan Menurut Para Ahli Terlengkap

Berikut ini Pengertian geografi dan menurut para ahli yang dibahas secara singkat – Apakah itu geografi mungkin materi pelajaran ini sering kita temua saat sekolah, tapi apakah kamu sudah tau apa itu yang pengertian geografi sendiri? jika kamu belummengetahuinya dapat kamu baca dan pelajari di artikel ini.

A. Penjelasan Tentang Geografi

Pengertian Geografi adalah kata geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Geo” yang berarti  bumi serta “Graphein” yang artinya tulisan. Jadi dapat di simpulkan definisi geografi adalah tulisan tentang bumi.

Arti lain geografi yaitu suatu ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang terdapat di permukaan bumi. Oleh karena itu, geografi juga sering sekali juga disebut dengan ilmu bumi.

Tetapi, yang di pelajari dalam geografi bukan hanya tentang permukaan bumi saja, melainkan juga berbagai hal-hal yang ada di permukaan bumi maupun yang ada di luar bumi, bahkan berbagai macam benda  yang ada di ruang angkasa pun turut menjadi objek-objek kajian geografi. (Baca Juga: Pengertian awasan Nusantara)

pengertian geografi
sumber: pixabay.com

Itulah pengertian geografi secara singkat jelas dan juga padat, lalu selanjutnya tepatnya di bawah ini adalah definisi geografi menurut beberapa ahli.

B. Penjelasan dari geografi menurut beberapa ahli

Berikut di bawah ini adalah pengertian geografi menurut para ahli, bisa di baca di bawah ini:

  • Menurut, [Hart Shorne 1960] – “Geografi adalah disiplin ilmu yang berusaha untuk menguraikan & menginterpretasikan karakter variabel dari suatu tempat ke tempat lainnya di bumi sebagai tempat kehidupan manusia.”
  • Lalu menurut, [Yeates & Hagget 1979] – “Geografi  adalah ilmu pengetahuan tentang perkembangan nasional & pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial & lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi.”
  • Sedangkan menurut, [Semlok 1988 & Nursid Sumaatmaja 1997] – “Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan & perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.”
  • Dan menurut, [Fielding 1974] – “Geografi adalah studi tentang lokasi dan tatanan fenomena pada permukaan bumi & proses-proses yang menyebabkan distribusi fenomena tersebut.”

Itulah diatas pengertian geografi dan menurut para ahli, semoga ilmu ini dapat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan. Jika ditemukan kesalahan dlam pembahasan di atas mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih

Bagikan Ke: