Pengertian Motivasi dan Menurut Para Ahli Terlengkap

Kenali Pengertian motivasi secara umum, pengertian motivasi menurut para ahli, dan manfaatnya terutama di dunia kerja yang bisa kamu baca secara lengkap di sini.

Apakah yang di maksud dengan motivasi? mungkin kita sering mendengar kata tersebut di dalam kehidupan atau aktifitas sehari-hari kita, tapi apakah kamu sudah mengetahui apa definisi motivasi? jika belum mengetahuinya dapat kamu baca lalu pahami di artikel ini.

Apa Pengertian Motivasi?

Motivasi adalah suatu keadaan ataupun kondisi yang mendorong, merangsang atau menggerakan seseorang untuk melakukan sesuatu, sehingga kegiatan yang dilakukannya dapat mencapai tujuannya.

Motivasi di perluka supaya mempengaruhi seseorang atau diri sendiri supaya bersemngat mencapai suatu tujuan. Oleh karena itu Pintar memotivasi seseorang menjadi hal yang harus ada pada seorang pemimpin.

pengertian motivasi
pixabay

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Menurut J.P. Chaplin, menyebutkan motivasi yaitu suatu variabel perantara yang digunakan untuk menerangkan faktor-faktor dalam diri individu, yang dapat membangkitkan, mempertahankan, dan menyalurkan tingkah laku kearah suatu tujuan tertentu.

Sedangkan menurut Edwin B Flippo (dalam malayu 2005: 143), motivasi adalah suatu keahlian, dalam mengarahkan pegawai dan organisasi agar mau bekerja secara berhasil, sehingga para pegawai maupun tujuan organisasi sekaligus dapat tercapai.

Menurut Azwar (2000: 15), menyebutkan motivasi yaitu rangsangan, dorongan ataupun pembangkit tenaga yang dimiliki seseorang maupun suatu sekolompok masyarakat yang ingin berbuat dan bekerjasama secara optimal saat melaksanakan sesuatu yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

BACA: Pengertian Perencanaan (Planning): Sifat dan Jenisnya

Hubungan antara Motivasi dan Perilaku

  • Sebuah perilaku yang muncul dapat juga dilandasi oleh beberapa motivasi.
  • Perilaku yang sama berulang dapat dilandasi oleh motivasi yang sama juga.
  • Perilaku yang sama berulang dapat dilandasi oleh motivasi yang berbeda-beda.
  • Perilaku yang berbeda-beda dapat dilandasi oleh motivasi yang sama.

Manfaat Motivasi di Dunia Kerja

Motivasi memiliki manfaat yang sangat besar untuk diri sendiri maupun orang lain. Dengan motivasi kita akan memiliki semangat yang tinggi untuk mencapai tujuan hidup atau tujuan kelopok.

Misalnya di lingkungan kerja dapat menambah semangat sehingga produktifitas kerja semakin meningkat ini menjadi salah satu contoh dampak motivasi yang sangat positif.

Motivasi juga dapat mempengaruhi prilaku seseorang misal yang asalnya bekerja kurang semangat menjadi lebih semangat karena motivasi tersebut sehingga mendorong diri untuk bekerja secara maksimal, dan bekerja menjadi lebih efesien dan efektif.

Motivasi dalam bekerja untuk menambah semnagt karyawan misalnya atasan atau perusahaan akan memberikan penghargaan bisa saja berupa bonus uang atau kenaikan jabatan bagi siapa saja yang mencapai berusaha target perusahaan.

BACA: Pengertian Afirmasi

Penutup

Dari beberapa penjelasan di atas maka Motivasi berhubungan dengan kekuatan (dorongan) yang berada di dalam diri manusia. Motivasi tak dapat terlihat dari luar. Motivasi dapat menggerakkan manusia atau seseorang untuk menampilkan suatu tingkah laku ke arah pencapaian suatu tujuan. Tingkah laku dapat dilandasi atau didasari oleh berbagai macam motivasi.

Itulah pengertian motivasi secara umum dan menurut para ahli, semoga dapat menambah wawasan kamu. Jika ditemukan kesalhan dalam pembahasan ini mohon di maafkan, terimakasih.

Bagikan Ke: