Pengertian Geografi Dan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian geografi dan menurut para ahli – apakah itu geografi mungkin materi pelajarn ini sering kita temua saat sekolah, tapi apakah kamu sudah tau apa itu yang pengertian geografi sendiri? jika kamu belummengetahuinya dapat kamu baca dan pelajari di artikel ini.

A. Penjelasan tentang geografi

Geografi adalah kata geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘geo’ yang berarti  bumi serta ‘graphein’ yang artinya tulisan. Jadi dapat di simpulkan geografi adalah tulisan tentang bumi. Atau definisi lain dari geografi yaitu suatu ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang terdapat di permukaan bumi. Oleh karena itu, geografi juga sering sekali juga disebut dengan ilmu bumi.

Tetapi, yang dipelajari dalam geografi bukan hanya tentang permukaan bum saja, melainkan juga berbagai hal-hal yang ada di permukaan bumi maupun yang ada di luar bumi, bahkan berbagai macam benda  yang ada di ruang angkasa pun turut menjadi objek-objek kajian geografi.

Itulah pengertian geografi atau definisi dari geografi secara singkat jelas dan juga padat, lalu selanjutnya tepatnya di bawah ini adalah definisi geografi menurut beberapa ahli.

pengertian geografi

Apah sih itu geografi?

B. Penjelasan dari geografi menurut beberapa ahli

Berikut di bawah ini adalah pengertian geografi menurut para ahli, bisa di baca di bawah ini:

  • Menurut, [Hart Shorne 1960] ~ “Geografi adalah disiplin ilmu yang berusaha untuk menguraikan & menginterpretasikan karakter variabel dari suatu tempat ke tempat lainnya di bumi sebagai tempat kehidupan manusia.”
  • Lalu menurut, [Yeates & Hagget 1979] ~ “Geografi  adalah ilmu pengetahuan tentang perkembangan nasional & pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial & lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi.”
  • Sedangkan menurut, [Semlok 1988 & Nursid Sumaatmaja 1997] ~ “Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan & perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.”
  • Dan menurut, [Fielding 1974] ~ “Geografi adalah studi tentang lokasi dan tatanan fenomena pada permukaan bumi & proses-proses yang menyebabkan distribusi fenomena tersebut.”

Itulah diatas pengertian geografi dan menurut para ahli, semoga ilmu ini dapat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Geografi Dan Menurut Para Ahli Terlengkap"

Pengertian PPN beserta: Kategori Barang Mewah dan Cara Menghitung Pajaknya
Bagi sebagian besar warga Indonesia harus mengetahui
Awan Cumulus dilengkapi: Pengertian, Ciri, Proses Terbentuk, dan Jenisnya
Berikut ini pengertian awan cumulus yang dilengkapi
Awan Nimbostratus dilengkapi: Pengertian, Dampak, Ciri-Ciri, dan Jenisnya
Inilah pengertian awan nimbostratus yang dilengkapi dengan