Pengertian Emosi dan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Berikut ini pengertian emosi secara umum dan menurut para ahli – Pernahkah kita merasakan kita mencintai, takut, marah dll. perasaan itu bisa di sebut sebagai emosi, Nah… di artikel ini mari kita pahami dan pelajari bersama-sama mengenai apa yang diamaksud dengan emosi.

A. Apa Pengertian Emosi?

Emosi adalah, dari segi etimologi emosi yang berasal dari akar kata bahasa latin yaitu “movere” yang berarti “menggerakan, bergerak”. Lalu ditambah awalan ‘E-’ untuk memberi arti “bergerak menjauh”. Jadi definisi emosi yaitu suatu gejala psiko-fiologis yang menimbulkan efek pada persepsi, sikap maupun tingkah laku, dan dikeluarkan dalam bentuk ekspresi tertentu.

B. Pengertian Emosi Menurut Ahli

Emosi menurut, Daniel Goleman [2002 : 411] emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis & psikologis & serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak.

C. Jenis-Jenis Emosi

Macam-macam emosi diantaranya seperti dibawah ini:

1. Rasa Cinta

Rasa Cinta adalah salah satu gejolak dari emosi yang penting di  dalam kehidupan manusia. Emosi cinta (rasa cinta) juga mengikat perasaan seseorang dengan masyarakat, keluarga, teman maupun tanah airnya. Cinta dapat menimbulkan atau melahirkan motivasi untuk rela berkorban membela keluarga, masyarakat, teman dan juga tanah airnya, baik itu secara material maupun secara spiritual.

pengertian emosi
sumber: pixabay.com

2. Rasa Takut

Rasa takut adalah merupakan salah satu dari emosi yang signifikan di dalam kehidupan manusia. Rasa takut merupakan salah satu emosi yang sifatnya alamiah. Seseorang akan merasakan takut saat dihadapkan pada situasi yang genting, apalagi dapat menyebabkan rasa sakit ataupun rasa bahagia, serta ketika dirinya terancam bahaya dan kematian. Dengan itu maka rasa takut sangat lah bermanfaat untuk kehidupan manusia. Disamping dapat menjauhkannya dari situasi yang berbahaya, juga akan menimbulkan atau melahirkan inisiatif yang dapat melindungi, menjaga sebelum bahaya menimpa dirinya.

3. Rasa Benci

Rasa benci adalah lawan dari rasa cinta (emosi cinta). Manusia sangat mencintai sesuatu yang menyenangkan, serta mendatangkan kenikmatan maupun kebahagiaan. Sebaliknya juga, manusia membenci sesuatu yang membahayakan dirinya atau yang lainnya, menyakiti dan sesuatu yang mendatangkan kesedihan/ketidak bahagiaan.

4. Rasa Marah

Rasa marah adalah merupakan salah satu emosi alamiah yang muncul ketika saat salah satu motivasi yang mendasar tak terpenuhi karena ada hambatan tertentu.

5. Rasa Dengki

Rasa dengki adalah salah satu emosi yang melekat di dalam diri kebanyakan manusia. Dan menurut Ibnu Tamimiyah kecintaan seseorang terhadap kenikmatan seperti yang diperoleh orang lain tanpa berharap nikmat orang lain musnah disebut dengan dengki.

6. Rasa Malu

Rasa malu adalah merupakan suatu kondisi emosional ketika saat seseorang merasa takut dan menyesal karena telah melakukan suatu perbuatan tercela atau buruk. Rasa malu merupakan sikap terpuji, karena rasa malu dapat mencegah seseorang terperosok ke dalam jurang kesalahan, melakukan perbuatan yang buruk, maupun perbuatan maksiat dan dosa.

7. Rasa Cemburu

Rasa cemburu adalah merupakan suatu emosi yang menggelisahkan. Emosi ini biasanya muncul ketika saat seseorang merasa ada orang lain yang menyaingi dirinya dalam mencintai seseorang.

Itulah secara singkat mengenai pengertian emosi dan menurut para ahli, semoga dapat bermnfat untukkamu dalam menambah ilmu pengetahuan, jika ada kesalahan mohon maaf cukup sekian dan terimakasih.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.